CONTOH SILABUS
Sekolah : S M P
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1. Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan dan olah raga beregu bola besar dengan baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan **) | Sepak Bola Bola Voli Bola Basket | · Mengumpan,menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta serta menahan dengan telapak kaki secara berpasangan atau kelompok · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi · Passing atas dan bawah dalam bola volisecara berpasangan atau kelompok · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi · Passing bola dari (dada,pantul dan atas kepala) secara berpasangan atau kelompok · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk siksp menghargai lawan | · Mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi · Melakukan passing atas dan bawah bolavoli · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi · Melakukan passing bola dari (dada, pantul dan atas kepala) · Bermain bola basket dengan peraturan yang dimodifikasi | Tes Tes Tes Tes Tes Tes | Tes keterampilan (un juk kerja) Tes sikap. Tes keteram- pilan (unjuk kerja) Tes sikap Tes kete- rampilan Tes sikap | Lakukan mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki Observ. Tes passing Observ. Lakukan passing bola dari (dada, pantul dan atas kepala) Observ. | 4x40 menit | Buku teks, Buku refernsi, bolavoli,bola kaki,bolabasket,net,lapangan. |
1.2. Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan dan olah raga beregu bola keci dengan baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan **) | Bulu Tangkis Soft Ball Tenis Meja Tennis | ·Memegang raket, pukulan servis danpukulan forehand, berpasangan atau kelompok · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerja sama dan toleransi · Menangkap dan melempar bola,berpasangan atau kelom-pok · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai keberanian dan percaya diri · Memegang bat,pukulan servis, dan pukulan forehand,berpas angan atau kelompok · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerja sama dan toleransi · Memegang raket dan pukulan forehand, berpasangan atau-kelompok · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerja sama | · Memegang raket untuk servis dan pukulan forehand · Bermain bulu tangkis dengan peraturan yang dimodifikasi · Menangkap dan melempar bola (datar, lambung, mengulir) · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi · Memgang bat untuk se-rvis dan pukulan forehand · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi · Memegang raket dan pukulan forehand · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi | Tes Tes Tes Tes Tes Tes Tes Tes | Tes keterampi lan Tes sikap Tes keteram pilan (unjuk kerja) Tes sikap Tes keterampi lan Tes sikap Tes keterampi Lan Tes sikap | Lakukan memegang raket, servis, puku- lan forehand Observ. Lakukan menangkap dan melempar bola (datar, lambung, mengulir) Observ. Lakukan memgang bat untuk servis dan pukulan forehand Observ. Lakukan memegang raket, pukulan forehand Observ. | 4x40 menit | Buku teks, buku refernsi,bulu-tangkis,soft-ball,tenis me-ja,tennis,lap-angan,net,ra-ket,bat,bola, lapangan |
1.3. Mempraktikkan teknik dasar atletik serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan **) | Lari Jarak Pendek 50M Lompat Jauh Gaya Jongkok Tolak Peluru Awalan Menyam- ping Lempar Cakram Awalan Menyam- ping | · Berlari dengan menekankan pa da gerakan kaki, lengan, posisi badan dan pendaratan telapak kaki · Lomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi · Menolak tanpa awalan,posisi di di udara dan mendarat · Lomba lompat jauh dengan per-aturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai percaya diri dan keberanian · Posisi awalan, memegang dan menolak peluru · Lomba tolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi un- tuk menanamkan sikap menjaga keselamatan diri dan orang lain · Posisi awalan,memegang dan melempar cakram · Lomba lempar cakram dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan sikap menjaga keselamatan diri dan orang lain | · Melakukan teknik lari (gerakan