Mengenai Saya

Foto Saya
Kami ditampilkan ( oleh : Sugeng Rachmono ) untuk memberikan Informasi dan tugas-tugas kepada siswa kelas tujuh SMPN 1 LECES Kabupaten Probolinggo

BIN

Pendidikan Bahasa Indonesia

CONTOH KATA KERJA OPERASIONAL


melafalkan                            
membaca             
membedakan                       
membuat
menafsirkan                                                              
menceritakan                                                
mendefinisikan                     
mendemonstrasikan            
mendeskripsikan                
menentukan                                      
menerapkan                                     
menerjemahkan
menganalisis
mengenal
mengevaluasi
menggambarkan
menggunakan           
menghitung                           
mengidentifikasikan            
mengkonstruksikan  
mengucapkan                       
mensintesis
menunjukkan                         
menyelesaikan
menyimpulkan                                  
menyusun                                          
merumuskan

Silabus


Sekolah                       : ...
Mata Pelajaran           : ...
Kelas/Semester          : VII/1

Standar Kompetensi : Mendengarkan
1.       Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan berita



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1. 1 Menyimpul­kan  isi berita yang diba­cakan dalam beberapa kalimat




Penyimpulan berita
o  Mendengarkan berita
o  Menuliskan pokok-pokok berita
o  Memberikan tanggapan terhadap isi berita lewat diskusi
o  Menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
o  Menyimpulkan isi berita dalam satu alinea.
·   Mampu menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan
·   Mampu menyarikan  pokok-pokok  berita menjadi isi berita
·   Mampu menyimpulkan isi berita dalam satu alinea.



Tes tulis



Tes uraian 
·  Tuliskan minimal tiga pokok berita yang terdapat dalam rekaman berita berikut ini!
·  Tunjukkan intisari pokok-pokok beritanya!
·  Tuliskan simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam satu alinea!
2 X 40’
TV/Radio
Kaset/CD berita

Teks Berita

1.2 Menuliskan kembali  be­rita yang di­bacakan ke dalam bebe­rapa kalimat

Penulisan berita (yang didengarkan)
o  Mendengarkan berita yang dibacakan di radio/televisi
o  Mendiskusikan pokok-pokok berita
o  Menuliskan pokok-pokok berita yang-dikembangkan ke dalam beberapa kalimat

·   Mampu menemukan pokok-pokok berita yang didengarkan melalui radio/televisi
·   Mampu menuliskan isi berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat
Tes tulis
Tugas rumah
·   Dengarlah berita di ... pada pukul ... malam nanti, kemudian tentukan pokok-pokok beritanya!
·   Tuliskan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam beberapa kalimat!
2 X 40’
 TV/Radio
Kaset/CD berita
Teks berita



: Berbicara
          2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumumam




Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1 Mencerita­kan peng­alam­an yang paling me­nge­sankan dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif

Cara menceritakan pengalaman yang menge­sankan dan implementasi- nya
o  Mendengarkan cerita dari narasumber mengenai pengalaman yang mengesankan dengan du­kungan gambar seri
o  Bertanya jawab mengenai  cerita yang mengesankan
o  Menulis daftar pengalaman yang mengesankan.
o  Memilih pengalaman yang paling mengesankan dari berbagai peng­alaman yang telah didaftar.
o  Menyusun pokok-pokok cerita men­jadi rangkaian cerita pengalaman
o  Berlatih bercerita
o  Bercerita berdasarkan pokok-pokok rangkaian cerita dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif
·   Mampu mendata pokok-pokok cerita pengalaman yang me­nge­sankan
·   Mampu menyusun pokok-pokok cerita menjadi rangkaian cerita pengalaman melalui tanya ja­wab
·   Mampu menceritakan penga­laman yang paling menge­san­kan berdasarkan pokok-pokok rangkaian cerita dengan meng­gunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif

Tes unjuk kerja
Uji petik kerja prosedur dan produk
·   Identifikasilah  pokok-pokok cerita pengalamanmu yang kamu pan­dang paling mengesankan!
·   Susunlah pokok-pokok cerita itu menjadi rangkaian cerita! Gunakahlah pilihan kata yang tepat dan efektif!
·   Ceritakanlah pengalamanmu yang paling mengesankan itu secara lisan!


