CONTOH KATA KERJA OPERASIONAL
melafalkan
membaca
membedakan
membuat
menafsirkan
menceritakan
mendefinisikan
mendemonstrasikan
mendeskripsikan
menentukan
menerapkan
menerjemahkan
menganalisis
mengenal
mengevaluasi
menggambarkan
menggunakan
menghitung
mengidentifikasikan
mengkonstruksikan
mengucapkan
mensintesis
menunjukkan
menyelesaikan
menyimpulkan
menyusun
merumuskan
Silabus
Sekolah : ...
Mata Pelajaran : ...
Kelas/Semester : VII/1
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1. 1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat | Penyimpulan berita | o Mendengarkan berita o Menuliskan pokok-pokok berita o Memberikan tanggapan terhadap isi berita lewat diskusi o Menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita o Menyimpulkan isi berita dalam satu alinea. | · Mampu menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan · Mampu menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita · Mampu menyimpulkan isi berita dalam satu alinea. | Tes tulis | Tes uraian | · Tuliskan minimal tiga pokok berita yang terdapat dalam rekaman berita berikut ini! · Tunjukkan intisari pokok-pokok beritanya! · Tuliskan simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam satu alinea! | 2 X 40’ | TV/Radio Kaset/CD berita Teks Berita |
1.2 Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat | Penulisan berita (yang didengarkan) | o Mendengarkan berita yang dibacakan di radio/televisi o Mendiskusikan pokok-pokok berita o Menuliskan pokok-pokok berita yang-dikembangkan ke dalam beberapa kalimat | · Mampu menemukan pokok-pokok berita yang didengarkan melalui radio/televisi · Mampu menuliskan isi berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat | Tes tulis | Tugas rumah | · Dengarlah berita di ... pada pukul ... malam nanti, kemudian tentukan pokok-pokok beritanya! · Tuliskan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam beberapa kalimat! | 2 X 40’ | TV/Radio Kaset/CD berita Teks berita |
: Berbicara
2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumumam
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif | Cara menceritakan pengalaman yang mengesankan dan implementasi- nya | o Mendengarkan cerita dari narasumber mengenai pengalaman yang mengesankan dengan dukungan gambar seri o Bertanya jawab mengenai cerita yang mengesankan o Menulis daftar pengalaman yang mengesankan. o Memilih pengalaman yang paling mengesankan dari berbagai pengalaman yang telah didaftar. o Menyusun pokok-pokok cerita menjadi rangkaian cerita pengalaman o Berlatih bercerita o Bercerita berdasarkan pokok-pokok rangkaian cerita dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif | · Mampu mendata pokok-pokok cerita pengalaman yang mengesankan · Mampu menyusun pokok-pokok cerita menjadi rangkaian cerita pengalaman melalui tanya jawab · Mampu menceritakan pengalaman yang paling mengesankan berdasarkan pokok-pokok rangkaian cerita dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif | Tes unjuk kerja | Uji petik kerja prosedur dan produk | · Identifikasilah pokok-pokok cerita pengalamanmu yang kamu pandang paling mengesankan! · Susunlah pokok-pokok cerita itu menjadi rangkaian cerita! Gunakahlah pilihan kata yang tepat dan efektif! · Ceritakanlah pengalamanmu yang paling mengesankan itu secara lisan! | 6X40’ | Pengalaman pribadi yang mengesan-kan Buku Teks |
2.2 Menyam-paikan pengu-mumam dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana | Penyampaian pengumuman | o Membaca dan mencermati teks pengumuman o Menentukan topik sebuah pengumuman yang akan disusun yang berasal dari lingkungan o Mendiskusikan pokok-pokok pengumuman o Merangkai pokok-pokok pengumuman menjadi sebuah pengumuman o Berlatih mengumumkan o Mengumumkan dengan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana | · Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman · Mampu merangkai pokok-pokok pengumuman menjadi sebuah pengumuman · Mampu mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana | Tes unjuk kerja | Uji petik kerja prosedur dan produk | · Umumkanlah secara lisan masalah ... dengan cara: tentukan terlebih dahulu pokok-pokok pengumuman itu kemudian rangkailah pokok-pokok itu menjadi sebuah pengumuman! Gunakanlah kalimat yang lugas dan sederhana! | 6X40’ | Selebaran Pengumum-an Lingkungan Buku teks |
