Mengenai Saya

Foto saya
Kami ditampilkan ( oleh : Sugeng Rachmono ) untuk memberikan Informasi dan tugas-tugas kepada siswa kelas tujuh SMPN 1 LECES Kabupaten Probolinggo

PPKN

Pendidikan Pancasila Dan Kewargaan Negara

SILABUS


Sekolah                  : ................................................
Kelas                      : VII
Mata Pelajaran        : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                : I ( satu )
Standar Kompetensi: 1. Menunjukkan sikap positif  terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara



KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasa an, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat


· Menjelaskan hakekat norma
· Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat
· Menguraikan macam-macam norma


Norma -norma dalam masyarakat

·                      Mencari informasi dari berbagai sumber tentang norma-norma , kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam masyarakat Minang Kabau
·                      perbedaan macam-macam norma yang berlaku di masyarakat Minang Kabau
·                      Mencari informasi akibat dari tidak mematuhi norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dimasyarakat Minang Kabau

·                      Membuat laporan





Tes tulis


Tes
Uraian


1.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan norma!
2.    Jelaskan apa manfaat norma bahi kehiudupan manusia dalam pergaulan di masyarakat!

3.    Uraikan macam-macam norma yang ada di masyarakat!


8  x 40’


Buku teks, contoh norma, Tokoh masyarakat
artikel/berita
di media massa,  dan lain-lain




1.2.   Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum bagi warga negara


· Menjelaskan pentingnya  norma hukum dalam kehidupan bernegara






· Menjelaskan tujuan ditetapkannya  hukum dalam suatu negara

· Menunjukkan kepatuhan ter hadap hukum dalam kehidup an sehari-hari


Norma -norma dalam masyarakat

· Menjelaskan pengertian dan pembagian  hukum
· Menjelaskan perbedaan hukum publik dan hukum privat
· Menjelaskan tujuan dan fungsi  hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
· Menunjukkan kepatuhan ter hadap hukum dalam kehidupan sehari-hari


Tes tulis


Tes pilihan ganda


Masyarakat memerlukan norma hukum,karena….
A.    ingin  berbuat yang terbaik badi dirinya
B.    belum semua kepentingan  terwadahi dalam
C.   tidak semua orang mentaati norma yang ada
D.   hendak mewujudkan kepastian hukum

Tujuan ditetapkannya norma hukum adalah untuk mewujudkan ....
A.    keadilan
B.    kepastian hukum
C.   ketertiban dalam  masyarakat*
D.   kebahagiaan bagi masyarakat

Ketika kamu pulang sekolah melihat seorang pencuri sedang dikeroyok . Apa yang akan kamu lakukan?
A.    membiarkan saja
B.    melaporkan ke pihak berwajib
C.   melerainya
D.    mengajak teman  ikut mengeroyok

8 x 40’


Buku teks, contoh UU,PP, atau Perda, artikel/berita di media massa,  dan lain-lain

1.3 Menerapkan nor   ma-norma, kebi asaan-kebiasa an, adat istia dat dan peratur an yang berlaku dalam kehidup an bermasyara kat, berbangsa dan bernegara
·  Perlunya penerapan  norma , kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat

Norma -norma dalam masyarakat
·  Menjelaskan pentingnya penerap an  norma , kebiasa an dan adat istiadat Menganalisis akibat yang akan ditimbulkan bila tidak menerapkan norma , kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat

Portofo
lio
Dokumen pekerjaan siswa
laporan tentang jenis dan jumlah pelanggaran terhadap norma, kebiasaan dan adat istiadat yang terjadi di masyarakat sekitar tempat tinggalnya.
Aspek-aspek yang dinilai :
1.    Ketepatan mengumpulkan tugas
2.    Kerapihan
3.    Isi atau materi yang dilaporkan
4.    Sumber data jelas
4 x 40’


Buku teks, contoh norma,
Tokoh agama, tokoh adat,
Ketua RT/RW
Orang tua


SILABUS

Sekolah                  : ................................................
Kelas                      : VII
Mata Pelajaran        : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                : I ( satu )
Standar Kompetensi : 2. Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama



KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN
2.1 Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan




·     Menguraikan perjuangan bangsa Indo nesia dalam mencapai kemerdekaan

·     Menjelaskan arti kemerdekaan bagi suatu bangsa

·     Menunjukkan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan
Hubungan Proklamasi kemerdekaan dengan UUD 1945

Menelaah dan mendiskusikan isi tulisan tentang sejarah penjajahan bangsa asing di Indonesia

Tes tulis






Tes tulis





Tes lisan







Daftar pertanyaan





Daftar pertanyaan




Daftar pertanyaan

Sebutkan perlawanan-perlawanan  yang dilakukan setelah tahun 1908  dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia!