6X40’
Pengalaman pribadi yang mengesan-kan
Buku Teks
2.2 Menyam-paikan pengu-mumam de­ngan intonasi yang tepat serta meng­gunakan ka­limat-kalimat yang lugas dan sederha­na

Penyampaian pengu­muman
o  Membaca dan mencermati  teks pengumuman
o  Menentukan topik sebuah pengumuman yang akan disusun yang berasal dari lingkungan
o  Mendiskusikan pokok-pokok pengu­mum­an
o  Merangkai pokok-pokok pengumuman menjadi sebuah pengumuman
o  Berlatih mengumumkan
o  Mengumumkan dengan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana

·   Mampu menentukan  pokok-pokok pengumuman
·   Mampu merangkai pokok-pokok pengumuman menjadi sebuah pengumuman
·    Mampu mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana

Tes unjuk kerja
Uji petik kerja prosedur dan produk
·   Umumkanlah secara lisan masalah ... dengan cara: tentukan terlebih dahulu pokok-pokok pengumuman itu kemudian rangkailah pokok-pokok itu menjadi sebuah pengumuman! Gunakanlah kalimat yang lugas dan sederhana!
6X40’
Selebaran Pengumum-an
Lingkungan
Buku teks



Standar Kompetensi            : Membaca
                                                 3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1 Menemu-kan makna kata tertentu da­lam kamus secara cepat dan tepat de­ngan konteks yang diingin­kan melalui kegiatan mem­baca memindai

Cara menemukan  makna kata  secara cepat dan implementasi-nya
o  Membaca teks nonsastra
o  Bertanya jawab mengenai isi bacaan
o  Menandai kata-kata baru dan menentukan kata itu sebagai lema yang akan dicari maknanya dari kamus
o  Berpasangan untuk menemukan lema secara cepat dan tepat dari kamus yang sudah disediakan (satu siswa mencari lema, siswa yang lain menghitung waktu)
o  Berpasangan untuk menemukan makna kata (lema)  secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam teks bacaan (satu siswa mencari arti lema sesuai konteks, siswa yang lain menghitung waktunya)
·   Mampu menemukan lema secara cepat dan tepat
·   Mampu menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan

Observasi
Lembar observasi
·   Siswa dapat menemukan lema dalam kamus dengan waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/ tidak
·   Siswa dapat menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/ tidak


2 X 40’
Kamus istilah  Kamus Besar Ba­ha­sa Indonesia
Buku Teks
Bacaan nonsastra
3.2 Menyim­pul­kan isi baca­an setelah membaca ce­pat 200 kata per menit

Penyimpulan isi bacaan
o  Membaca bacaan yang terdiri atas 200 kata atau kelipatannya.
o  Menghitung kecepatan membaca
o  Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan
o  Menentukan pokok-pokok bacaan
o  Merangkai pokok-pokok bacaan
o  Menyimpulkan isi bacaan
o  Mampu membaca cepat 200 kata per menit




o  Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan


o  Mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan
Tes unjuk kerja

Uji petik kerja prosedur dan produk

·  Buka dan bacalahlah teks yang terlipat di atas mejamu setelah terdengar bel satu kali dan berilah tanda garis miring pada akhir kata yang dibaca setelah terdengar bel 2 kali!
·  Jawablah beberapa pertanyaan berikut!
1. ...
2. ...

·  Tuliskan pokok-pokok bacaan itu, kemudian simpulkan isi bacaan berdasarkan pokok-pokok bacaan itu!  
2X40’
Stopwatch,
Buku teks, Teks bacaan


3.3  Memba­ca­kan berbagai teks perang­kat upacara dengan into­nasi yang tepat

Pembacaan teks perangkat upacara
o  Mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara
o  Membaca dan mencermati teks perangkat upacara
o  Menandai teks dengan tanda-tanda intonasi
o  Berlatih membacakan teks perangkat upacara
o  Membacakan teks perangkat upacara bendera dengan intonasi yang tepat
·   Mampu mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara



·   Mampu membacakan berbagai teks untuk upacara bendera dengan intonasi yang tepat
Tes tulis




Tes unjuk kerja


Tes uraian




Uji petik kerja produk
·  Identifikasilah berbagai teks perangkat upacara yang terdapat di sekolahmu!


·  Bacakanlah minimal dua teks  perangkat upacara dengan intonasi yang tepat!
6 X 40’
Perangkat  upacara ben­dera
Buku teks


Standar Kompetensi            : Menulis
          4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi de­ngan mem­perhatikan cara peng­ungkapan dan bahasa yang ekspresif

Penulisan catatan hari­an/ pengalaman pribadi
o  Mengamati dan mencermati contoh buku harian
o  Mendiskusikan unsur-unsur  yang ada dalam buku harian
o  Menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi sehari sebelumnya
o  Mengembangkan pokok-pokok pengalaman pribadi itu menjadi sebuah tulisan yang ekspresif dengan menambahkan waktu kejadian, curahan pemikiran, dan perasaan ke dalam buku harian.

·   Mampu menuliskan pokok-pokok  pengalaman pribadi yang terjadi dalam suatu hari!


·   Mampu secara rutin menulis dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif!