Standar Kompetensi : Membaca
3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1 Menemu-kan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai | Cara menemukan makna kata secara cepat dan implementasi-nya | o Membaca teks nonsastra o Bertanya jawab mengenai isi bacaan o Menandai kata-kata baru dan menentukan kata itu sebagai lema yang akan dicari maknanya dari kamus o Berpasangan untuk menemukan lema secara cepat dan tepat dari kamus yang sudah disediakan (satu siswa mencari lema, siswa yang lain menghitung waktu) o Berpasangan untuk menemukan makna kata (lema) secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam teks bacaan (satu siswa mencari arti lema sesuai konteks, siswa yang lain menghitung waktunya) | · Mampu menemukan lema secara cepat dan tepat · Mampu menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan | Observasi | Lembar observasi | · Siswa dapat menemukan lema dalam kamus dengan waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/ tidak · Siswa dapat menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/ tidak | 2 X 40’ | Kamus istilah Kamus Besar Bahasa Indonesia Buku Teks Bacaan nonsastra |
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit | Penyimpulan isi bacaan | o Membaca bacaan yang terdiri atas 200 kata atau kelipatannya. o Menghitung kecepatan membaca o Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan o Menentukan pokok-pokok bacaan o Merangkai pokok-pokok bacaan o Menyimpulkan isi bacaan | o Mampu membaca cepat 200 kata per menit o Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan o Mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan | Tes unjuk kerja | Uji petik kerja prosedur dan produk | · Buka dan bacalahlah teks yang terlipat di atas mejamu setelah terdengar bel satu kali dan berilah tanda garis miring pada akhir kata yang dibaca setelah terdengar bel 2 kali! · Jawablah beberapa pertanyaan berikut! 1. ... 2. ... · Tuliskan pokok-pokok bacaan itu, kemudian simpulkan isi bacaan berdasarkan pokok-pokok bacaan itu! | 2X40’ | Stopwatch, Buku teks, Teks bacaan |
3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat | Pembacaan teks perangkat upacara | o Mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara o Membaca dan mencermati teks perangkat upacara o Menandai teks dengan tanda-tanda intonasi o Berlatih membacakan teks perangkat upacara o Membacakan teks perangkat upacara bendera dengan intonasi yang tepat | · Mampu mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara · Mampu membacakan berbagai teks untuk upacara bendera dengan intonasi yang tepat | Tes tulis Tes unjuk kerja | Tes uraian Uji petik kerja produk | · Identifikasilah berbagai teks perangkat upacara yang terdapat di sekolahmu! · Bacakanlah minimal dua teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat! | 6 X 40’ | Perangkat upacara bendera Buku teks |
Standar Kompetensi : Menulis
4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang ekspresif | Penulisan catatan harian/ pengalaman pribadi | o Mengamati dan mencermati contoh buku harian o Mendiskusikan unsur-unsur yang ada dalam buku harian o Menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi sehari sebelumnya o Mengembangkan pokok-pokok pengalaman pribadi itu menjadi sebuah tulisan yang ekspresif dengan menambahkan waktu kejadian, curahan pemikiran, dan perasaan ke dalam buku harian. | · Mampu menuliskan pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi dalam suatu hari! · Mampu secara rutin menulis dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif! | Tes Penugasan | Tes uraian Tugas proyek | · Tulislah pokok-pokok pengalaman pribadimu yang terjadi di kelas ini kemarin! · Tuliskanlah pengalaman pribadimu secara rutin ke dalam buku harian mulai hari ini! Gunakanlah bahasa yang ekspresif untuk mencurahkan pemikiran dan perasaanmu! Kumpulkanlah buku harianmu setiap dua minggu untuk diparaf! | 4 X 40’ | Pengalaman pribadi siswa Lingkungan Buku teks |