Jelaskan pentingnya kemerdekaan bagi martabat dan kesejahteraan dan suatu bangsa!



Mengapa jiwa atau semangat proklamasi tetap diperlukan sepanjang hayat?

Tunjukkan contoh semangat proklamasi dalam kehidupan dewasa ini!
4 x 40’

Buku teks, artikel dll


2.1 Mendeskripsikan suasanakebatinan konstitusi pertama

·     Mengjelaskan suasana sidang PPKI  tanggal 18-8-1945
·     Menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945

·     Menganalisis hubungan proklamasi dengan UUD 1945
Hubungan Proklamasi kemerdekaan dengan UUD 1945

Membaca , mendiskusikan dan melaporkan  suasana sidang PPKI tanggal 18-8-1945
Tes lisan



Tes lisan





Tes unjuk kerja
Daftar pertanyaan



Daftar pertanyaan





Tes identifikasi
Siapa di antara kalian yang bisa menggambarkan suasana sidang PPKI tanggal 18—1945?


Uraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945!
Pembukaan UUD 1945 dinyatakan sebagai pernyataan proklamasi secara rinci.
Uraikan apa makna pernyataan di atas

Tugas :
Membaca UUD 1945 hasil perubahan ke-empat
8 x 40’

Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan

2.2 Menunjukkan si kap positif terha dap makna prok lamasi kemerde kaan dan suasa na kebatinan konstitusi pertama

·     Menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana sidang UUD pertama
Hubungan Proklamasi kemerdekaan dengan UUD 1945

Membuat karangan singkat tentang makna proklamasi bagi kehidupannya di masyarakat
Kuesio
ner

Daftar
ceklist
Petunjuk!
Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!

NO

PERNYATAAN

YA

TDK
1
Proklamasi membawa kebe basan bagi bangsa Indonesia


2
Di negara yang merdeka setiap warga negara bebas melakukan apa saja


3
Pada saat proklamasi kemerdekaan dibacakan tanggal 17-8-1945 bangsa Indonesia belum mempunyai presiden


3
UUD 1945 petrtama kali berlaku setelah ditetapkan oleh PPKI


4
Penetapan UUD 1945 oleh PPKI melanggar UUD 1945


5



Keterangan:
Ya= sependapat dengan pernyataan  ( skor 1, jika pernyataan positif, dan skor 0 jika pernyataan negatif)
Tdk=tidak sependapat dengan pernyataan ( skor 0, jika pernyataan positif dan skor 1 jika pernyataan negatif)
4 x 40’

Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan
Dokumenta si berupa poto-poto sidang PPKI



SILABUS


Sekolah                  : ................................................
Kelas                      : VII
Mata Pelajaran        : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                : II ( dua )
Standar Kompetensi : 3. Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakkan Hak Azasi Manusia (HAM)



KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

3.1 Menguraikan hakikat, hukum dan kelembagaan HAM


· Menyebutkan berbagai instrumen HAM






· Menjelaskan latar belakang lahirnya perundang-undangan HAM nasional












Perlindungan dan Penegakkan HAM

Membaca dan mendiskusi kan materi tentang tugas peran lembaga-lembaga perlindungan HAM, seperti : Komnas Hak Asasi Manu sia;Yayasan Lembaga Ban tuan Hukum Indonesia; Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekeras an dan Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat


Tes tulis








Tes tulis


Tes
Pilihan Ganda
Uraian





Tes
Pilihan Ganda
Uraian


Berikut ini merupakan instrumen HAK ASASI MANUSIA nasional, kecuali :
A. Kepres No. 36 Ta
B. UU No. 8 Tahun 1998
C. UU No. 32 Tahun 2004
D. UU No. 39 Tahun 1999



Lahirnya perundang-undangan HAK ASASI MANUSIA nasional terutama di latar belakangi hal-hal  berikut ini, kecuali:
A.   komitmen untuk melaksanakan UDHR
B.   desakan masyarakat untuk mengembangkan kehidupan yang lebih demokratis
C.  melaksanakan amanat Tap MPR No.XVII/MPR/1998 tentang HAK ASASI MANUSIA
D.  supaya paHak Asasi Manusia perorangan (individualisme) tergeser paham kekeluargaan (kolektivisme)


4 X 40

























Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan,
Piagam HAM,
UU no.39 th 1999 ttg HAM


3.1     Mendeskripsikan kasus pelanggar an dan upaya penegakkan HAM

· Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia



· Mengemukakan cara-cara penanganan pelanggaran HAM

Perlindungan dan Penegakkan HAM
Mengamati , mencermati dan membuat laporan tentang kasus-kasus pelanggar an HAM di lingku ngan keluarga, sekolah dan masyarakat sekitar tempat tinggal
Tes lisan






Penuga
san


Penuga
san




Daftar
Pertanyaan




Tugas rumah


Tugas
Proyek



·    Siapa di antara kalian yang bisa mengemukakan apa yang dimak sud pelanggaran HAM?
·    Berikan contoh kasus pelanggaran HAM yang terjadi di rumah, sekolah dan lingkungan tempat tinggal kalian!

