Silabus
Sekolah : SMP ............
Kelas : VII (tujuh)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1 Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan. | Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen Gejala diastropisme dan vulkanisme Faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi Jenis-jenis batuan Proses pelapukan Proses erosi dan penyebabnya Proses sedimentasi. Dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangan-nya. | Mengamati gambar bentukan-bentukan di mka bumi yang merupakan hasil dari tenaga geologi. Mengamati gambar tentang gejala-gejala diastropisme dan vulkanisme. Mengamati peta sebaran tipe gunung api di Indonesia. Mengkaji faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi. Mengamati contoh jenis batuan melalui gambar dan batuan yang ada di lingkungan sekitar. Mengamati gambar dan lingkungan sekitar tentang proses pelapukan. Mengamati obyek dan gambar tentang erosi. Menelaah contoh kenampakan hasil proses sedimentasi Membaca buku sumber tentang dampak positif dan negatif tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya. | ·Mendeskripsikan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi. ·Mendeskripsikan gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api. ·Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya. ·Mengindentifikasi jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya. ·Mendeskripsikan proses pelapukan. ·Mendeskripsikan proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya, dampaknya.. ·Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi. ·Mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya. | Tes lisan Tes tulis Penugasan Tes tulis Tes tulis Tes tulis Tertulis Tertulis | Daftar pertanyaan. Pilihan Ganda Tugas rumah Tes Uraian Tes Uraian Pilihan ganda Tes Uraian Tes Uraian | Apakah yang dimaksud tenaga geologi dan berikan contohnya! Tipe gunung api yang banyak terdapat di Indonesia yaitu …. a. maar b. perisai c. starto d. kaldera Buatlah peta jalur gempa bumi di Indonesia pada kertas karton ukuran A2! Berikan dua contoh jenis batuan sedimen! Jelaskan proses pelapukan biologis! Erosi yang disebabkan gelombang air laut yang mengikis pantai disebut .... a. abrasi b. deflasi c. glasial d. korasi Berilah 2 contoh bentang alam hasil sedimentasi oleh air! Jelaskan 3 manfaat material vulkanik gunung api ! | 12 JP | Peta Atlas Globe Gambar proses terjadinya diastropisme. Gambar tipe gunung api Gambar jenis batuan LKS CD Buku sumber yang relevan. |
1.2.Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia. | Pengertian dan kurun waktu pra-aksara Jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra –aksara Perkembangan kehidupan pada masa pra-aksara. Peninggalan –peninggalan kebudayaan. Kedatangan nenek moyang dari Yunan tersebar di Nusantara. | Membaca referensi untuk merumuskan pengertian dan kurun waktu masa pra -aksara Dengan Atlas Sejarah dan foto –foto/ gambar mengamati jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa Pra-aksara Membaca buku referensi, mengamati gambar dan diskusi untuk menelaah kehidupan pada masa pra-aksara dan peralatan yang digunakan. Membaca buku referensi dan mengamati gambar untuk mengidentifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra aksara. Mengamati atlas sejarah kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia. | · Menjelaskan pengertian dan kurun waktu masa pra –aksara · Mengidentifikasi jenis- jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra- aksara · Mendeskripsikan perkembangan kehidupan pada masa pra- aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan. · Mengidentiifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara. · Melacak kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah. | Tes tulis Penugasan Tes tulis Tes tulis Penugasan | Tes Uraian Tugas rumah Tes Uraian Tes pilihan ganda Tugas rumah | Jelaskan pengertian masa pra aksara. Kumpulkan gambar manusia purba dan peninggalan kebudayaannya serta kelompokkan sesuai kurun waktunya kemudian buatlah mading Secara berkelompok Berilah contoh-contoh peralatan yang dipergunakan pada masa berburu! Peninggalan budaya Megalithikum diantaranya ialah .... a.menhir dan dolmen b.nekara dan menhir c.sarkopagus dan dolmen d.kapak lonjong dan moko Buatlah peta kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara! | 8 JP | Buku sumber yang relefan Atlas Sejarah Foto –foto Gambar –gambar sejarah Musium Situs sejarah |