kaki, lengan, posisis badan, pendaratan telapak kaki) · Lomba lari dg peraturan yang dimodifikasi · Melakukan teknik dasar menolak tanpa awalan · Teknik dasar di udara · Teknik dasar mendarat · Melakukan lomba lompat jauh dengan peraturan yang dimodifikasi · Melakukan posisi awalan · Melakukan teknik dasar memegang peluru dan menolak · Melakukan lomba menolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi · Melakukan posisi awalan · Melakukan teknik dasar memegang dan melempar cakram · Melakukan lomba lempar cakram dengan peratu ran yang dimodifikasi | Tes Tes Tes Tes Tes Tes Tes Tes | Tes keterampi lan Tes sikap Tes keterampi lan Tes sikap Tes keterampi lan Tes sikap. Tes keterampi lan Tes sikap. | Lakukan tes lari jarak 50 m Observ. Lakukan lompat jauh Observ. Lakukan tolak peluru awalan menyamping Observ. Lakukan lemparcakram awalan menyamping Observ | 2x40 menit | Buku teks, buku refernsi, lapangan,st- art block,pe- luru,cakram, lembing (ya- ng dimodifi – kasi ) |
1.1. Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan olah raga bela diri dengan baik serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri **) | Pencak Silat Karate Judo | · Melakukan dasar kuda-kuda,dan teknik dasar langkah · Merangkai teknik dasar kuda kuda dan langkah berpasang- an untuk menanamkan nilai ke- beranian dan menghormati lawan · Melakukan teknik dasar kuda-kuda,dan teknik dasar langkah · Merangkai teknik dasar kuda kuda dan langkah berpasang- an untuk menanamkan nilai ke- beranian dan menghormati law-an · Melakukan teknik dasar langkah dan jatuhan · Merangkai teknik langkah dan jatuhan untuk menanamkan ni- lai keberanian dan menghormati lawan | · Melakukan teknik dasar kuda-kuda · Melakukan teknik dasar langkah · Merangkai teknik dasar kuda-kuda dan langkah · Melakukan teknik dasar kuda-kuda dan langkah · Merangkai teknik dasar kuda-kuda dan langkah · Melakukan teknik dasar langkah dan jatuhan · Merangkai teknik dasar langkah dan jatuhan | Tes Tes Tes Tes Tes Tes | Tes keterampi lan Tes sikap Tes kete- rampilan Tes sikap Tes kete- rampilan Tes sikap | Lakukan tes kuda-ku kuda,langkah, dan gerak rangkai Observ. Lakukan teknik dasar kuda- kuda,langkah, dan gerak rangkai Observ. Lakukan teknik dasar langkah, jatuhan, dan gerak rakrangkai Observ. | 2x40 | Buku teks, buku refernsi, lapangan,pe-lindung ba- dan,matras |
Standar Kompetensi : 2. Mempraktikan latihan kebugaran jasmani,dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1. Mempraktikkan jenis latihan kekuatan dan day atahan otot serta nilai disiplin dan tanggungjawab 2.2. Mempraktikkan latihan daya tahan jantung dan paru-paru, serta nilai disiplin dan tanggungjawab | Kebugaran Jasmani | · Latihan kekuatan dan daya tahan oto kaki,berpasangan atau kelompok untuk penana- man disiplin dan tanggung jawab · Latihan kekuatan dan daya tahan oto kaki,berpasangan atau kelompok untuk penenaman nilai keberanian dan tanggung jawab · Latihan lari jarak menengah atau lari 12 menit dan untuk menanamkan nilai disiplin dan tang gung jawab | · Melakukan latihan kekuatan dan daya tahan otot kaki · Melakukan latihan kekuatan dan daya tahan lengan, bahu dan dada · Melakukan bentuk latihan kebugaran jasmani dengan lari jarak menengah atau lari 12 menit | Tes Tes Tes | Tes kete- rampilan Tes sikap Tes kete- rampilan | Lakukan bentuk latihan kekuatan, daya tahan otot lengan dan kaki Observ. Lakukan tes kesegaran jasmani (TKJI) | 2x40 menit | Buku teks, buku refe- rensi,matras |
Standar Kompetensi : 3. Mempraktikan senam dasar dengan teknik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1. Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu pada kaki, serta nilai disiplin, keberanian, dan tanggungjawab 3.2. Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu selain kaki serta nilai disiplin, keberanian dan tanggungjawab | Senam Dasar Senam Dasar | · Berdiri dengan satu kaki,melompat menggunakan satu kaki dan berjalan pada titian dan untuk menanamkan nilai keberanian · Melakukan sikap lilin,berdiri dengan tangan dan dahi secara berpasangan atau kelompok untuk menanmkan nilai keberanian dan tanggung jawab | · Berdiri dengan satu kaki dari sikap jongkok · Melompat menggunakan satu kaki · Berjalan pada titian yang dipasang melintang (bangku senam) · Melakukan sikap lilin · Berdiri dengan tangan · Berdiri dengan dahi | Tes Tes Tes Tes | Tes kete - rampilan Tes sikap Tes kete- rampilan Tes sikap | Lakukan berdiri dengan satu kaki,melom- pat dengan satu kaki dan berjalan pada titian Observ. Lakukan sikap lilin, berdiri dengan tangan, dan dahi Observ. | 2x40 menit 2x40 menit | Buku teks, buku refe- rensi, matras |