Tes




Penugasan

 Tes uraian




Tugas proyek
·   Tulislah pokok-pokok pengalaman pribadimu yang terjadi di kelas ini kemarin!


·   Tuliskanlah pengalaman pribadimu secara rutin ke dalam buku harian mulai hari ini! Gunakanlah bahasa yang ekspresif untuk mencurahkan pemikiran dan perasaanmu! Kumpulkanlah buku harianmu setiap dua minggu untuk diparaf!
4 X 40’
Pengalaman pribadi siswa
Lingkungan
Buku teks
4.2 Menulis su­rat pribadi dengan mem­perhatikan komposisi, isi, dan bahasa

Penulisan surat pribadi
o  Mengamati dan mencerrmati beberapa surat pribadi dan surat resmi
o  Berdiskusi untuk menentukan komposisi surat pribadi
o  Menentukan topik surat pribadi dan alamat yang dituju (siswa SMP di sekolah lain melalui guru bahasa Indonesianya)
o  Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa yang komunikatif
o  Menyunting surat
o  Memasukkan surat dalam amplop, mengelim, memberi perangko, dan mengeposkannya

·   Mampu menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi
·   Mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif
·   Mampu menyunting surat


Tes unjuk kerja


Uji petik kerja

·   Tunjukkan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi

·   Tulislah surat pribadi kepada teman barumu di sekolah lain melalui guru bahasa Indonesianya, ceritakanlah kondisimu di sekolah ini, dan mintalah balasan surat! Gunakanlah bahasa yang komunikatif.
·   Perbaikilah bahasa surat pribadi yang ditulis oleh teman Anda dari aspek struktur dan ejaannya!
4 X 40’
Berbagai surat pribadi dan surat resmi


3. Menulis teks pengumuman dengan baha­sa yang efek­tif, baik, dan benar

Penulisan pengumuman
o  Mengamati dan mencermati teks pengumuman
o  Berdiskusi untuk menentukan topik pengumuman lain yang sesuai dengan konteks kegiatan  kelas/sekolah dan  menentukan pokok-pokoknya
o  menulis teks pengumuman dengan dengan bahasa yang efektif, baik, dan benar
o  menyunting teks pengumuman
o  memajang pengumuman di papan pamer kelas/sekolah

·   Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman
·   Mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif
·   Mampu menyunting teks pengumuman

Tes unjuk kerja
Uji petik produk
·  Buat­lah teks pengumuman sesuai dengan konteks kegiatan kelas/sekolahmu dengan terlebih dahulu menentukan pokok-pokok pengumuman! Kemudian suntinglah teks pengumuman yang sudah kamu susun!
4X40’
Selebar­an Peng-umuman
Buku Teks


Standar Kompetensi            : Mendengarkan
                                                 5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
5.1 Menemu-kan hal-hal mena­rik dari do­ngeng yang diperdengar kan
Cara menemukan hal menarik dari dongeng dan implementasi- nya
o  Mendengarkan penyajian dongeng
o  Bertanya jawab untuk menemukan ide-ide  yang menarik dari dongeng
o  Merangkai ide-ide menarik menjadi  hal-hal menarik dari dongeng
·   Mampu menemukan ide-ide  menarik dalam dongeng

·   Mampu merangkai ide-ide menarik menjadi  hal-hal menarik dari dongeng
Tes tulis




Tes uraian



·  Identifikasilah ide-ide menarik yang terdapat dalam dongeng yang disajikan secara lisan ini!
·  Rangkaikanlah ide-ide me­narik yang berasal dari dongeng yang kamu dengarkan sehingga menjadi  hal-hal menarik dari dongeng!
2X40’
Kaset /CD  dongeng
Buku teks
5.2  Menunjuk­kan relevansi isi dongeng yang diperde­ngarkan de­ngan situasi sekarang

Cara menunjukan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang dan implementasi- nya
o  Mendengarkan dongeng
o  Mendiskusikan pokok-pokok isi  dongeng
o  Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang

·   Mampu menemukan isi di dalam dongeng
·   Mampu merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang


Tes tulis



Tes urai­an
·  Tuliskanlah pokok-pokok isi  dongeng yang disajikan secara lisan ini!
·  Bagaimanakah relevansi isi dongeng yang kamu dengarkan dengan situasi dewasa ini?
2 X 40’
 Kaset /CD  dongeng
Buku teks



Standar Kompetensi            : Berbicara
                                                 6. Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
6.1 Bercerita de­ngan urutan yang baik, sua­ra, lafal, intonasi, ges­tur, dan mi­mik yang te­pat

Penyampaian cerita
o  Menentukan cerita yang menarik berdasarkan persediaan buku di  perpustakaan.
o  Membaca cerita yang menarik itu.
o  Berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok cerita
o  Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik
o  Berlatih bercerita
o  Bercerita dengan urutan yang baik, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat

·   Mampu menentukan pokok-pokok cerita
·   Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang  baik dan menarik
·   Mampu bercerita dengan urutan yang baik,  suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat


Tes lisan

Tes unjuk kerja

Tes urai­an

Uji petik kerja produk



·  Tentukan pokok-pokok cerita yang ter­da­­pat di dalam cerita ini!
·   Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita!
·   Berceritalah dengan urutan yang baik serta suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat! 
6 X 40’
Perpusta-
  kaan
Buku yang berisi teks cerita
Buku teks
6.2 Bercerita de­ngan alat pe­raga

Penyampaian cerita dengan alat peraga
o  Menentukan cerita lain yang menarik berdasarkan persediaan buku di  perpustakaan.
o  Membaca cerita yang menarik itu.
o  Berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok cerita
o  Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik
o   Menyiapkan alat peraga  untuk mendukung cerita
o  Berlatih bercerita dengan alat peraga
o  Bercerita dengan alat peraga
·   Mampu menentukan pokok-pokok cerita
·   Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang menarik
·   Mampu bercerita dengan meng­gu­na­kan alat peraga berdasarkan pokok-pokok cerita
Tes lisan

Tes unjuk kerja



·  Tentukan pokok-pokok cerita  yang ter­da­­pat di dalam cerita ini!
·   Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita!
·   Berceritalah dengan dukungan alat peraga!     
4 X 40’
Alat peraga
Buku teks



Standar Kompetensi            : Membaca
          7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
7.1 Mencerita­kan kembali cerita anak yang dibaca

Penceritaan kembali
o  Membaca cerita anak
o  Berdiskusi untuk me­nen­tukan pokok-pokok cerita
o  Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita
o  Menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri, baik secara lisan maupun tulis


·   Mampu menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca
·   Mampu merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita
·   Mampu menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan dan tulis.


Penugasan


Tes unjuk kerja
Tugas rumah


Uji petik kerja produk

·  Tentukan pokok-pokok cerita anak yang kamu baca!
·  Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita!
·  Ceritakanlah secara tertulis dan/atau lisan de­ngan bahasamu sendiri cerita anak yang sudah kamu baca!

6 X 40’
Perpusta-
  kaan
Buku teks
7.2 Mengomen­tari buku ce­rita yang di­baca

Cara berkomentar  terhadap buku cerita dan implementasi- nya
o  Membaca cerita anak
o  Menandai hal-hal yang akan dikomentari
o  Berdiskusi untuk menentukan bagian/unsur yang  perlu dikomentari  dari buku cerita
o  Mengomentari buku cerita yang dibaca dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun


·   Mampu menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan dikomentari
·   Mampu mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun

Penugasan



Tugas rumah



·   Tentukanlah  bagian/unsur buku cerita ... yang perlu dikomen­tari

·   Bagaimakah komentarmu mengenai buku cerita yang baru saja kamu baca?  Kemukakan hal itu dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun!

4 X 40’
Perpus-takaan
Buku teks 



Standar Kompetensi            : Menulis
           8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
8.1 Menulis pan­tun yang se­suai dengan syarat-syarat pantun

Penulisan   pantun
o  Membaca contoh-contoh pantun
o  Berdiskusi untuk menentukan syarat-syarat pantun
o  Menulis pantun yang memenuhi  syarat-syarat pantun
o  Menyunting pantun sendiri sesuai dengan syarat-syarat pantun

·   Mampu menentukan syarat-syarat pantun
·   Mampu menulis pantun
·   Mampu menyunting pantun sendiri sesuai dengan syarat-syarat pantun

Tes tulis




Tes unjuk kerja



Portofolio
Tes pilih­an ganda



Uji petik kerja produk


Dokumen pantun (draf 1) dan pantun yang sudah diperbaiki berdasarkan suntingan sendiri, masukan teman dan/atau guru

·  Salah satu syarat pantun adalah:
A. bersajak akhir abab
B. bersajak akhrir aaaa
C. bersajak aabcd
D. bersajak akhir ab
·   Buatlah sebuah pantun yang terkait dengan masalah moral/pen­didik­an! Suntinglah pantun yang sudah kamu buat!
2 X 40”
Perpusta-
   kaan
Buku teks
Ber­bagai jenis pan­tun
8.2 Menulis  kem­bali de­ngan bahasa sendiri do­ngeng yang pernah diba­ca atau dide­ngar
Penulisan kembali  dongeng
o  Membaca/mendengarkan dongeng
o  Berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok dongeng dan urutannya
o  Menulis kembali dongeng berda­sar­kan urutan pokok-pokok dongeng yang sudah ditentukan
·   Mampu menentukan pokok-pokok dongeng
·   Mampu menulis dongeng berda­sarkan urutan pokok-pokok do­ngeng
Tes tulis



Tes unjuk kerja
Tes urai­an



Uji petik kerja produk
·  Tentukan pokok-pokok dongeng yang kamu baca/dengar!


