Mengenai Saya

Foto saya
Kami ditampilkan ( oleh : Sugeng Rachmono ) untuk memberikan Informasi dan tugas-tugas kepada siswa kelas tujuh SMPN 1 LECES Kabupaten Probolinggo

PJOK

Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan

CONTOH SILABUS

Sekolah                      :   S M P
Kelas                            :    VII
Mata Pelajaran           :    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                     :    1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

1.1.   Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan dan olah raga beregu bola besar dengan  baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)








Sepak Bola











Bola Voli








Bola Basket





·   Mengumpan,menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta serta menahan dengan telapak kaki secara berpasangan atau kelompok

·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi
                                                
·   Passing atas dan bawah dalam bola volisecara berpasangan atau kelompok

·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi 

·   Passing bola dari (dada,pantul dan atas kepala) secara berpasangan atau kelompok

·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk siksp menghargai lawan

·   Mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki

·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi

·   Melakukan passing atas dan bawah bolavoli

·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
  
  
·   Melakukan passing bola dari (dada, pantul dan atas kepala)

·   Bermain bola basket dengan peraturan yang dimodifikasi

Tes








Tes



Tes



Tes




Tes



Tes


 Tes keterampilan (un juk kerja)






Tes sikap.



Tes keteram- pilan  (unjuk kerja)

Tes sikap




Tes kete- rampilan


Tes sikap


Lakukan mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki



 Observ.



Tes passing



 Observ.



Lakukan passing bola dari (dada, pantul dan atas kepala)


 Observ.
 
4x40
    menit

Buku teks,
Buku     refernsi, bolavoli,bola kaki,bolabasket,net,lapangan.


1.2.   Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan dan olah raga beregu bola keci dengan  baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)

Bulu Tangkis







Soft Ball








Tenis Meja






Tennis











·Memegang raket,  pukulan  servis danpukulan forehand,  berpasangan atau kelompok

·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerja sama dan toleransi

·   Menangkap dan melempar bola,berpasangan atau kelom-pok

·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai keberanian   dan percaya diri

·   Memegang bat,pukulan servis, dan pukulan forehand,berpas angan atau kelompok
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerja sama   dan toleransi

·   Memegang raket dan pukulan forehand, berpasangan atau-kelompok
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerja sama
·   Memegang raket untuk servis dan pukulan forehand

·   Bermain bulu tangkis dengan peraturan yang dimodifikasi

·   Menangkap dan melempar bola (datar, lambung, mengulir)

·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi


·   Memgang bat untuk se-rvis dan pukulan forehand
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi

·   Memegang raket dan pukulan forehand

·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi

Tes



Tes



Tes



Tes




Tes



Tes



Tes


Tes


Tes keterampi
lan


Tes sikap



 Tes keteram pilan (unjuk   kerja)

 Tes sikap




Tes keterampi
lan


Tes sikap



Tes keterampi
Lan

Tes sikap



 Lakukan memegang raket, servis, puku-   lan forehand


Observ.



Lakukan menangkap dan melempar bola (datar, lambung, mengulir)

 Observ.




Lakukan memgang bat untuk servis dan pukulan forehand


 Observ.



 Lakukan memegang raket, pukulan forehand

 Observ.


  4x40
  menit

Buku teks,
buku refernsi,bulu-tangkis,soft-ball,tenis me-ja,tennis,lap-angan,net,ra-ket,bat,bola,
lapangan






















1.3.   Mempraktikkan teknik dasar atletik serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)


Lari Jarak Pendek 50M






Lompat Jauh Gaya Jongkok








Tolak Peluru Awalan Menyam-    ping







Lempar Cakram Awalan Menyam-     ping



·   Berlari dengan menekankan pa da gerakan kaki, lengan, posisi badan dan pendaratan  telapak kaki

·   Lomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi

·   Menolak tanpa awalan,posisi di di udara dan mendarat



·   Lomba lompat jauh dengan per-aturan yang dimodifikasi untuk  menanamkan nilai percaya diri dan keberanian

·   Posisi awalan, memegang dan
menolak peluru




·   Lomba tolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi un- tuk menanamkan sikap menjaga keselamatan diri dan   orang lain

·   Posisi awalan,memegang dan melempar cakram






·      Lomba lempar cakram dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan sikap menjaga keselamatan diri dan orang  lain

·   Melakukan teknik lari (gerakan kaki, lengan, posisis badan, pendaratan telapak kaki)
·   Lomba lari dg peraturan yang dimodifikasi

·   Melakukan teknik dasar menolak tanpa awalan
·   Teknik dasar di udara
·   Teknik dasar mendarat

·   Melakukan lomba lompat jauh dengan peraturan yang dimodifikasi

·   Melakukan posisi awalan
·   Melakukan teknik dasar memegang  peluru dan menolak

·   Melakukan  lomba menolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi

·   Melakukan  posisi awalan
·                     Melakukan  teknik dasar memegang dan melempar cakram



·   Melakukan lomba lempar cakram dengan peratu ran yang dimodifikasi

Tes




Tes



Tes




Tes




Tes





Tes




Tes






Tes

Tes keterampi
lan



Tes sikap



Tes keterampi
lan



Tes sikap




Tes keterampi
lan




Tes sikap.