Standar Kompetensi : 4.Mempraktikan senam irama tanpa alat, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1. Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat, gerak langkah kaki mengikuti irama, serta nilai disiplin, estetika, toleransi dan keluwesan 4.2 Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat, gerak mengayun satu lengan mengikuti irama, serta nilaii kedisiplinan, estetika, toleransi dan keluwesa | Senam Irama Tanpa Alat | · Melakukan gerak langkah kaki biasa,rapat, keseimbangan,secara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai tolerasni dan keluesan · Melakukan ayunan satu lengan depan ,belakang dan sam-ping secara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai tolerasni dan keluesan · Melakukan teknik dasar ayunan satu lengan ke samping bersamaan memindahkan berat badansecara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai tolerasni dan keluesan | · Melakukan teknik dasar langkah kaki biasa · Melakukan teknik dasar langkah kaki rapat · Melakukan teknik dasar langkah keseimbangan · Melakukan teknik dasar ayunan satu lengan depan, belakang dan samping · Melakukan teknik dasar ayunan satu lengan ke samping bersamaan memindahkan berat | Tes Tes Tes Tes | Tes kete - rampilan Tes sikap Tes kete- rampilan Tes sikap | · Lakukan gerak langkah kaki biasa, rapat, keseimbangan,secara Observ. Lakukan Observ. | 2x40 menit | Buku teks, buku refe- rensi, matras,tape, kaset atau CD |
Standar Kompetensi : 5. Mempraktikan teknik dasar renang gaya dada,dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya *)
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.1.Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan 5.2.Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan 5.3.Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki, gerakan lengan dan pernapasan gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan | Renang gaya dada | · Melakukan gerakan kaki renang gaya dada secara berpasangan atau kelompok · Melakukan gerakan lengan renang gaya dada secara berpasangan atau kelompok · Melakukan gerakan kaki,lengan dan pernafasan secara berpasangan atau kelompok | · Melakukan gerakan teknik dasar gerakan kaki renang gaya dada · Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya dada · Melakukan teknik dasar gerakan kaki, lengan dan pernapasan | Tes Tes Tes | Tes kete - rampilan Tes sikap Tes kete - rampilan | Lakukan gerakan kaki,lengan dan pernafasan renang gaya dada Observ. | 3x40 menit | Buku teks, buku refe- rensi,kolam renang |
Standar Kompetensi: 6. Mempraktikan perkemahan dan dasar-dasar penyelamatan di lingkungan sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.1. Mempraktikkan pemilihan tempat yang tepat untuk mendirikan tenda perkemahan, mempraktekkan teknik dasar pemasangan tenda untuk perkemahan di lingkungan secara beregu, serta nilai kerjasama, tanggungjawab dan tenggang rasa 6.2.Mempraktikkan penyelamatan dan P3K terhadap jenis luka ringan serta nilai kerjasama, tanggungjawab dan tenggang rasa | Pendidikan luar kelas | · Melakukan identifikasi tempat untuk mendirikan tenda perke mahan secara kelompok atau regu · Melakukan pertolongan (P3K) terhadap luka lecet,iris,memar, dan tusuk secara berpasangan atau kelompo | · Melakukan identifikasi tempat yang tepat untuk mendirikan tenda perkemahan · Melakukan pertolongan (P3K) terhadap luka lecet, iris, memar dan tusuk | Tes Tes | Tes kete - rampilan Tes kete - rampilan Tes sikap | Lakukan mengidentifikasi lapangan atau tempat mendirikan tenda untuk perkemahan Lakukan pertolongan (P3K) terhadap luka lecet, iris, memar dan tusuk Observ. | 2x40 menit | Buku teks, buku refe– rensi,perala- tan P3K dan lingkungan |