Standar Kompetensi : 2. Memahami kehidupan sosial manusia.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial | Kaitan interaksi sosial dengan proses sosial. Pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial. | Mengkaji kaitan interaksi sosial dan proses sosial dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan terdeka. Mengkaji pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial. | · Menjelaskan kaitan interaksi sosial dan proses sosial. · Menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial. | Tes tulis Portofolio | Tes Uraian Rubrik | Jelaskan kaitan interaksi sosial dengan proses sosial! Buatlah kliping yang terdiri dari 5 peristiwa proses assosiatif dan 5 proses dissosiatif dari surat kabar atau tabloid. | 4 JP | Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi. Buku-buku sumber yang relevan. Surat kabar. Masyarakat |
2.2 Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian | Pengertian sosialisasi Faktor yang mempengaruhi sosialisasi. Fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian. | Tanya jawab tentang pengertian sosialisasi. Mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi. Diskusi tentang fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian. | · Menjelaskan pengertian dan pentingnya proses sosialisasi. · Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi. · Menguraikan fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian. | Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Tes Uraian Tes Uraian Pilihan ganda | Jelaskan pengertian sosialisasi! Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi! Seorang anak diajarkan untuk mencium tangan orangtuanya. Proses sosialisasi ini digolongkan sebagai sosialisasi .... a. primer b. skunder c. tersier d. kuarter | 6 JP | Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi. Buku-buku sumber yang relevan. Surat kabar. Masyarakat |
2.3 Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial | Syarat-syarat terjadinya interaksi sosial. Bentuk-bentuk interaksi sosial: Antar individu dengan individu. Antar individu dengan kelompok. Antar keompok dengan kelompok. | Tanya jawab tentang syarat-syarat terjadinya interaksi sosial. Diskusi tentang bentuk-bentuk interaksi sosial. | · Menjelaskan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial. · Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial. | Tes tulis Tes unjuk kerja | Pilihan ganda Tes petik kerja prosedur dan produk | Contoh interaksi sosial berikut ini adalah .... a. Guru mengajar siswa b. Petani menyiram tanaman c. Pawang melatih gajah d. Sopir menyetir taksi Buatlah kliping berita dari media cetak, masing-masing lima contoh peristiwa tentang interaksi sosial antar : - individu dengan individu - individu dengan kelompok - kelompok dengan kelompok | 6 JP | Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi. Buku-buku sumber yang relevan. Surat kabar. Masyarakat |
2.4 Mengurai-kan proses interaksi sosial | Proses sosial asosiatif Proses sosial disosiatif. | Diskusi tentang proses sosial asosiatif . Diskusi tentang proses sosial disosiatif. | · Mengidentifikasi proses sosial asosiatif . · Memberi contoh proses sosial disosiatif. | Tes tulis Tes unjuk kerja | Tes Uraian Panduan observasi | Jelaskan apa yang dimaksud dengan kerjasama! Cobalah identifikasi contoh dan proses sosial disosiatif yang terjadi di lingkungan masyarakatmu! | 6 JP | Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi. Buku-buku sumber yang relevan. Surat kabar. Masyarakat |
Standar Kompetensi : 3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1. Mendes-krepsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenui kebutuh-an | Hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral Makna manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi. Ciri-ciri manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi. Mengaplikasikan hubungan yang harmonis antar manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral. | Mendiskusikan hakekat manusia hakekat makhluk sosial dan ekonomi Mengkaji tentang makna manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral Membaca buku referensi selanjutnya mendiskusikan ciri-ciri manusia sbagai makhluk sosial dan ekonomi yg bermoral Menyimpulkan cara mengaplikasikan hubungan yang harmonis antar manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral. | · Mendeskripsikan hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral · Mengidentifikasi makna manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral · Mengidentifikasi ciri-citi makhluk sosial dan makhluk ekonomi yangbermoral · Mewujudkan hubungan yang harmonis antarmanusia sebagai makhluk sosial & ekonomi yang bermoral | Tes Lisan Tes tulis Tes tulis Observasi | Daftar pertanyaan Tes Uraian Tes pilihan ganda Lembar Observasi | Coba berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari kegiatan manusia sebagai makhluk sosial Jelaskan makna manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral! Berikut ini yang bukan ciri-ciri makhluk sosial adalah : a. saling tolong menolong b. setia kawan dan toleransi c. individual dan egois d. simpati dan empati Lakukan pengamatan pada warga di sekitar tempat tinggalmu kegiatan sosial apa yang dilakukan | 8 JP | Guru Buku Materi Yang relefan Lingkungan sekolah Lingkungan Keluarga Lingkungan masyarakat |
3.2. Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari | Pemanfaatan sumber daya ekonomi Tindakan ekonomi Pengertian motif dan prinsip ekonomi macam-macam motif dan prinsip ekonomi. Kegiatan/tindak-an ekonomi sehari-hari berdasar motif dan prinsip ekonomi. Manfaat/prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. | Mendiskusikan perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber daya Mendiskusikan tindakan ekonomi rasional yg dila-kukan manusia Mendiskusikan pengertian motif dan prinsip ekonomi Membaca literatur dan mendiskusikan macam – macam motif dan prinsip Ekonomi Mendiskusikan tentang contoh-contoh dan pentingnya kegiatan / tindakan ekonomi yang berdasarkan motif dan prinsip ekonomi Tanya jawab tentang manfaat/ pentingnya prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. | · Mendeskripsikan perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya · Mendeskripsikan berbagai tindakan ekonomi rasional yang dilakukan manusia · Mendefinisikan pengertian motif dan prinsip ekonomi. · Mengidentifikasi macam-macam motif dan prinsip ekonomi. · Mengaplikasikan kegiatan / tindakan ekonomi sehari-hari berdasar motif dan prinsip ekonomi. · Mengidentifikasi manfaat /pentingnya prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. | Tes Lisan Tes tulis Tes tulis Tes tulis Observasi Tes tulis | Daftar pertanyaan Tes Isian Tes Uraian Tes pilihan ganda Lembar Observasi Tes Uraian | Bagaimana sikap kita dalam memanfaatkan sumberdaya yang terbatas ? Salah satu tindakan ekonomi yang rasional yg dpt kita lakukan adalah ... . Jelaskan pengertian motif ekonomi. Pada umumnya motif ekonomi yang dilakukan manusia adalah karena ... . a. kebutuhan b. keuntungan c. sosial d. penghargaan Amatilah kegiatan penduduk disekitarmu! Buatlah laporan tentang kegiatan sehari-hari yang dilakukan berdasarkan motif ekonomi! Tentukan 5 macam kegiatan ekonomi yang dilakukan seseorang dalam kehidupan sehari-hari yang berdasarkan prinsip ekonomi. | 6 JP | Guru PS Ekonomi Buku Materi yg relevan Keluarga Lingkung an masya rakat |
Silabus
Sekolah : SMP ............
Kelas : VII (tujuh)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester : 2(dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1. Menggunakan peta, atlas,dan globe, untuk mendapat-kan informasi keruangan | Pengertian peta, atlas, dan globe. Jenis peta dan bentuk peta. Penggunaan indeks, daftar isi, garis lintang dan bujur, serta keterangan tepi pada peta, atlas, dan globe untuk mencari informasi geografis pada peta. Skala peta. Memperbesar dan memper-kecil peta. | Menyimpulkan perbedaan antara peta, atlas, dan globe. Mengamati berbagai jenis dan bentuk peta. Mengamati peta, atlas, dan globe tentang informasi geografis yang ada di dalamnya. · Menelaah arti berbagai jenis skala yang terdapat pada peta. Praktik memperbesar dan memperkecil peta dengan garis-garis koordinat. | · Membedakan peta, atlas, dan globe. · Mengidentifikasi jenis,bentuk dan pemanfaatan peta. · Mengidentifikasi informasi geografis dari peta, atlas dan globe. · Mengartikan berbagai skala. · Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat | Tes tulis Tes tulis Tes unjuk kerja Tes tulis Tes unjuk kerja | Tes Uraian Tes Uraian Tes identifikasi Tes Uraian Petik uji kerja produk | Jelaskan perbedaan peta dan atlas. Jelaskan perbedaan peta umum dengan peta khusus ! Carilah kota Ampenan pada Atlasmu dengan menggunakan indeks . Pada peta yang bersksla 1 : 5.000.000 jarak kota A ke B hádala 5 centimeter. Berapakah jarak sebenarnya? Pilihlah peta salah satu pulau di Indonesia dalam atlasmu, kemudian perbesarlah 2 kali! | 8 JP | Peta Atlas Globe LKS CD Buku geografi yang relevan. |