Tes keterampi
lan





Tes sikap.

 Lakukan tes lari jarak 50 m




 Observ.



 Lakukan lompat  jauh




 Observ.




  Lakukan tolak peluru awalan menyamping




 Observ.




 Lakukan lemparcakram awalan menyamping





 Observ

  2x40
  menit

Buku teks,
buku refernsi,
 lapangan,st- art block,pe- luru,cakram, lembing (ya- ng dimodifi – kasi )


1.1. Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan olah raga bela diri dengan  baik serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati
     lawan dan percaya diri **)


Pencak Silat










Karate








Judo







·   Melakukan dasar kuda-kuda,dan teknik dasar langkah



·   Merangkai teknik dasar kuda kuda dan langkah berpasang- an untuk menanamkan nilai ke- beranian dan menghormati lawan

·   Melakukan teknik dasar kuda-kuda,dan teknik dasar langkah

·   Merangkai teknik dasar kuda kuda dan langkah berpasang- an untuk menanamkan nilai ke- beranian dan menghormati law-an

·   Melakukan teknik dasar langkah
dan jatuhan

·   Merangkai teknik langkah dan jatuhan untuk menanamkan ni- lai keberanian dan menghormati lawan
·   Melakukan teknik dasar kuda-kuda
·   Melakukan teknik dasar langkah

·   Merangkai teknik dasar kuda-kuda dan langkah




·   Melakukan teknik dasar kuda-kuda dan langkah


·   Merangkai teknik dasar kuda-kuda dan langkah



·   Melakukan teknik dasar langkah dan jatuhan

·   Merangkai teknik dasar langkah dan jatuhan




Tes




Tes






Tes



Tes



Tes



Tes

 Tes keterampi
lan



Tes sikap






Tes kete-   rampilan


Tes sikap



Tes kete-    rampilan


Tes sikap


 Lakukan tes kuda-ku kuda,langkah, dan gerak rangkai


 Observ.






 Lakukan teknik dasar kuda-  kuda,langkah, dan gerak rangkai

 Observ.



 Lakukan teknik dasar langkah, jatuhan, dan gerak rakrangkai


 Observ.


  2x40
  
Buku teks,
buku refernsi,
 lapangan,pe-lindung ba-   dan,matras



Standar Kompetensi : 2. Mempraktikan latihan kebugaran jasmani,dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1. Mempraktikkan jenis latihan kekuatan dan day atahan otot serta nilai disiplin dan tanggungjawab






     
2.2.  Mempraktikkan latihan daya tahan jantung dan paru-paru, serta nilai disiplin dan tanggungjawab


Kebugaran Jasmani
·   Latihan kekuatan dan daya tahan oto kaki,berpasangan atau kelompok untuk penana-  man disiplin dan tanggung jawab
·      Latihan kekuatan dan daya tahan oto kaki,berpasangan atau kelompok untuk penenaman nilai keberanian dan tanggung jawab



·   Latihan lari jarak menengah atau lari 12 menit dan untuk menanamkan nilai disiplin dan tang gung jawab





·   Melakukan latihan kekuatan dan daya tahan otot kaki


·   Melakukan latihan kekuatan dan daya  tahan lengan, bahu dan dada




·   Melakukan bentuk latihan kebugaran jasmani dengan lari jarak menengah atau lari 12 menit

Tes




Tes







Tes




       
 Tes kete-   rampilan



Tes sikap







Tes kete-    rampilan

 Lakukan bentuk latihan kekuatan, daya tahan otot lengan dan kaki


 Observ.







 Lakukan tes kesegaran jasmani (TKJI)




2x40
menit
 Buku teks,   buku refe-
rensi,matras




Standar Kompetensi :     3. Mempraktikan senam dasar dengan teknik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

3.1. Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu pada kaki, serta nilai disiplin, keberanian, dan tanggungjawab


 3.2. Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu selain kaki serta nilai disiplin, keberanian dan tanggungjawab

 Senam Dasar











Senam Dasar










·    Berdiri dengan satu kaki,melompat menggunakan satu kaki dan berjalan pada titian dan untuk menanamkan    nilai keberanian






·      Melakukan sikap lilin,berdiri dengan tangan dan dahi secara  berpasangan atau kelompok  untuk menanmkan nilai keberanian  dan tanggung jawab

·    Berdiri dengan satu kaki dari sikap jongkok
·   Melompat menggunakan satu kaki
·   Berjalan pada titian yang dipasang melintang (bangku senam)





·   Melakukan sikap lilin
·   Berdiri dengan tangan
·   Berdiri dengan dahi






Tes





Tes




Tes



Tes



 Tes kete -  rampilan





Tes sikap




Tes kete-  rampilan


Tes sikap



 Lakukan berdiri dengan satu kaki,melom-   pat dengan satu kaki dan berjalan pada titian




 Observ.




