Mengenai Saya

Foto saya
Kami ditampilkan ( oleh : Sugeng Rachmono ) untuk memberikan Informasi dan tugas-tugas kepada siswa kelas tujuh SMPN 1 LECES Kabupaten Probolinggo

BIG

Pendidikan Bahasa Inggris

Silabus

Sekolah                      : SMP ......
Kelas                            : VII
Mata Pelajaran           :Bahasa Inggris
Semester                     : 1
Standar Kompetensi : 1.Mendengarkan
                                       memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
                                       terdekat



Kompetensi
Dasar
MateriPokok /Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1    Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal    (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk  berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang

Contoh:

A : Good morning
     How are you ?
 B : Fine Thanks.
      Nice to meet you

A : Hello, I’ Nina
 B : Hi, I’m Reny
      Nice to meet you

A :  Don’t do that
B :  No. I won’t

A :  Stop it
B :  Ok







·    Tanya jawab yang terkait dengan materi
·    Membahas kosa kata dan tata bahasa yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang
·    Mendengarkan percakapan yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang.
·    Menjawab / merespon pertanyaan.




Merespon ungkapan ungkapan

·         Sapaan orang yang sudah  / belum dikenal



·         Perkenalan diri sendiri / orang lain


·         Perintah / larangan


· Tes lisan



· Tes tertulis







· Unjuk kerja






·  Merespon ungkapan lisan

· Pilihan Ganda






· Responding


Listen to the expressions and give your response.
·   A: Good morning.
   B:  .......................
Listen to the expressions and choose the best option.
·   “Hi, I’m Yeny,... ....to meet  you
   a. Nice
   b. meet
   c. fine
   d. Thanks

·   Give it to me.




2x40 menit
·    Script
·    Bahan-bahan rekaman (kaset, CD, VCD)



1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk  beriteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
Contoh :

A :  Where’s the book?
B :  It’s there.

A :  Thank you.
B :  You’re welcome.


A :  I’m sorry.
B :  it,s okay.

A :  Please..!
B :  All right thanks.



1.   Mendengarkan dan merespon introduction tentang meminta dan memberi informasi, ungkapan terimakasih, permintaan maaf, kesantunan.
2.   memperhatikan kosakata dan tatabahasa yang kemungkinan besar muncul dalam mendengarkan topik materi
3.   mendengarkan percakapan tentang meminta dan memberi informasi, ungkapan terimakasih, permintaan maaf dan kesantunan
4.   mendengarkan gambit-gambit yang muncul dalam materi percakapan terkait.
 5. menjawab/merespon pertanyaan berdasarkan materi yang diperdengarkan

Merespon ungkapan-ungkapan :
·         Meminta dan memberi informasi

·         Ungkapan terima kasih


·         Permintaan maaf


·         Kesantunan









 Tes lisan








 Tes tulis













Merespon pertanyaan / ungkapan lisan





Melengkapi













Listen to the questions / expression and give your answer / response.
A: How many persons are in
      the conversation?
 B: ............
 A: thank you so much.
 B: ............

Listen to the questions / expressions and complete the sentences.
  A:could you open the door
     for me?
 B: .........

 A: Sorry I’m Late.
 B: .........





 2x40 menit


Buku guru

Script percakapan tulis

Rekaman percakapan dalam kaset, CD, DVD, film





Standar Kompetensi : 2. Mendengarkan
                                       Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat



Kompetensi
Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1    Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat






Contoh:
·    Keep closed !

·    Things to buy
-    Sugar
-    Flour
-    Meat
-    Butter

·    Congratulations !
·    Well done !

·    Announcement !
“ School will close tomorow since  it’s the WAISAK day.”




1.       Tanya jawab yang terkait dengan materi
2.       Membahas kosakata & tata bahasa: verb phrase yang berkaitan dengan instruksi, ucapan selamat; noun phrase yang berkaitan dengan daftar benda/barang
3.       Mendengarkan percakapan yang sesuai dengan materi
4.       Menjawab/merespon pertanyaan tentang struktur percakapan






·         merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek berupa:
  
·          Instruksi
·          Daftar  benda / barang
·          (Shoping list )
·          Ucapan selamat
·          Pengumuman

· Tes lisan



· Unjuk kerja



· Tes tertulis






· Pertanyaan



· Respon
  tindakan


· Benar-salah

·   A:What does the writer want to
       buy?
   B: ...............

·   Stand up!
·   Raise your hand!


Listen to the statement and decide if the statement is True (T) or False (F)
·   I need to get a pack of sugar.
...... (T / F)






 2x40 menit
·    Script percakapan

·    Gambar benda-benda kebutuh-an sehari-hari

·    Bahan rekaman (kaset, CD,VCD,dll)



2.2. Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat



Contoh:
·    Congratulations !
·    Well done !

·    Announce ment !
“ School will close tomorow since  it’s the WAISAK day



1.      Mendengarkan dan merespon introduction tentang makna yang tersurat dalam ungkapan-ungkapan  fungsional pendek berupa instruksi, shopping list, greeting card, announcement.

2.      Memperhatikan  kosakata dan tatabahasa yang mungkin muncul dalam makna yang tersurat dalam ungkapan-ungkapan  fungsional pendek lisan berupa instruksi, shopping list, greeting card, announcement

3.      Mendengarkan teks-teks lisan fungsional pendek yang terkait dengan topik materi terkait 

4.      Mengidentifikasi makna gagasan teks lisan fungsional pendek yang terkait dengan topik materi

5.      Menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang makna gagasan yang terdapat dalam materi teks fungsional pendek lisan yang disampaikan

·         Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek berupa:

-    Instruksi
-    Shopping list
-    Greeting card
       -  Announcement
Tes lisan













Tes tulis       









Unjuk kerja


  
Daftar pertanyaan



Game








Melengkapi

T/F

Pilihan ganda

Menjodoh
kan

 Respon tindakan


Listen and answer the questions orally!