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa | Penulisan surat pribadi | o Mengamati dan mencerrmati beberapa surat pribadi dan surat resmi o Berdiskusi untuk menentukan komposisi surat pribadi o Menentukan topik surat pribadi dan alamat yang dituju (siswa SMP di sekolah lain melalui guru bahasa Indonesianya) o Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa yang komunikatif o Menyunting surat o Memasukkan surat dalam amplop, mengelim, memberi perangko, dan mengeposkannya | · Mampu menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi · Mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif · Mampu menyunting surat | Tes unjuk kerja | Uji petik kerja | · Tunjukkan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi · Tulislah surat pribadi kepada teman barumu di sekolah lain melalui guru bahasa Indonesianya, ceritakanlah kondisimu di sekolah ini, dan mintalah balasan surat! Gunakanlah bahasa yang komunikatif. · Perbaikilah bahasa surat pribadi yang ditulis oleh teman Anda dari aspek struktur dan ejaannya! | 4 X 40’ | Berbagai surat pribadi dan surat resmi |
3. Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik, dan benar | Penulisan pengumuman | o Mengamati dan mencermati teks pengumuman o Berdiskusi untuk menentukan topik pengumuman lain yang sesuai dengan konteks kegiatan kelas/sekolah dan menentukan pokok-pokoknya o menulis teks pengumuman dengan dengan bahasa yang efektif, baik, dan benar o menyunting teks pengumuman o memajang pengumuman di papan pamer kelas/sekolah | · Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman · Mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif · Mampu menyunting teks pengumuman | Tes unjuk kerja | Uji petik produk | · Buatlah teks pengumuman sesuai dengan konteks kegiatan kelas/sekolahmu dengan terlebih dahulu menentukan pokok-pokok pengumuman! Kemudian suntinglah teks pengumuman yang sudah kamu susun! | 4X40’ | Selebaran Peng-umuman Buku Teks |
Standar Kompetensi : Mendengarkan
5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.1 Menemu-kan hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengar kan | Cara menemukan hal menarik dari dongeng dan implementasi- nya | o Mendengarkan penyajian dongeng o Bertanya jawab untuk menemukan ide-ide yang menarik dari dongeng o Merangkai ide-ide menarik menjadi hal-hal menarik dari dongeng | · Mampu menemukan ide-ide menarik dalam dongeng · Mampu merangkai ide-ide menarik menjadi hal-hal menarik dari dongeng | Tes tulis | Tes uraian | · Identifikasilah ide-ide menarik yang terdapat dalam dongeng yang disajikan secara lisan ini! · Rangkaikanlah ide-ide menarik yang berasal dari dongeng yang kamu dengarkan sehingga menjadi hal-hal menarik dari dongeng! | 2X40’ | Kaset /CD dongeng Buku teks |
5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng yang diperdengarkan dengan situasi sekarang | Cara menunjukan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang dan implementasi- nya | o Mendengarkan dongeng o Mendiskusikan pokok-pokok isi dongeng o Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang | · Mampu menemukan isi di dalam dongeng · Mampu merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang | Tes tulis | Tes uraian | · Tuliskanlah pokok-pokok isi dongeng yang disajikan secara lisan ini! · Bagaimanakah relevansi isi dongeng yang kamu dengarkan dengan situasi dewasa ini? | 2 X 40’ | Kaset /CD dongeng Buku teks |
Standar Kompetensi : Berbicara
6. Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat | Penyampaian cerita | o Menentukan cerita yang menarik berdasarkan persediaan buku di perpustakaan. o Membaca cerita yang menarik itu. o Berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok cerita o Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik o Berlatih bercerita o Bercerita dengan urutan yang baik, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat | · Mampu menentukan pokok-pokok cerita · Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik · Mampu bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat | Tes lisan Tes unjuk kerja | Tes uraian Uji petik kerja produk | · Tentukan pokok-pokok cerita yang terdapat di dalam cerita ini! · Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita! · Berceritalah dengan urutan yang baik serta suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat! | 6 X 40’ | Perpusta- kaan Buku yang berisi teks cerita Buku teks |
6.2 Bercerita dengan alat peraga | Penyampaian cerita dengan alat peraga | o Menentukan cerita lain yang menarik berdasarkan persediaan buku di perpustakaan. o Membaca cerita yang menarik itu. o Berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok cerita o Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik o Menyiapkan alat peraga untuk mendukung cerita o Berlatih bercerita dengan alat peraga o Bercerita dengan alat peraga | · Mampu menentukan pokok-pokok cerita · Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang menarik · Mampu bercerita dengan menggunakan alat peraga berdasarkan pokok-pokok cerita | Tes lisan | Tes unjuk kerja | · Tentukan pokok-pokok cerita yang terdapat di dalam cerita ini! · Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita! · Berceritalah dengan dukungan alat peraga! | 4 X 40’ | Alat peraga Buku teks |
Standar Kompetensi : Membaca
7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca | Penceritaan kembali | o Membaca cerita anak o Berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok cerita o Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita o Menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri, baik secara lisan maupun tulis | · Mampu menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca · Mampu merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita · Mampu menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan dan tulis. | Penugasan Tes unjuk kerja | Tugas rumah Uji petik kerja produk | · Tentukan pokok-pokok cerita anak yang kamu baca! · Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita! · Ceritakanlah secara tertulis dan/atau lisan dengan bahasamu sendiri cerita anak yang sudah kamu baca! | 6 X 40’ | Perpusta- kaan Buku teks |
7.2 Mengomentari buku cerita yang dibaca | Cara berkomentar terhadap buku cerita dan implementasi- nya | o Membaca cerita anak o Menandai hal-hal yang akan dikomentari o Berdiskusi untuk menentukan bagian/unsur yang perlu dikomentari dari buku cerita o Mengomentari buku cerita yang dibaca dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun | · Mampu menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan dikomentari · Mampu mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun | Penugasan | Tugas rumah | · Tentukanlah bagian/unsur buku cerita ... yang perlu dikomentari · Bagaimakah komentarmu mengenai buku cerita yang baru saja kamu baca? Kemukakan hal itu dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun! | 4 X 40’ | Perpus-takaan Buku teks |
Standar Kompetensi : Menulis
8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat-syarat pantun | Penulisan pantun | o Membaca contoh-contoh pantun o Berdiskusi untuk menentukan syarat-syarat pantun o Menulis pantun yang memenuhi syarat-syarat pantun o Menyunting pantun sendiri sesuai dengan syarat-syarat pantun | · Mampu menentukan syarat-syarat pantun · Mampu menulis pantun · Mampu menyunting pantun sendiri sesuai dengan syarat-syarat pantun | Tes tulis Tes unjuk kerja Portofolio | Tes pilihan ganda Uji petik kerja produk Dokumen pantun (draf 1) dan pantun yang sudah diperbaiki berdasarkan suntingan sendiri, masukan teman dan/atau guru | · Salah satu syarat pantun adalah: A. bersajak akhir abab B. bersajak akhrir aaaa C. bersajak aabcd D. bersajak akhir ab · Buatlah sebuah pantun yang terkait dengan masalah moral/pendidikan! Suntinglah pantun yang sudah kamu buat! | 2 X 40” | Perpusta- kaan Buku teks Berbagai jenis pantun |