·  Tuliskanlah de­ngan bahasamu sendiri dongeng yang baru kamu baca/dengar!

   4 x 40’
Perpusta-
   kaan
Buku/rekaman dongeng
Buku teks




Silabus


Sekolah                       : SMP
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester         : VII/2

Standar Kompetensi : Mendengarkan
9.      Memahami wacana lisan dalam  kegiatan wawancara



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
9.1 Menyimpul­kan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang to­koh/narasum-ber yang di­sam­paikan da­lam wa­wan­cara


Penyimpulan pikiran, penda­pat, dan gagas­an dalam wa­wan­cara
o  Mendengarkan wawancara narasumber atau rekaman wawancara
·   Mendata pikiran, penda­pat, dan gagasan  yang dikemu­kakan narasumber
o  Mendiskusikan ketepatan data pikiran, pendapat, gagasan yang dikemukakan narasumber
o  Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasumber yang disampaikan dalam wawancara
o  Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui wawancara ke dalam beberapa kalimat singkat

·   Mampu mendata pikiran, penda­pat, dan gagasan  yang dikemu­kakan narasumber

·   Mampu menyimpulkan pikiran, pen­dapat, dan gagasan nara­sumber
·   Mampu menuliskan informasi yang diperoleh dari wawancara yang didengarkan ke dalam bebe­rapa kalimat singkat

Tes tulis



Tes tulis


Tes tulis
 Tes uraian



Tes uraian


Tes uraian
·   Datalah berbagai pikiran, penda­pat, dan gagasan narasumber  dalam wawancara yang kamu de­ngar­kan
·   Simpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan narasumber!

·   Tulislah informasi yang terdapat dalam wawancara yang kamu dengarkan!
4 X 40”
Rekaman wawancara  dari  televisi/radio
Narasumber
9.2.Menuliskan dengan sing­kat hal-hal pen­ting yang dikemukakan narasumber dalam wa­wan­cara

Penulisan hal-hal penting/ isi wawancara
·   Mendengarkan wawancara
·   Tanya jawab hal-hal penting dari nara­sumber yang diwawancarai
·   Menuliskan hal-hal  penting dari wa­wancara yang didengarkan de­ngan bahasa yang komunikatif
·         Mampu mendata hal-hal penting dari narasumber yang diwawan­carai
·   Mampu menuliskan hal-hal  pen­ting dari suatu wawancara de­ngan bahasa yang komunikatif
Tes tulis


Tes lisan
 Tes uraian


Tes uraian
·   Datalah berbagai hal-hal penting dari narasumber  dari wawancara yang kamu de­ngar­kan!
·   Tuliskan hal-hal penting yang terdapat di dalam wawan­cara yang kamu dengarkan!
4 X 40”
Rekaman wawancara  dari  televisi/radio
Narasumber


Standar Kompetensi:  Berbicara
   10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan telepon




Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
10.1. Mencerita-kan tokoh idola de­ngan mengemu-kakan ide­n­titas tokoh, ke­unggulan, dan alasan meng­idolakannya dengan pilihan kata yang se­suai

Penceritaan  tokoh idola
o  Membaca artikel tentang tokoh yang diidolakan
o  Tanya jawab yang berhubungan dengan identitas tokoh
o  Menentukan keunggulan tokoh de­ngan alasan yang argu­men­tatif
o  Berlatih menceritakan tokoh
o  Mencermati model
o  Bertanya jawab tentang bahasa yang digunakan oleh model
o  Menceritakan tokoh dengan berpe­doman kelengkapan identitas tokoh

·         Mampu mengemukakan identitas tokoh
·         Mampu menentukan keunggulan tokoh dengan argumen yang tepat
·         Mampu menceritakan tokoh dengan pedoman kelengkapan identitas tokoh

Observasi
Lembar observasi


Ceritakan tokoh idola de­ngan menge­mukakan ide­n­titas tokoh, ke­unggulan, dan alasan meng­idolakannya dengan pilihan kata yang se­suai!