 Lakukan sikap      lilin, berdiri dengan tangan, dan dahi 


 Observ.



 2x40
  menit










  2x40
  menit



 Buku teks,   buku  refe-    rensi, matras






Standar Kompetensi : 4.Mempraktikan senam irama tanpa alat, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya   



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

4.1.  Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat, gerak langkah kaki mengikuti irama, serta nilai disiplin, estetika, toleransi dan keluwesan

4.2 Mempraktikkan teknik dasar senam  irama tanpa alat,  gerak mengayun satu lengan mengikuti irama, serta nilaii kedisiplinan, estetika,  toleransi dan keluwesa

 Senam Irama  Tanpa Alat


























·   Melakukan gerak langkah kaki biasa,rapat, keseimbangan,secara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai tolerasni dan keluesan



·     Melakukan ayunan satu lengan depan ,belakang dan sam-ping secara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai tolerasni dan keluesan

·  Melakukan teknik dasar ayunan satu lengan ke samping bersamaan memindahkan berat badansecara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai tolerasni dan keluesan

·   Melakukan teknik dasar langkah kaki biasa
·   Melakukan teknik dasar langkah kaki rapat
·   Melakukan teknik dasar langkah keseimbangan




·   Melakukan teknik dasar ayunan satu lengan depan, belakang dan samping





·   Melakukan teknik dasar ayunan satu lengan ke samping bersamaan memindahkan berat




Tes


Tes






Tes








Tes

 Tes kete -  rampilan


Tes sikap






Tes kete-  rampilan







Tes sikap

·    Lakukan gerak langkah kaki biasa, rapat, keseimbangan,secara

Observ.






 Lakukan








 Observ.



 2x40
  menit










 

 Buku teks,   buku  refe-    rensi, matras,tape, kaset atau CD





Standar Kompetensi :     5. Mempraktikan teknik dasar renang gaya dada,dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya *)



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

  5.1.Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

5.2.Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

5.3.Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki, gerakan lengan dan pernapasan gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

 Renang gaya dada



·      Melakukan gerakan kaki renang gaya dada secara berpasangan atau kelompok





·      Melakukan gerakan lengan renang gaya  dada secara berpasangan atau kelompok




·     Melakukan gerakan kaki,lengan dan pernafasan secara berpasangan atau kelompok

·   Melakukan gerakan teknik dasar gerakan kaki renang gaya dada





·   Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya dada




·   Melakukan teknik dasar gerakan kaki, lengan dan pernapasan

 Tes









Tes








      Tes




 Tes kete -  rampilan








Tes sikap







 Tes kete -  rampilan

 Lakukan gerakan kaki,lengan    dan pernafasan renang    gaya dada







 Observ.











  3x40
   menit


 Buku teks,    buku refe-      rensi,kolam renang





Standar Kompetensi:  6. Mempraktikan perkemahan dan dasar-dasar penyelamatan di lingkungan sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

6.1. Mempraktikkan pemilihan tempat yang  tepat untuk mendirikan tenda perkemahan, mempraktekkan teknik dasar pemasangan tenda untuk perkemahan di lingkungan secara beregu, serta nilai kerjasama, tanggungjawab dan tenggang rasa

6.2.Mempraktikkan penyelamatan dan P3K terhadap jenis luka ringan serta nilai kerjasama, tanggungjawab dan tenggang rasa


Pendidikan luar kelas

·   Melakukan identifikasi tempat  untuk mendirikan tenda perke mahan secara kelompok atau   regu














·  Melakukan pertolongan (P3K)  terhadap luka lecet,iris,memar, dan tusuk secara berpasangan atau kelompo

·   Melakukan identifikasi tempat yang tepat untuk mendirikan tenda perkemahan














·   Melakukan pertolongan (P3K) terhadap luka lecet, iris, memar dan tusuk





Tes

















Tes





Tes kete -   rampilan
















Tes kete -  rampilan




Tes sikap




Lakukan mengidentifikasi    lapangan atau tempat   mendirikan   tenda untuk   perkemahan














Lakukan pertolongan (P3K) terhadap luka lecet, iris, memar dan tusuk



 Observ.