4.2. Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggam barkan obyek geografi | Sketsa wilayah dan obyek geografi. Menentukan skala peta. Simbol-simbol geografi pada peta. | Membuat sketsa wilayah dan obyek geografi dari peta atau observasi lapangan. Menghitung dan menentukan skala peta. Menentukan simbol-simbol geografi dapa peta. | · Membuat sketsa wilayah dan obyek geografi. · Menentukan skala peta. · Menentukan simbol-simbol geografi pada peta. | Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja. | Uji petik kerja produk Tes identifikasi Tes identifikasi | Buatlah sketsa tempat tinggalmu! Tentukan skala sketsa yang telah kamu buat! Tentukan simbol-simbol obyek yang ada di lingkungan tempat tinggalmu dan tempatkan pada sketsa yang telah kamu buat. | 4 JP | Peta Atlas Globe LKS Buku geografi yang relevan. |
4.3. Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk | Deskripsi kondisi geografis suatu wilayah pada peta. Deskripsi kondisi peduduk suatu wilayah. Kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk. | Membaca peta tentang kondisi geografis suatu wilayah. Mendiskusikan keadaan penduduk suatu wialayah pada peta. Diskusi tentang kaitan antara keadaan geografis dengan keadaan penduduk. | · Mendeskripsikan kondisi geografis suatu wilayah pada peta. · Mendeskripsikan kondisi penduduk suatu wilayah. · Menganalisis kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk. | Tes tulis Tes unjuk kerja Penugasan | Tes Uraian Uji petik kerja produk Tugas proyek | Perhatiakan peta Pulau Sumatera. Jelaskan relief Pulau Sumatera agian timur! Buatlah peta persebaran penduduk daerah tempat tinggalmu! Amatilah keadaan kepadatan penduduk pada kondisi geografis tertentu (misalnya: di pantai, dataran rendah, pegunungan) | 4 JP | Peta Indonesia Atlas LKS Buku sumber yang relevan |
4.4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan. | Sifat fisik atmosfer. Unsur-unsur cuaca dan iklim. Tipe-tipe hujan. Faktor yang mempengaruhi suhu udara. Proses terjadinya angin dan jenis-jenis angin. Siklus hidrologi. Jenis-jenis air permukaan dan air tanah. Zona laut menurut letak dan keda-lamannya. Batas wilayah laut. | Mengamati dan tanya jawab tentang keadaan udara di luar kelas untuk menyimpulkan sifat-sifat fisik udara. Tanya jawab tentang sifat fisik atmosfer serta unsur-unsur cuaca dan iklim. Mengamati gambar dan tanya jawab tentang tipe-tipe hujan. Menghitung suhu suatu daerah berdasarkan ketinggian di atas permukaan air laut. Pengamatan gambar dan tanya jawab tentang proses terjadinya angina jenis-jenis angina, dan contoh-contohnya. Pengamatan gambar dan tanya tentang siklus hidrologi. Pengamatan langsung atau gambar tentang bentuk-bentuk tubuh air. Pengamatan gambar dan peta serta tanya jawab tentang zona laut menurut letak (laut pedalaman, laut tepi, laut tengah) dan kedalamannya (litoral, batial dan abisal). Pengamatan peta tentang batas-batas wilayah laut. | · Mendeskripsikan sifat-sifat fisik atmosfer. · Mendiskripsikan cuaca dan iklim. · Mengidentifikasi tipe hujan (orografis, zenithal, frontal). · Menghitung suhu suatu daerah berdasarkan ketinggian di atas permukaan air laut. · Menganalisis proses terjadinya angin dan memberikan contoh-contohnya. ·Mendeskripsikan siklus hidrologi dan bagian-bagiannya. ·Mengklasifikasikan bentuk-bentuk tubuh air permukaan dan air tanah serta pemanfaatannya. ·Mendiskripsikan zona laut menurut letak (laut pedalaman, laut tepi, laut tengah) dan kedalamannya (litoral, batial, abisal). ·Menafsirkan pengertian batas landas kontinen, laut territorial, dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dan menunjukkannya pada peta. | Tes lisan Tes tulis Penugasan Tes tulis Tes unjuk kerja Portofolio Unjuk kerja Tes unjuk kerja Tes lunjuk kerja | · Daftar pertanyaan · Tes Uraian · Tugas rumah Tes Uraian Uji petik kerja produk Karya Uji petik kerja produk. Tes identifikasi Tes identifikasi | · Sebutkan sifat-sifat fisik udara ! · · Tuliskan 5 unsur cuaca dan iklim! · Buatlah gambar proses terjadinya , hujan zenithal, hujan orografis, hujan frontal (pilih salah satu) ¡ Hitunglah suhu udara di kota Bogor yang terletak pada ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Buatlah gambar proses terjadinya angin fohn, angin darat dan laut, angin gunung dan lembah (pilih salah satu) ¡ Buatlah gambar siklus hidrologis dan bagian-bagiannya! Sebutkan jenis-jenis air permukaan! Tunjukkan pada peta, laut-laut yang termasuk dangkalan sahul! Jelaskan apa yang dimaksud dengan laut teritorial! | 8 JP | Peta Indonesia Atlas LKS Buku sumber yang relevan Peta arah angin muson di Indonesia Gambar-gambar. |