6 X 40’
Media cetak (artikel tentang tokoh)
Buku teks
Rekaman yang berisi tentang tokoh
10.2. Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun

Bertelepon dan etikanya
o  Mencermati model-model bertele­pon kemudian disdiskusikan tata cara bertelepon
o  mendata kesalahan-kesalahan kalimat dalam bertelepon
o  Mendiskusikan pembetulan kesalahan kalimat dalam bertelepon
o  Bertelepon dengan berbagai mitra bicara sesuai dengan konteks

o  Mampu mendiskusikan tata cara bertelepon
o  Mampu mendata kesalahan-kesa­lahan kalimat dalam bertelepon
o  Mampu bertelepon dengan ber­bagai mitra bicara sesuai dengan konteks

Tes unjuk kerja
Tes simu­lasi
Berteleponlah dengan temanmu sesuai dengan konteks!
4 X 40”
Buku Petunjuk Penggunaan Telepon



Standar Kompetensi : Membaca
11. Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensid dan membaca memindai



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
11.1 Mengung-kap­kan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca secara intensif

Pengungkapan hal-hal  teladan dari tokoh dalam biografi
o  Memilih buku biografi yang disukai, kemudian membaca salah satu buku biografi
o  Menulis biodata tokoh dan keistime­waan tokoh dengan alasan yang logis
o  Menyimpulkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca
·         Mampu menyarikan riwayat hidup tokoh
·         Mampu menyimpulkan keistime­waan tokoh
·         Mampu mencatat hal-hal yang dapat diteladani


Penugasan
Tugas proyek
·   Bacalah sebuah buku biografi kemudian buatlah laporan yang berisi inti sari riwayat hidup tokoh. 
   keistimewaan to­koh, hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh!
4 X 40”
Buku biografi
11.2 Menemukan gagasan utama dalam teks


Penemuan gagasan uta­ma teks
o  Membaca teks
o  Mendiskusikan  gagasan utama /ide pokok suatu paragraf dalam teks bacaan
o  Tanya jawab letak kalimat utama/ dalam paragraf pada teks

·         Mampu mengungkapkan gagasan utama/ide pokok dalam setiap paragraf pada suatu teks bacaan
·         Mampu menunjukkan letak kali­mat utama dalam suatu pa­ragraf pada teks bacaan

Tes tulis



Tes tulis

Tes uraian



Tes uraian
·  Tunjukkan gagasan utama yang terdapat dalam paragraf!


·   Tunjukkan letak kalimat utama yang terdapat di dalam teks!
2 X 40”
Teks bacaan
3. Menemukan informasi seca­ra cepat dari tabel/diagram


Penemuan informasi dari  tabel/diagram
o  Mengkliping satu tabel dan satu dia­gram dari media cetak, kemudian mengamati tabel/diagram
o  Mendiskusikan bagian-bagian tabel/ diagram
o  Menyimpulkan isi tabel/diagram
o  Menyampaikan pertanyaan yang berhubungan dengan informasi yang ada dalam tabel/diagram
o  Mengubah tabel/diagram dalam betuk narasi tertulis
o  Menyunting narasi tertulis teman
·         Mampu mengenali bagian-bagian tabel/diagram
·         Mampu menemukan makna/isi ta­bel/diagram
·         Mampu mengubah tabel/diagram dalam bentuk narasi

Penugasan
Tugas ru­mah

Klipinglah sebuah tabel/diagram kemudian narasikan tabel/diagram tersebut sesuai dengan isinya!
2 X 40”
Buku teks, media cetak yang di da­lamnya terda­pat tabel atau diagram


Standar Kompetensi:  Menulis
12. Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
12.1 Mengubah  teks wawan­cara menjadi narasi

Cara mengubah teks wawan­ca­ra ke bentuk na­rasi dan implementasi- nya
o   Mengkliping teks wawancara
o   Tanya jawab mengubah kalimat langsung dalam teks wawancara menjadi ka­limat tidak langsung
o   Tanya jawab cara penulisan kali­mat langsung menjadi tidak lang­sung
o   Menarasikan teks wawancara dalam beberapa paragraf
o  Menyunting teks narasi berdasarkan hasl wawancara tulisan sendiri dan  teman
·         Mampu mengubah kalimat langsung dalam wawancara menjadi kalimat tidak langsung
·         Mampu mengubah teks wawancara menjadi narasi
·         Mampu menyunting narasi sendiri atau teman

Tes tulis


Tes tulis

Tes tulis
Tes uraian


Tes uraian

Tes uraian
§   Ubahlah kalimat langsung di dalam teks wawancara menjadi kalimat tidak langsung!
§   Narasikan  teks wawancara!

§   Suntinglah tulisan narasimu!
4 X 40”
Media cetak.