   2x40
  menit


Buku teks,  buku  refe– rensi,perala- tan P3K dan  lingkungan




Standar Kompetensi:     7.Menerapkan budaya hidup sehat




Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

7.1.Memahami pola makan sehat



7.2.Memahami perlunya keseimbangan gizi

 Kesehatan

·   Melakukan identifikasi makanan yang dikonsumsi serta mengan dung  unsur zat gizi


·   Melakukan identifikasi makanan yang dikonsumsi sesuai deng  an kebutuhan tubuh




· Mengkonsumsi makanan yang mengandung unsur zat gizi



·   Mengkonsumsi makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh

 Tes





Tes



  Tes teori



Lakukan identifikasi maakanan apasaja  yang mengandung unsur gizi   dan yang dapat dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh !

1x40
menit

 Buku teks,   buku refe -    rensi,ruang   boga

CONTOH SILABUS

Sekolah                      :   S M P
Kelas                            :    VII
Mata Pelajaran           :    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                     :    2 (Dua)
Standar Kompetensi : 8. Mempraktikan  teknik dasar permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

8.1   Mempraktikkan variasi teknik dasar salah satu nomor olah raga bola besar beregu lanjutan serta nilai kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian **)






















































Sepak Bola












Bola Voli















Bola Basket















 Bulu Tangkis











Soft Ball









·   Mengumpan,menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta serta menahan dengan telapak kaki secara berpasangan atau kelompok
·    Melakukan variasi teknik dasar
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi

·   Melakukan passing atas dan bawah secara berpasangan   atau kelompok
·   Melakukan  servis bawah dan smash tanpa awalan secara berpasangan atau kelompok
·   Melakukan  variasi teknik dasar secara berpasangan   atau kelompok
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk me nanamkan nilai kerja  sama dan keberanian



·   Melakukanmenggiring,   passing bola dari (dada,pantul dan atas kepala) secara berpasangan atau kelompok
·    Melakukan shooting satu tangan dari depan dada dan lay- up shoot secara berpasangan atau kelompok
·   Melakukan variasi teknik dasar secara berpasangan atau kelompok
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk siksp menghargai lawan

·   Melakukan pegangan raket , pukulan servis dan pukulan backhand secara berpasangan  atau kelompok
·   Melakukan variasi   teknik dasar
·   Bermain dengan peraturan yang  dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi

·   Memgang stick dan memukul (swing dan bunch) secara berkelompok
·   Melakukan variasi teknik dasar berpasangan atau kelompok
·   Bermaindengan  peraturan yang  dimodifikasi




  
·   Mengumpan, menendang dan menggiring bola menggunakan punggung kaki



·   Melakukan variasi teknik dasar

·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi


·   Melakukan passaing atas dan bawah (penguatan)

·   Melakukan  servis bawah dan smash tanpa awalan

·   Melakukan  variasi teknik dasar


·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi





·   Melakukan menggiring, passing (dada, pantul, dari atas kepala (penguatan)

·   Melakukan shooting satu tangan dari depan dada dan lay- up shoot

·   Melakukan variasi teknik dasar


·   Bermain dengan peraturan yang  dimodifikasi



·   Memegang raket untuk servis dan pukulan backhand


·   Melakukan variasi teknik dasar

·   Bermain dengan peraturan yang  dimodifikasi



·   Memgang stick dan memukul (swing dan bunch)

·   Melakukan variasi teknik dasar

·   Bermain dengan peraturan yang  dimodifikasi

·        

Tes









Tes


Tes








Tes






Tes










Tes





Tes





Tes




Tes




Tes




 Tes keter-
Ampilan (un juk kerja)







Tes sikap.


Tes keteram- pilan  (unjuk kerja)






Tes sikap






Tes kete- rampilan









Tes sikap





Tes keteram  pilan (unjuk   kerja)



 Tes  sikap




Tes keteram  pilan (unjuk   kerja)


 Tes sikap




Lakukan variasi mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki



 Observ.


 Lakukan  variasi teknik dasa
 (passing, servis ,smash tan-  pa awalan)






 Observ.






Lakukan variasi teknik dasar (passing bola dari dada, pantul dan atas kepala, shooting satu tangan dari depan dada dan lay-up shoot)






Observ.





 Lakukan variasi pegengan raket  dan pukulan servis dan backhand



  Observ.




Lakukan vriasi pegangan stick pukulan swing dan bunch



 Observ.



 
4x40
    menit






















































  4x40
    menit









 Buku tek,
Buku     refernsi,bolavoli,bola kaki, bolabsket,net,lapangan.


















































buku teks, buku refe- rensi,bat,ra ket,bola te-nis,bola sof tball,lapang ang