8.2 Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar | Penulisan kembali dongeng | o Membaca/mendengarkan dongeng o Berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok dongeng dan urutannya o Menulis kembali dongeng berdasarkan urutan pokok-pokok dongeng yang sudah ditentukan | · Mampu menentukan pokok-pokok dongeng · Mampu menulis dongeng berdasarkan urutan pokok-pokok dongeng | Tes tulis Tes unjuk kerja | Tes uraian Uji petik kerja produk | · Tentukan pokok-pokok dongeng yang kamu baca/dengar! · Tuliskanlah dengan bahasamu sendiri dongeng yang baru kamu baca/dengar! | 4 x 40’ | Perpusta- kaan Buku/rekaman dongeng Buku teks |
Silabus
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester : VII/2
Standar Kompetensi : Mendengarkan
9. Memahami wacana lisan dalam kegiatan wawancara
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
9.1 Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasum-ber yang disampaikan dalam wawancara | Penyimpulan pikiran, pendapat, dan gagasan dalam wawancara | o Mendengarkan wawancara narasumber atau rekaman wawancara · Mendata pikiran, pendapat, dan gagasan yang dikemukakan narasumber o Mendiskusikan ketepatan data pikiran, pendapat, gagasan yang dikemukakan narasumber o Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasumber yang disampaikan dalam wawancara o Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui wawancara ke dalam beberapa kalimat singkat | · Mampu mendata pikiran, pendapat, dan gagasan yang dikemukakan narasumber · Mampu menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan narasumber · Mampu menuliskan informasi yang diperoleh dari wawancara yang didengarkan ke dalam beberapa kalimat singkat | Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Tes uraian Tes uraian Tes uraian | · Datalah berbagai pikiran, pendapat, dan gagasan narasumber dalam wawancara yang kamu dengarkan · Simpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan narasumber! · Tulislah informasi yang terdapat dalam wawancara yang kamu dengarkan! | 4 X 40” | Rekaman wawancara dari televisi/radio Narasumber |
9.2.Menuliskan dengan singkat hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara | Penulisan hal-hal penting/ isi wawancara | · Mendengarkan wawancara · Tanya jawab hal-hal penting dari narasumber yang diwawancarai · Menuliskan hal-hal penting dari wawancara yang didengarkan dengan bahasa yang komunikatif | · Mampu mendata hal-hal penting dari narasumber yang diwawancarai · Mampu menuliskan hal-hal penting dari suatu wawancara dengan bahasa yang komunikatif | Tes tulis Tes lisan | Tes uraian Tes uraian | · Datalah berbagai hal-hal penting dari narasumber dari wawancara yang kamu dengarkan! · Tuliskan hal-hal penting yang terdapat di dalam wawancara yang kamu dengarkan! | 4 X 40” | Rekaman wawancara dari televisi/radio Narasumber |
Standar Kompetensi: Berbicara
10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan telepon
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
10.1. Mencerita-kan tokoh idola dengan mengemu-kakan identitas tokoh, keunggulan, dan alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai | Penceritaan tokoh idola | o Membaca artikel tentang tokoh yang diidolakan o Tanya jawab yang berhubungan dengan identitas tokoh o Menentukan keunggulan tokoh dengan alasan yang argumentatif o Berlatih menceritakan tokoh o Mencermati model o Bertanya jawab tentang bahasa yang digunakan oleh model o Menceritakan tokoh dengan berpedoman kelengkapan identitas tokoh | · Mampu mengemukakan identitas tokoh · Mampu menentukan keunggulan tokoh dengan argumen yang tepat · Mampu menceritakan tokoh dengan pedoman kelengkapan identitas tokoh | Observasi | Lembar observasi | Ceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas tokoh, keunggulan, dan alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai! | 6 X 40’ | Media cetak (artikel tentang tokoh) Buku teks Rekaman yang berisi tentang tokoh |