12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi, de­ngan menggu­nakan kalimat efektif dan ba­hasa yang san­tun

Penulisan ­ pesan sing­kat
o        Membaca contoh pesan singkat
o        Tanya jawab tentang kalimat-kalimat yang khas dalam pesan singkat
o        Tanya jawab tentang pokok-pokok pesan singkat dalam contoh
o        Menulis pokok-pokok pesan yang akan
o        Menulis pesan singkat sesuai dengan konteks

·         Mampu menulis pokok-pokok pesan yang akan ditulis
·         Mampu menulis pesan singkat sesuai dengan konteks

Tes tulis

Tes tulis
Tes uraian

Tes uraian
§   Tulislah pokok-pokok pesan!
§  
§   Tulislah pesan singkat sesuai dengan pokok-pokok pesan!
4 X 40”
Teks bacaan yang berikan berbagai pe­san




Standar Kompetensi: Mendengarkan sastra
13. Memahami pembacaan puisi



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1. Menanggapi cara pemba­caan puisi

Cara menanggapi pembacaan puisi dan implementasi- nya
o        Mencermati model pemba­ca  puisi
o        Mendiskusikan  cara pelafalan, intonasi, dan ekspresi  pembaca puisi
o         Menanggapi dengan cara memberi komentar atas keindahan maupun kekurangan dalam pembacaan puisi
·         Mampu mengemukakan cara pelafalan, intonasi, ekspresi  pem­baca puisi
·         Mampu memberi tanggapan de­ngan alasan yang logis pemba­ca­an puisi yang didengar/disaksikan

Observasi
Lembar observasi
§   Berilah tanggapan atas pembacaan puisi yang kamu dengarkan!
2 X 40”
Model pembaca puisi
Rekaman pembacaan puisi
Buku referensi
2. Merefleksi isi puisi yang di­bacakan

 Cara merefleksi puisi yang dibacakan dan implementasi- nya
o  Mendengarkan pembacaan puisi, kemudian
o  mendiskusikan gambaran pengindraan, perasaan, dan pendapat  dalam puisi
o  Mendiskusikan nada, suasana, irama dan pilihan kata yang berkaitan dengan isi puisi
o  Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat di dalam suatu puisi
o  Menulis persamaan dan perbedaan kehidupan pribadi siswa dengan kehidupan dalam puisi

·         Mampu menangkap isi puisi seperti gambaran pengindraan, perasaan, dan pendapat

·         Mampu mengemukakan pesan- pesan puisi
·         Mampu mengaitkan kehidupan dalam puisi dengan kehidupan nyata siswa

Tes tulis



Tes uraian

Tes unjuk kerja


Tes uraian



Tes uraian

Uji petik kerja produk
§   Tuliskan gambaran penginderaan, perasaan, dan pendapat yang terdapat dalam puisi yang dibacakan!
§   Tulis pesan-pesan yang terda­pat di dalam puisi yang diba­ca­kan!
§   Deskripsikan persamaan dan perbedaan kehidupan pribadi siswa dengan kehidupan dalam puisi
4 X 40”
Model pembaca puisi
Rekaman pembacaan puisi
Buku referensi


Standar Kompetensi: Berbicara sastra
14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan cerpen



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
14.1 Menanggapi cara pemba­caan cerpen


Cara menanggapi pemba­ca­an cerpen dan implementasi- nyan
o  Mendengarkan pembacaan cerpen yang dilakukan oleh narasumber (siswa)
o  Mendiskusikan cara pem­bacaan cerpen, isi, pesan, alur, tema, dan suasana cerpen
o  Menggungkapkan lafal, intonasi, dan ekspresi pembaca cerpen
o  Menanggapi cara pembacaan  cer­pen dikaitkan dengan suasana dalam cerpen, isi, dan pesan, 
·   Mampu menangkap isi, pesan, dan suasana cerpen yang dide­ngarkan
·   Mampu mengungkapkan lafal, in­tonasi, dan ekspresi pembaca cer­pen
·   Mampu menanggapi cara pem­ba­caan cerpen

Tes  lisan



Daftar pertanyaan


§   Sebutkan isi, pesan, dan suasana cerpen yang  kamu dengarkan!
§   Bagaimaanakah lafal, intonasi, dan ekspresi wajah pembaca cer­pen yang kamu saksikan?
§   Bagaimanakah ca­ra pembacaan cerpen yang kamu lihat  bila dikaitkan dengan suasana, isi, dan pesan cerpen ?
4 X 40”
Cerpen
Narasumber (siswa)
Buku referensi
Buku teks
14..2 Menjelaskan hu­bungan la­tar suatu cer­pen  de­ngan realitas sosial


Cara menjelaskan hubungan latar cerpen dengan realitas kehi­dupan sosial dan implementasi- nya
o  Mendengarkan pembacaan cerpen yang dilakukan oleh narasumber (siswa)
o  Berdiskusi untuk mendata latar cerpen
o  Mengaitkan latar cerpen dengan realitas sosial masa kini


·   Mampu mendata latar cerpen
·   Mampu mengaitkan latar cerpen dengan realitas sosial masa kini