Standar Kompetensi : 5. Memahaami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Buddha sampai masa Kolonial Eropa.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.1 Mendeskripsikan perkem-bangan masyara-kat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Hindu-Buddha serta peninggalan-pening-galannya. | Peranan perdagangan bagi masuk dan berkembangnya agama Hindu dan Buddha ke Indonesia Peta daerah yang di pengaruhi unsur Hindu dan Buddha Perkembangan kerajaan Hindu Buddha (Kutai, Taruma Negara, Mata-ram kuno, Sriwijaya,Kedi-ri,Singasari, dan Majapahit). Peninggalan –peninggalan sejarah Kerajaan yang bercorak Hindu dan Buddha | Membaca referensi dan mengamati atlas sejarah tentang masuk dan berkembangnya agama Hindu Buddha di Indonesia Mengamati peta daerah yang dipengaruhi unsur Hindu dan Buddha Membaca referensi dan mengamati gambar menyusun secara kronologi perkembagan kerajaan Hindu dan Buddha Mengamati gambar untuk mengenal peninggalan –peninggalan sejarah kerajaan –kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia | · Mendeskripsikan masuk dan berkembangnya agama Hindu dan Buddha di Indonesia · Menunjukkan pada peta daerah-daerah yang dipengaruhi unsur Hindu Buddha di Indonesia · Menyusun kronologi perkembangan kerajaan Hindu-Buddha ke berbagai wilayah Indonesia · Mengidentifikasi dan memberi contoh peninggalan-peninggalan sejarah kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Buddha di berbagai daerah | Tes tulis Penugasan Tes tulis Penugasan | Tes Uraian Tugas rumah Tes pilihan ganda Tugas rumah | Jelaskan proses masuknya agama Hindu dan Buddha ke Indonesia Kumpulkan gambar peninggalan kerajaan Hindu Buddha dan kelompokkan seuai corak keagamaannya ! Kerajaan Sriwijaya dapat berkembang besar karena berbagai faktor diantaranya ialah... a. wilayahnya sangat luas b. hasil hutannya melimpah c. memiliki angkatan laut yang luas d. berhasil menarik pajak dari pedagang luar negeri Kumpulkan gambar –gambar peninggalan sejarah kerajaan –kerajaan Hindu dan Buddha dan kelompokkan masing –masing sesuai corak agamanya | 6 JP | Buku sumber yang relevan Atlas sejarah Foto dan gambar Benda reflika Musium Situs sejarah |
5.2 Mendeskripsikan perkem-bangan masyara-kat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia, serta pening-galan-pening-galannya. | Proses masuk dan berkembangnya agama Islam melalui aktivitas pelayaran dan perdagangan antara Asia Barat, India dan Cina. Saluran-saluran Islamisasi di Indonesia Cara yang digunakan oleh Wali Songo/Ulama lainnya dalam menyebarkan Islam. Peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Inndonesia Kronologi perkembangan kerajaan Islam di berbagai wilayah Indonesia Contoh peninggalan –peninggalan sejarah bercorak Islam di berbagai daerah | Mengamati peta dan gambar-gambar untuk mendeskripsikan masuk dan berkemangnya agama Islam ke Indonesia Diskusi tentang saluran-saluran Islamisasi di Indonesia Tanya jawab tentang cara yang digunakan oleh Wali Songo/Ulama lainnya dalam menyebarkan Islam. Membaca dan mengamati peta jalur penyebaran Islam serta diskusi membahas daerah-daerah yang dipengaruhi agama Islam Dengan membaca referensi membahas perkembangan kerajaan Islam di berbagai wilayah Indonesia Dengan mengamati gambar-gambar dan bertanya jawab tentang peninggalan sejarah bercorak Islam di berbagai daerah di Indonesia. | · Melacak proses masuk dan berkem-bangnya agama Islam ke Indonesia · Mendiskrepsikan saluran-saluran Islamisasi di Indonesia · Menjelaskan cara yang digunakan oleh Wali Songo/Ulama lainnya dalam menyebarkan Islam. · Membaca dan membuat peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Indonesia · Menyusun kronologi perkem-bangan kerajaan Islam di berbagai wilayah Indonesia · Mengidentifikasi dan memberi contoh peninggalan-peninggalan