10.2. Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun | Bertelepon dan etikanya | o Mencermati model-model bertelepon kemudian disdiskusikan tata cara bertelepon o mendata kesalahan-kesalahan kalimat dalam bertelepon o Mendiskusikan pembetulan kesalahan kalimat dalam bertelepon o Bertelepon dengan berbagai mitra bicara sesuai dengan konteks | o Mampu mendiskusikan tata cara bertelepon o Mampu mendata kesalahan-kesalahan kalimat dalam bertelepon o Mampu bertelepon dengan berbagai mitra bicara sesuai dengan konteks | Tes unjuk kerja | Tes simulasi | Berteleponlah dengan temanmu sesuai dengan konteks! | 4 X 40” | Buku Petunjuk Penggunaan Telepon |
Standar Kompetensi : Membaca
11. Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensid dan membaca memindai
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
11.1 Mengung-kapkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca secara intensif | Pengungkapan hal-hal teladan dari tokoh dalam biografi | o Memilih buku biografi yang disukai, kemudian membaca salah satu buku biografi o Menulis biodata tokoh dan keistimewaan tokoh dengan alasan yang logis o Menyimpulkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca | · Mampu menyarikan riwayat hidup tokoh · Mampu menyimpulkan keistimewaan tokoh · Mampu mencatat hal-hal yang dapat diteladani | Penugasan | Tugas proyek | · Bacalah sebuah buku biografi kemudian buatlah laporan yang berisi inti sari riwayat hidup tokoh. keistimewaan tokoh, hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh! | 4 X 40” | Buku biografi |
11.2 Menemukan gagasan utama dalam teks | Penemuan gagasan utama teks | o Membaca teks o Mendiskusikan gagasan utama /ide pokok suatu paragraf dalam teks bacaan o Tanya jawab letak kalimat utama/ dalam paragraf pada teks | · Mampu mengungkapkan gagasan utama/ide pokok dalam setiap paragraf pada suatu teks bacaan · Mampu menunjukkan letak kalimat utama dalam suatu paragraf pada teks bacaan | Tes tulis Tes tulis | Tes uraian Tes uraian | · Tunjukkan gagasan utama yang terdapat dalam paragraf! · Tunjukkan letak kalimat utama yang terdapat di dalam teks! | 2 X 40” | Teks bacaan |
3. Menemukan informasi secara cepat dari tabel/diagram | Penemuan informasi dari tabel/diagram | o Mengkliping satu tabel dan satu diagram dari media cetak, kemudian mengamati tabel/diagram o Mendiskusikan bagian-bagian tabel/ diagram o Menyimpulkan isi tabel/diagram o Menyampaikan pertanyaan yang berhubungan dengan informasi yang ada dalam tabel/diagram o Mengubah tabel/diagram dalam betuk narasi tertulis o Menyunting narasi tertulis teman | · Mampu mengenali bagian-bagian tabel/diagram · Mampu menemukan makna/isi tabel/diagram · Mampu mengubah tabel/diagram dalam bentuk narasi | Penugasan | Tugas rumah | Klipinglah sebuah tabel/diagram kemudian narasikan tabel/diagram tersebut sesuai dengan isinya! | 2 X 40” | Buku teks, media cetak yang di dalamnya terdapat tabel atau diagram |
Standar Kompetensi: Menulis
12. Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
12.1 Mengubah teks wawancara menjadi narasi | Cara mengubah teks wawancara ke bentuk narasi dan implementasi- nya | o Mengkliping teks wawancara o Tanya jawab mengubah kalimat langsung dalam teks wawancara menjadi kalimat tidak langsung o Tanya jawab cara penulisan kalimat langsung menjadi tidak langsung o Menarasikan teks wawancara dalam beberapa paragraf o Menyunting teks narasi berdasarkan hasl wawancara tulisan sendiri dan teman | · Mampu mengubah kalimat langsung dalam wawancara menjadi kalimat tidak langsung · Mampu mengubah teks wawancara menjadi narasi · Mampu menyunting narasi sendiri atau teman | Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Tes uraian Tes uraian Tes uraian | § Ubahlah kalimat langsung di dalam teks wawancara menjadi kalimat tidak langsung! § Narasikan teks wawancara! § Suntinglah tulisan narasimu! | 4 X 40” | Media cetak. |