Listen and mention as many shopping list items as you can remember






Listen and fill in the blank spaces
Write down T/F for the statements
Choose the best answer by crossing a, b, c, or d

Match the statements in list A and B

Listen the instruction and do it!


2x40 menit
 Script teks funsional pendek lisan
Dari buku teks

Script teks fungsional pendek lisan yang ada dalam kehidupan nyata

Rekaman kaset, CD, DVD, film




Standar Kompetensi : 3. Berbicara
                                        Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan
                                        lingkungan terdekat



Kompetensi
Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1  Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : orang menyapa yang belum dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang

Contoh:
A :   Good morning
        How Are you?
B :   Fine thanks.


A :   Hi, I’m Rani
B :   Hello, I’m Nina.

A :   Go away !
B :   Okay.
A :   Don’t be Noisy
B :   I won’t.

1.       Tanya jawab yang berkaitan dengan materi.
2.       Meniru ungkapan-ungkapan sapaan dan respon sapaan.
3.       Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi.
4.       Latihan percakapan dalam bentuk dialog.
5.       Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata.


·    Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
-          Menyapa yang belum/sudah dikenal
-          Memperkenalkan diri sendiri/orang lain.
-          Memerintah/melarang


·  Tes lisan






· unjuk kerja





· pertanyaan






Performance




·   Answer the questions orally!






·   Perform the dialogue in  front of the class!





2x40 menit
·    Script percakapan

·    Buku teks yang relevan


·    Alat peraga






3.2  Melakukan interaksi
           dengan lingkungan      terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi informasi,  mengucapkan terima kasih meminta maaf dan mengungkapkan kesantunan


Contoh :
A.       Where is it ?
B.       It’s here.

A.       Thanks a lot.
B.       You’ re
        Welcome.

A.       I’ m sorry.
B.       It’s Okay.

A. Please,
       come in.
B.Thank you.


1.      Mendengarkan dan memberi respon tentang introduction tindak tutur topik materi yang akan disampaikan
2.      Memperhatikan penjelasan tentang kosakata dan tatabahasa yang muncul dalam tindak tutur dengan topik materi yang akan disampaikan
3.      Mendengarkan model percakapan yang menggunakan tindak tutur tentang topik materi yang disampaikan
4.      Menggunakan tindak tutur dengan topik materi yang disampaikan dengan teman
5.      Menggunakan tindak tutur dengan topik materi yang disampaikan dengan variasi-variasi atau kemungkinan-kemungkinan secara bebas
1. Bertanya dan menjawab tentang berbagai hal :

·   Meminta dan memberi informasi

·   Mengucapkan terima kasih


·   Meminta maaf


2. Mengungkapkan kesantunan






 Tes lisan     












Unjuk kerja





Tanya jawab











Bermain peran



Ask and answer questions to your friends based on the situation given or picture










Perform a role play with your friend about asking and giving information


 4x40 menit

 Script percakapan

Buku teks berisi percakapan

 Alat peraga







Standar Kompetensi : 4. Berbicara
                                       Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator  
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1  Mengungkapkan makna tindak tutur fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat



Teks Fungsional :
·          Intruction
·          Shopping list
·          Greetings
·          Announcement


1.Tanya jawab yang berkaitan dengan
    materi
2.Menirukan ungkapan-ungkapan sesuai
   materi
3.Membahas kosakata dan struktur
   percakapan
4.Latihan memberi perintah, mengucapkan
selamat, mengumumkan dengan singkat
Menggunakan ungkapan percakapan dalam situasi nyata

1.Memberi instruksi
2.Menyebut daftar benda
3.Mengucapkan selamat
4.Mengumumkan dengan
   singkat


Tes lisan



Unjuk kerja




· Membahasakan gambar

· Performance






·   Write an instruction based on the picture shown!


·   Announce an information about the ceremony!






2x40 menit











5.                   Buku teks yang relevan

6.                   Alat peraga

7.                   Rekaman kaset, CD,VCD,film

8.                   Rekaman percakapan otentik

4.2.Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

1. Teks fungsional berbentuk :
·          instruction
·          shopping list
·          greetings
·          announcement


1.       Mendengarkan dan memberi respon  introduction tentang makna gagasan teks lisan fungsional pendek sesuai topik materi yang akan disampaikan
2.       Mendengarkan dan memberi respon penjelasan tentang kosakata, tatabahasa: noun, noun phrase, adj, verb, adverbs, shrort answer, istilah-istilah dalam teks fungsional pendek.
3.       Mendengarkan model teks-teks lisan fungsional pendek
4.       Menggunakan teks-teks fungsional pendek dalam simulasi
5.       Mengidentifikasi makna gagasan teks-teks lisan fungsional pendek
6.       Menjawab pertanyaan tentang makna gagasan teks fungsional pendek secara lisan 
1.       Memberi insruksi secara lisan.
2.       Menyebutkan daftar barang yang dibutuhkan.
3.       Memberi ucapan selamat
4.       Mengumumkan sesuatu








Tes lisan

Unjuk kerja
a.       Give instruction to your friend based on the picture.
b.      Mention the things that you find in your bedroom
c.       Congratulate your friend on his / her success in doing something
d.       Tell your friend about the coming school holiday


 2x40 menit

 Script of short functional text

Buku teks

Rekaman kaset, CD,VCD, DVD, Fm

Alat peraga