Tes lisan



Daftar pertanyaan


§   Bagaimanakah latar yang terda­pat di dalam cerpen yang kamu dengarkan?
§   Bagaimanakah keterkaitan antara latar yang terdapat di dalam ccerpen yang  kamu dengarkan dengan realitas kehidupan masa kini?  
4 X 40”
Cerpen
Narasumber (siswa)
Buku referensi
Buku teks


Standar Kompetensi: Membaca sastra
15. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
15.1 Membaca in­dah puisi de­ngan meng­gu­nakan ira­ma, volume suara, mimik, kinestik se­suai denga isi puisi

Pembacaan in­dah teks puisi
o  Mengamati model pembacaan puisi, kemudian mendiskusikan isi puisi,  irama, volume suara, mimik, dan kinestik pembaca puisi
o  Menandai penjedaan pembacaan puisi lain
o  Berlatih membaca puisi
o  Membaca indah puisi dengan meng­­gunakan irama, volume suara, mimik, kinestik sesuai dengan isi puisi

·   Mampu menandai penjedaan  dalam puisi yang akan dibacakan
·   Mampu membaca indah puisi

Observasi
Lembar observasi
§  Puisi yang akan dibaca sudah ditandai penjedaannya: ya/tidak
§  Irama pembacaan: baik/cukup/kurang
§  Volume suara: baik/cukup/kurang
§  ...
6 X 40”
Teks puisi
Buku refe­ren­si
Buku teks
15.2 Menemukan realitas kehi­dupan anak yang te­ref­lek­si dalam buku cerita anak baik asli mau­pun terje­mah­an

Cara menemukan realitas kehi­dup­an di dalam cerita anak implementasi- nya  
o  Membaca buku cerita anak
o  Berdiskusi untuk mengidentifikasi perilaku dan kebiasaan yang ada dalam buku cerita anak
o  Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak.

·   Mampu menuliskan perilaku, ke­biasaan yang ada dalam buku ce­rita anak
·    Mampu menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak.
Tes tulis
Tes uraian
§  Identifikasilah  peril­a­ku atau kebiasaan yang terdapat di dalam cerita anak yang kamu baca!
§  Tuliskan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak yang kamu baca!
6 X 40”
Buku cerita anak
Buku teks


Standar Kompetensi: Menulis sastra
16. Megungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan menulis kreatif puisi



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
16.1  Menulis kreatif puisi berkena­an dengan ke­indahan alam


Penulisan puisi berkenaan dengan keindahan alam
o  Mengamati lingkungan atau gambar-gambar keindahan alam
o  Mengidentifikasi keindahan alam dalam larik-larik puisi
o  Mengamati model larik-lari puisi tentang keindahan alam
o  Mendiskusikan pilihan kata dan rima dalam model
o  Menentukan topik puisi yang akan ditulis yang berkenaan dengan keindahan alam
o  Menulis larik-larik puisi
o  Menulis puisi dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik
o  Menyunting puisi karya sendiri
·         Mampu menulis larik-larik puisi yang berisi keindahan alam
·         Mampu menulis puisi dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik
·         Mampu menyunting puisi yang di­tulis  sendiri

Tes unjuk kerja






Portofolio
Uji petik kerja produk
Dokumen puisi (draf 1) dan puisi  yang sudah diperbaiki berdasarkan suntingan sendiri, masukan teman dan/atau guru
§   Tulislah puisi tentang keindahan alam  dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik!



§   Suntinglah puisi yang kamu tulis!
4 X 40”
Lingkungan Gambar alam
Buku teks
16.2 Menulis kreatif puisi berke­na­an dengan pe­ristiwa yang pernah dialami

Penulisan puisi berkenaan dengan peristiwa yang dialami
o  Mengidentifikasi peristiwa yang pernah dialami
o  Memilih salah satu peristiwa yang dialami  untuk dijadikan puisi
o  Menulis larik-larik puisi
o  menulis puisi dengan pilih­an kata yang tepat dan rima yang menarik
o  Menyunting puisi yang di­tulis sendiri
·   Mampu menulis larik-larik puisi tentang peristiwa yang pernah dialami
·   Mampu menulis puisi dengan pi­lihan kata yang tepat dan rima yang menarik
·   Mampu menyunting puisi yang ditulis sendiri
Tes  unjuk kerja







Portofolio
Uji petik kerja produk
Dokumen puisi (draf 1) dan puisi  yang sudah diperbaiki berdasarkan suntingan sendiri, masukan teman dan/atau guru 
§   Tulislah puisi tentang peristiwa yang pernah kamu alami  dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik!


§   Suntinglah puisi tentang suatu peristiwa yang Anda tulis!
4 X 40”
Peristiwa yang dialami
Buku teks