12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi, dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun | Penulisan pesan singkat | o Membaca contoh pesan singkat o Tanya jawab tentang kalimat-kalimat yang khas dalam pesan singkat o Tanya jawab tentang pokok-pokok pesan singkat dalam contoh o Menulis pokok-pokok pesan yang akan o Menulis pesan singkat sesuai dengan konteks | · Mampu menulis pokok-pokok pesan yang akan ditulis · Mampu menulis pesan singkat sesuai dengan konteks | Tes tulis Tes tulis | Tes uraian Tes uraian | § Tulislah pokok-pokok pesan! § § Tulislah pesan singkat sesuai dengan pokok-pokok pesan! | 4 X 40” | Teks bacaan yang berikan berbagai pesan |
Standar Kompetensi: Mendengarkan sastra
13. Memahami pembacaan puisi
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1. Menanggapi cara pembacaan puisi | Cara menanggapi pembacaan puisi dan implementasi- nya | o Mencermati model pembaca puisi o Mendiskusikan cara pelafalan, intonasi, dan ekspresi pembaca puisi o Menanggapi dengan cara memberi komentar atas keindahan maupun kekurangan dalam pembacaan puisi | · Mampu mengemukakan cara pelafalan, intonasi, ekspresi pembaca puisi · Mampu memberi tanggapan dengan alasan yang logis pembacaan puisi yang didengar/disaksikan | Observasi | Lembar observasi | § Berilah tanggapan atas pembacaan puisi yang kamu dengarkan! | 2 X 40” | Model pembaca puisi Rekaman pembacaan puisi Buku referensi |
2. Merefleksi isi puisi yang dibacakan | Cara merefleksi puisi yang dibacakan dan implementasi- nya | o Mendengarkan pembacaan puisi, kemudian o mendiskusikan gambaran pengindraan, perasaan, dan pendapat dalam puisi o Mendiskusikan nada, suasana, irama dan pilihan kata yang berkaitan dengan isi puisi o Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat di dalam suatu puisi o Menulis persamaan dan perbedaan kehidupan pribadi siswa dengan kehidupan dalam puisi | · Mampu menangkap isi puisi seperti gambaran pengindraan, perasaan, dan pendapat · Mampu mengemukakan pesan- pesan puisi · Mampu mengaitkan kehidupan dalam puisi dengan kehidupan nyata siswa | Tes tulis Tes uraian Tes unjuk kerja | Tes uraian Tes uraian Uji petik kerja produk | § Tuliskan gambaran penginderaan, perasaan, dan pendapat yang terdapat dalam puisi yang dibacakan! § Tulis pesan-pesan yang terdapat di dalam puisi yang dibacakan! § Deskripsikan persamaan dan perbedaan kehidupan pribadi siswa dengan kehidupan dalam puisi | 4 X 40” | Model pembaca puisi Rekaman pembacaan puisi Buku referensi |
Standar Kompetensi: Berbicara sastra
14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan cerpen
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
14.1 Menanggapi cara pembacaan cerpen | Cara menanggapi pembacaan cerpen dan implementasi- nyan | o Mendengarkan pembacaan cerpen yang dilakukan oleh narasumber (siswa) o Mendiskusikan cara pembacaan cerpen, isi, pesan, alur, tema, dan suasana cerpen o Menggungkapkan lafal, intonasi, dan ekspresi pembaca cerpen o Menanggapi cara pembacaan cerpen dikaitkan dengan suasana dalam cerpen, isi, dan pesan, | · Mampu menangkap isi, pesan, dan suasana cerpen yang didengarkan · Mampu mengungkapkan lafal, intonasi, dan ekspresi pembaca cerpen · Mampu menanggapi cara pembacaan cerpen | Tes lisan | Daftar pertanyaan | § Sebutkan isi, pesan, dan suasana cerpen yang kamu dengarkan! § Bagaimaanakah lafal, intonasi, dan ekspresi wajah pembaca cerpen yang kamu saksikan? § Bagaimanakah cara pembacaan cerpen yang kamu lihat bila dikaitkan dengan suasana, isi, dan pesan cerpen ? | 4 X 40” | Cerpen Narasumber (siswa) Buku referensi Buku teks |
14..2 Menjelaskan hubungan latar suatu cerpen dengan realitas sosial | Cara menjelaskan hubungan latar cerpen dengan realitas kehidupan sosial dan implementasi- nya | o Mendengarkan pembacaan cerpen yang dilakukan oleh narasumber (siswa) o Berdiskusi untuk mendata latar cerpen o Mengaitkan latar cerpen dengan realitas sosial masa kini | · Mampu mendata latar cerpen · Mampu mengaitkan latar cerpen dengan realitas sosial masa kini | Tes lisan | Daftar pertanyaan | § Bagaimanakah latar yang terdapat di dalam cerpen yang kamu dengarkan? § Bagaimanakah keterkaitan antara latar yang terdapat di dalam ccerpen yang kamu dengarkan dengan realitas kehidupan masa kini? | 4 X 40” | Cerpen Narasumber (siswa) Buku referensi Buku teks |