Standar Kompetensi: 7.Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.1.Memahami pola makan sehat 7.2.Memahami perlunya keseimbangan gizi | Kesehatan | · Melakukan identifikasi makanan yang dikonsumsi serta mengan dung unsur zat gizi · Melakukan identifikasi makanan yang dikonsumsi sesuai deng an kebutuhan tubuh | · Mengkonsumsi makanan yang mengandung unsur zat gizi · Mengkonsumsi makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh | Tes Tes | Tes teori | Lakukan identifikasi maakanan apasaja yang mengandung unsur gizi dan yang dapat dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh ! | 1x40 menit | Buku teks, buku refe - rensi,ruang boga |
CONTOH SILABUS
Sekolah : S M P
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : 8. Mempraktikan teknik dasar permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
8.1 Mempraktikkan variasi teknik dasar salah satu nomor olah raga bola besar beregu lanjutan serta nilai kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian **) | Sepak Bola Bola Voli Bola Basket Bulu Tangkis Soft Ball | · Mengumpan,menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta serta menahan dengan telapak kaki secara berpasangan atau kelompok · Melakukan variasi teknik dasar · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi · Melakukan passing atas dan bawah secara berpasangan atau kelompok · Melakukan servis bawah dan smash tanpa awalan secara berpasangan atau kelompok · Melakukan variasi teknik dasar secara berpasangan atau kelompok · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk me nanamkan nilai kerja sama dan keberanian · Melakukanmenggiring, passing bola dari (dada,pantul dan atas kepala) secara berpasangan atau kelompok · Melakukan shooting satu tangan dari depan dada dan lay- up shoot secara berpasangan atau kelompok · Melakukan variasi teknik dasar secara berpasangan atau kelompok · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk siksp menghargai lawan · Melakukan pegangan raket , pukulan servis dan pukulan backhand secara berpasangan atau kelompok · Melakukan variasi teknik dasar · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi · Memgang stick dan memukul (swing dan bunch) secara berkelompok · Melakukan variasi teknik dasar berpasangan atau kelompok · Bermaindengan peraturan yang dimodifikasi | · Mengumpan, menendang dan menggiring bola menggunakan punggung kaki · Melakukan variasi teknik dasar · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi · Melakukan passaing atas dan bawah (penguatan) · Melakukan servis bawah dan smash tanpa awalan · Melakukan variasi teknik dasar · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi · Melakukan menggiring, passing (dada, pantul, dari atas kepala (penguatan) · Melakukan shooting satu tangan dari depan dada dan lay- up shoot · Melakukan variasi teknik dasar · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi · Memegang raket untuk servis dan pukulan backhand · Melakukan variasi teknik dasar · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi · Memgang stick dan memukul (swing dan bunch) · Melakukan variasi teknik dasar · Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi · | Tes Tes Tes Tes Tes Tes Tes Tes Tes Tes | Tes keter- Ampilan (un juk kerja) Tes sikap. Tes keteram- pilan (unjuk kerja) Tes sikap Tes kete- rampilan Tes sikap Tes keteram pilan (unjuk kerja) Tes sikap Tes keteram pilan (unjuk kerja) Tes sikap | Lakukan variasi mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki Observ. Lakukan variasi teknik dasa (passing, servis ,smash tan- pa awalan) Observ. Lakukan variasi teknik dasar (passing bola dari dada, pantul dan atas kepala, shooting satu tangan dari depan dada dan lay-up shoot) Observ. Lakukan variasi pegengan raket dan pukulan servis dan backhand Observ. Lakukan vriasi pegangan stick pukulan swing dan bunch Observ. | 4x40 menit 4x40 menit | Buku tek, Buku refernsi,bolavoli,bola kaki, bolabsket,net,lapangan. buku teks, buku refe- rensi,bat,ra ket,bola te-nis,bola sof tball,lapang ang |