sejarah bercorak Islam diberbagai daerah | Tes tulis Tes tulis Tes tulis Penugasan Tes tulis Penugasan | TesPilihan Ganda Tes uraian Tes Uraian Tugas rumah Tes Uraian Tugas rumah | Masuknya agama Islam di Indonesia diantaranya terjadi melalui.... a.proses perdagangan b.perluasan wilayah c.perebutan pengaruh d.pengembangan kebudayaan Jelaskan salura-saluran Islamisasi di Indonesia! Jelaskan peranan Sunan Gunung jati dalam proses awal perkembangan Islam Buatlah peta jalur penyebaran Islam dan berilah batas –batas daerah-daerahyang dipengaruhi agama Islam Jelaskan faktor-faktor penyebab kerajaan Aceh dapat berkembang pesat Kumpulkan gambar-gambar peninggalan sejarah bercorak Islam lakukan pemajangan | 8 JP | Buku sumber yang relevan Atlas Sejarah Foto Fo /gambar peniggalan bercorak Islam Ensiklopedi Islam Musium Situs sejarah |
5.3 Mendeskripsikan perkem-bangan masyara-kat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa | Proses masuknya bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia Cara-cara yang digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya Reaksi Bangsa Indonesia terhadap bangsa Eropa; perlawanan terhadap Portugis, Spanyol dan VOC Mendeskripsikanperkembangan masyarakat,kebudayaan dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa | Melacak proses masuknya bangsa-bangsa Eropa dengan mengamati peta penjelajahan samodra Membaca buku referensi tentang cara-cara yang digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya Membaca referensi dan mengamati gambar-gambar perlawanan terhadap Portugis ,Spanyol dan VOC Membaca referensi tentang perkembangan kehidupan masyarakat ,kebudayaan dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa | · Menguraikan proses masuknya bangsa–bangsa Eropa ke Indonesia · Mengidentifikasi cara- cara yang digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya · Mengidentifikasi reaksi bangsa Indonesia terhadap bangsa Eropa · Mendiskripsikan perkembangan kehidupan masyarakat, kebudayaan ,dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa | Tes Tulis Tes Tulis Penugasan Tes tulis | Tes Uraian Tes Uraian Tugas rumah Tes Uraian | Jelaskan tujuan kedatangan bangsa-bangsa datang ke Indonesia Jelaskan cara –cara yang digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya Kumpulkan foto/gambar perlawanan terhadap Portugis, Spanyol dan VOC dan buatlah mading dan urutkan kronologis Bandingkan perbedaan kehidupan pemerinthan sebelum dan sesudah masa kolonial Eropa | 6 JP | BuBuku sumber yang relevan Atlas Sejarah Foto/ gambar |
Standar Kompetensi : 6. memahami kegiatan ekonomi masyarakat.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.1 Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan, dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi. | · Penggunaan lahan : Macam-macam mata pencaharian penduduk. Kaitan bentuk muka bumi dengan penggunaan lahan. Bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan perkotaan. Pola permukiman penduduk (mengikuti alur sungai, jalan dan pantai). Kaitan bentang lahan dengan persebaran permukiman penduduk. | · Mencari informasi dari buku sumber atau media belajar lain tentang macam-macam mata pencaharian penduduk. · Tanya jawab kaitan bentuk muka bumi dengan penggunaan lahan. · Mengamati peta tata guna lahan dan tanya jawab tentang penggunaan lahan di pedesaan dan perkaotaan.. · Mengamati gambar dan tanya jawab tentang pola permukiman penduduk (mengikuti alur sungai, jalan, pantai). · Tanya jawab tentang kaitan bentang lahan dengan persebaran permukiman penduduk.serta alasan penduduk bermukim di suatu lokasi. | · Mengidentifikasi mata pencaharian penduduk (pertanian, non pertanian). · Mendeskripsikan bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan perkotaan. · Mendeskripsikan pola permukiman penduduk (mengikuti alur sungai, jalan, pantai). · Mendiskripsikan persebaran (agihan) permukiman penduduk di berbagai bentang lahan dan mengungkapkan alasan penduduk memilih bermukim di lokasi tersebut · Mendeskripsikan bentang lahan dengan persebaran permukiman penduduk. | · · Tes lisan Tes lisan · Tes tulis · Non tes Tes tulis | · Daftar pertanyaan Daftar pertanyaan · Pilihan Ganda Rubrik Tes Uraian | · Sebutkan macam-macam mata pencaharian penduduk non pertanian ! Jelaskan penggunaan lahan di daerah dataran rendah! · Pola pemukiman penduduk di daerah sekitar alur sungai adalah …. a.memusat b.menyebar c.memanjang d.melingkar Buatlah gambar 3 pola pemukiman penduduk ! Jelaskan mengapa daerah dataran rendah lebih padat dibanding dengan pegunungan? | 6 JP | · · Gambar kaitan bentuk muka bumi dengan penggunaan lahan. · · Gambar pola-pola permukiman penduduk. · Peta persebaran permukiman penduduk. · LKS · CD Buku geografi yang relevan. |