Standar Kompetensi: Membaca sastra
15. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
15.1 Membaca indah puisi dengan menggunakan irama, volume suara, mimik, kinestik sesuai denga isi puisi | Pembacaan indah teks puisi | o Mengamati model pembacaan puisi, kemudian mendiskusikan isi puisi, irama, volume suara, mimik, dan kinestik pembaca puisi o Menandai penjedaan pembacaan puisi lain o Berlatih membaca puisi o Membaca indah puisi dengan menggunakan irama, volume suara, mimik, kinestik sesuai dengan isi puisi | · Mampu menandai penjedaan dalam puisi yang akan dibacakan · Mampu membaca indah puisi | Observasi | Lembar observasi | § Puisi yang akan dibaca sudah ditandai penjedaannya: ya/tidak § Irama pembacaan: baik/cukup/kurang § Volume suara: baik/cukup/kurang § ... | 6 X 40” | Teks puisi Buku referensi Buku teks |
15.2 Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak baik asli maupun terjemahan | Cara menemukan realitas kehidupan di dalam cerita anak implementasi- nya | o Membaca buku cerita anak o Berdiskusi untuk mengidentifikasi perilaku dan kebiasaan yang ada dalam buku cerita anak o Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak. | · Mampu menuliskan perilaku, kebiasaan yang ada dalam buku cerita anak · Mampu menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak. | Tes tulis | Tes uraian | § Identifikasilah perilaku atau kebiasaan yang terdapat di dalam cerita anak yang kamu baca! § Tuliskan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak yang kamu baca! | 6 X 40” | Buku cerita anak Buku teks |
Standar Kompetensi: Menulis sastra
16. Megungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan menulis kreatif puisi
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
16.1 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam | Penulisan puisi berkenaan dengan keindahan alam | o Mengamati lingkungan atau gambar-gambar keindahan alam o Mengidentifikasi keindahan alam dalam larik-larik puisi o Mengamati model larik-lari puisi tentang keindahan alam o Mendiskusikan pilihan kata dan rima dalam model o Menentukan topik puisi yang akan ditulis yang berkenaan dengan keindahan alam o Menulis larik-larik puisi o Menulis puisi dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik o Menyunting puisi karya sendiri | · Mampu menulis larik-larik puisi yang berisi keindahan alam · Mampu menulis puisi dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik · Mampu menyunting puisi yang ditulis sendiri | Tes unjuk kerja Portofolio | Uji petik kerja produk Dokumen puisi (draf 1) dan puisi yang sudah diperbaiki berdasarkan suntingan sendiri, masukan teman dan/atau guru | § Tulislah puisi tentang keindahan alam dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik! § Suntinglah puisi yang kamu tulis! | 4 X 40” | Lingkungan Gambar alam Buku teks |
16.2 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang pernah dialami | Penulisan puisi berkenaan dengan peristiwa yang dialami | o Mengidentifikasi peristiwa yang pernah dialami o Memilih salah satu peristiwa yang dialami untuk dijadikan puisi o Menulis larik-larik puisi o menulis puisi dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik o Menyunting puisi yang ditulis sendiri | · Mampu menulis larik-larik puisi tentang peristiwa yang pernah dialami · Mampu menulis puisi dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik · Mampu menyunting puisi yang ditulis sendiri | Tes unjuk kerja Portofolio | Uji petik kerja produk Dokumen puisi (draf 1) dan puisi yang sudah diperbaiki berdasarkan suntingan sendiri, masukan teman dan/atau guru | § Tulislah puisi tentang peristiwa yang pernah kamu alami dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik! § Suntinglah puisi tentang suatu peristiwa yang Anda tulis! | 4 X 40” | Peristiwa yang dialami Buku teks |