6.2. Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi, yang meliputi kegiataan konsumsi, produksi, dan distribusi barang /jasa | Kegiatan Pokok ekonomi. Pengertian konsumsi dan jenis barang-barang yang dikonsumsi siswa dan keluarga (harian, mingguan, dan bulanan ) Skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan sebagai siswa. Aspek- aspek positif dan negatif perilaku konsumtif seseorang. · faktor-faktor yang mempenga-ruhi konsumsi seseorang Pengertian produksi dan sumber daya ekonomi Macam-macam sumber daya ekonomi Etika ekonomi dalam memanfaatkan fak tor-faktor produksi dalam kehidupan satu uaha/bisnis Usaha-usaha untuk mening-katkan jumlah dan mutu hasil produksi (bidang Pengertian dan tujuan distribusi Sistem distribusi beserta contohnya (langsung, tidak langsung dan semi langsung) Etika ekonomi dalam kegiatan distribusi yang memenuhi unsur keadilan dan pemerataan. Pengertian usaha, perusahaan dan badan usaha | Membaca buku referensi dan mendiskusikan pengertian dan macam- macam kegiatan pokok ekonomi Mendiskusikan pengertian Konsumsi dan jenis- jenis barang yang dikonsumsi siswa dan keluarganya Tanya jawab tentang skala prioritas dalam meme- nuhi kebutuhan Mendiskusikan aspek positif dan negatif perilaku konsumtif Tanya jawab tentang faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi Seseorang Mendiskusikan pengertian Produksi dan sumber daya Ekonomi Tanya jawab macam- macam sumber daya ekonomi Mendiskusikan etika ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi Mendiskusikan tujuan peningkatan jumlah dan mutu hasil produksi Mendiskusikan makna distribusi, tujuan distribusi Tanya jawab tentangi sistem distribusi Mendiskusikan etika ekonomi dalam melakukan distribusi Mendiskusikan penger- tian usaha, perusahaan dan badan usaha, dan memberikan contohnya. | · Mendefinisikan penger- tian dan macam-macam kegiatan ekonomi. · Mendefinisikan pengertian konsumsi dan jenis barang-barang yang dikonsumsi siswa dan keluarga ( harian, mingguan dan bulanan ). · Menyusun skala pri- oritas dalam meme- nuhi kebutuhan sebagai siswa. · Mengidentifikasi aspek- aspek positif dan negatif perilaku konsumtif seseorang. · Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi seseorang. · Mendefinisikan pengertian produksi dan sumber daya ekonomi · Mengklasifikasi macam-macam sumber daya ekonomi · Mengidentifikasi etika ekonomi dalam memanfaatkan fak tor-faktor produksi dalam kehidupan suatu usaha/bisnis · Mengidentifikasi usaha-usaha yang dapat dilakukan guna meningkatkan jumlah dan mutu hasil produksi (bidang industri dan pertanian ) baik melalui intensifikasi maupun ekstensifikasi · Mendefinisikan pengertian dan tujuan distribusi · Mengklasifikasi sistem distribusi beserta contohnya (langsung, tidak langsung dan semi langsung) · Melakukan kegiatan yang menggambarkan contoh etika ekonomi dalam kegiatan distribusi yang memenuhi unsur keadilan dan pemerataan. · Mendefinisikan pe ngertian usaha, perusahaan dan badan usaha | Tes tulis Tes lisan .Penugasan Penugasan Tes tulis Tes Lisan Tes tulis Tes tulis Tes tulis Tes Lisan Penugasan Observasi Tes tulis | Isian Daftar pertanyaan Tugas rumah Tugas rumah Pilihan Ganda Isian Isian Tes Uraian Tugas Rumah Daftar pertanyaan Tes Uraian Tugas Rumah Tes Uraian | Kegiatan pokok ekonomi adalah a)............... b) ................ c) ......... Jelaskan pengertian konsumsi Susunlah daftar konsumsi yang dibutuhkan siswa, kemudian susunlah berdasarkan sk ala prioritas. Susunlah dafatar konsumsi yang dibutuhkan keluarga di rumahmu , menurutmu bagaimana hubungan nya dgn sikap komsumtif di keluargamu. Berikut ini yang bukan termsuk faktor-faktor yang mempengaruhi pola konsumsi seseorang adalah ... a. penghasilan per bulan b. jumlah anngota keluarga c. pendidikan dan lingkungan d. keinginan untuk maju Pengertian produksi adalah ... . Sumberdaya ekonomi ada empat macam yaitu : a. ............ b. ............. c. ............ d. ............. Etika ekonomi dalam meman faatkan sumber daya ekonomi dapat dilakukan dgn cara bagaimana ? Peningkatan mutu dan jumlah hasil produksi dapat dilakukan dengan beberapa cara, sebutkan. Sebutkan tujuan distribusi Ada tiga sistim distribusi, sebutkan dan jelaskan masing-masing Bentuk etika ekonomi yang bagaimana dalam melakukan kegiatan distribusi ? Jelaskan perbedaan perusahaan dengan badan usaha | 8 JP | Toko/warung di sekitar sekolah Sentra-sentra usaha yang ada di sekitar sekolah dan masyarakat tempat tinggal siswa keluarga Jalan raya Pasar Lingkungan sekolah |
6.3. Mendes-kripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi | Macam- macam badan usaha. (menurut pemilik modal, lapangan usaha banyaknya pekerja dan menurut bentuk hukum) Tujuan badan usaha(milik negara/daerah, milik swasta, koperasi) Pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam berbisnis Kriteria badan usaha yang dikelola secara profesional dan manusiawi. Peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi | Membaca literatur selanjutnya mendiskusikan jenis-je nis badan usaha menurut pemi lik modal, la pangan usaha, jumlah pekerja serta menurut bentuk hukum /yuridis Tanya jawab tentang misi/tujuan BUMN / BUMD, BUMS dan Koperasi Mendiskusikan beberapa pertimba ngan yang perlu diperhatikan dalam berbisnis Tanya jawab tentang kriteria badan usaha yang dikelola secara profesional dan manusiawi. Mendiskusikan peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi | · Mendeskripsikan macam- macam badan usaha. (menurut pemilik modal, lapangan usaha banyaknya pekerja dan menurut bentuk hukum) · Mengidentifikasi misi/tujuan badan usaha(milik negara /daerah, milik swasta, koperasi) · Mengidentifikasi beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam berbisnis · Mengidentifikasi badan usaha yang dikelola secara profesional dan manusiawi · Mendeskripsikan peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi | Tes Lisan Tes tulis Tes tulis Tes tulis Penugasan | Daftar Pertanyaan Tes pilhan ganda. Tes uraian Tes uraian PR | Susunlah macam-macam badan usaha menutut bentuk hukumnya yang ada di sekeliling tempat tinggalmu / daerahmu Berikut ini yang bukan prinsip koperasi adalah ... . a. keanggotaan sukarela b. pengelolaan demokratis c. pembagian d. dilakukan secara mandiri Jelaskan tujuan pemerintah mendirikan badan usaha. Sebutkan 4 pertimbangan yang perlu diperhatikan ketika seseorang akan mendirikan perusahaan (berbisnis) Sebutkan peranan pemerintah sebagai pengatur dan pelaku kegiatan ekonomi | 6 JP | Guru Ekonomi Buku Materi Koperasi / kantin sekolah Pasar BUMN/ BUMS yang ada di wila-yah masing-masing daerah Guru Buku yg relevan Contoh benda hasil kreatifitas Contoh jasa hasil kreatifitas |
6.4. Menggunakan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan | Kreativitas dalam tindakan ekonomi. Pentingnya inovasi dan syarat-syarat inovasi dalam kehidupan sehari-hari. Proses kemandirian dalam usaha meningkatkan kesejahteraa Praktik kreatifitas dan inovasi. Gagasan dan berlaku kreatif, Inovatif dan kemandirian dalam kehi- dupan ekonomi | Mendiskusikan pengertian kreatif dan contoh aplikasinya dalam tindakan ekonomi Tanya jawab tentang inovatif dan manfaatnya Mendiskusikan pengertian mandiri, kemandirian dan usaha-usaha yang dilakukan agar mampu melakukannya Mengklasifikasi hasil produktifitas dan inovasi Mendiskusikan hasil ekonomi yang kreatif dan inovatif | · Mendefinisikan pengertian kreatif dan proses kreatifitas dalam tindakan ekonomi · Mendefinisikan pengertian inovatif dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang mampu mendorong peningkatan kesejahteraan · Mengidentifikasi proses kemandirian dalam usaha meningkatkan kesejahteraan · Berlatih mengerjakan sendiri dan kreatifitas dan inovasi yang direncakan · Membuat produk berupa barang/ jasa dari sumber daya yang dimiliki. | Tes tulis Tes lisan Penugasan Tes tu;lis Tes unjuk kerja | Tes Uraian Daftar pertanyaan Tugas rumah Tes uraian Uji Petik kerja produk | Jelaskan arti kreatif dan kreatifitas dalam tindakan ekonomi Perlukah inovatif bagi seseorang dan kenapa ? Bentuk kreatifitas apakah yang kamu lakukan agar kamu sukses dan naik kelas ? Proses kemandirian harus dimulai dari diri sendiri, dari mana kamu mulai hidup mandiri ? Buatlah salah satu produk yang me-rupakan bentuk kreatifitas kamu sebagai siswa (taplak meja, hiasan dinding, bunga-bungaan, dan wayang) | 6 JP |