Tugas :
Buat klipping dari guntingan surat kabar tentang kasus-kasus pelanggaran HAM

Tugas :
Mengunjungi  atau mewawancarai anggota kepolisian setempat tentang uapaya yang dilakukannya dalam rangka penanganan pelanggran HAM di wilayahnya
4 x 40’













Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan,
Piagam HAM,
UU no.39 th 1999 ttg HAM, Media massa
Aparat kepolisian

3.2     Menghargai upa ya perlindungan HAM


· Menguraikan lembaga perlindungan HAM







· Menyebutkan pasal-pasal dalam UUD 1945 hasil perubahan yang berkaitan dengan HAM


Perlindungan dan Penegakkan HAM

Membaca, mendiskusikan dan membuat laporan tentang pasal-pasal UUD 1945 hasil perubahan yang memuat kandungan Hak Asasi Manusia


Tes tulis









Tes tulis

Tes
Uraian








Tes
Pilihan Ganda






Uraikan secara jelas dan tepat peranan lembaga perlindungan HAM di bawah ini!
a.    Komnas Hak Asasi Manusia
b.    Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia
c.    Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekersan
d.    Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat

Setiap orang berhak atas status kewarganegaraan. Pernyataan ini merupakan rumusan jaminan hak asasi manusuai yang terdapat dalam pasal 28, khususnya ayat....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)


8 x 40’











Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan,
Piagam HAM,
UU no.39 th 1999 ttg HAM,
Komnas HAM
YLBHI
Kontras
LSAM
3.1     Menghargai upa ya penegakkan HAM

· Menunjukkan sikap positif terhadap upaya penegakkan HAM di wilayahnya
· Menampilkan sikap positif terhadap upaya penegakkan dan perlindungan HAM di wilayahnya

Perlindungan dan Penegakkan HAM
Mengamati , mencermati dan membuat laporan tentang upaya-upaya penegakkan HAM di lingku ngan keluarga, sekolah dan masyarakat sekitar tempat tinggal
Kuesio
ner

Skala sikap
Petunjuk!
Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!

NO

PERNYATAAN

SS

S

N

TS

STS
1
Orang tua yang melalukan pel anggaran HAM harus diadili se suai dengan tingkat kesalahannya





2
Upaya penega kan HAM ha rus dimulai dari keluarga





3
Guru adalah salah satu aparat pene gak HAM di sekolah





4
Kewajiban me negakkan HAM terletak  ditangan apara tur kepolisian dan LSM peme r hati HAM





5
Guru yang me nempeleng sis wanya karena tidak menger jakan PR ada    lah bentuk upa ya penega kan HAM di kelas





Keterangan:
SS= Sangat Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positi dan 1 kalau negatif )
S = Setuju ( skor 4 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif )
N = Tidak Berpendapat/Netral ( skor 3 )
TS = Tidak Setuju ( bobot skor 2 kalau pernyataan positif dan 4 kalau negatif )
STS  = Sangat Tidak Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif )




4 x 40’
Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan,
Piagam HAM,
UU no.39 th 1999 ttg HAM,
Media massa
Anggota kepolisian
Tokoh masyarakat


SILABUS

Sekolah                  : ................................................
Kelas                      : VII
Mata Pelajaran        : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                : II ( dua )
Standar Kompetensi : 4. Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat



KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

4.1 Menjelaskan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat

·  Menjelaskan hakekat kemerdekaan menge mukakan pendapat 










·  Mengkaji akibat pem batasan kemerdekaan mengemukakan pendapat
·  Mendeskripsikan konsekuensi kebe basan mengemu kakan penda pat tanpa

Kemerdekaan mengemukakan pendapat

Mengamati , mencermati dan membuat laporan ten tang pelaksanaan kemerde kaan mengemukakan pen dapat di lingkungan kelu arga, sekolah dan masya rakat sekitar tempat tinggal

Tes tulis














Tes lisan



Tes
lisan

Tes Pilihan Ganda













Daftar pertanyaan



Daftar pertanyaan





Kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum adalah hak setiap...
A.   WNI 
B.    WNA
C.    Penduduk
D.    Manusia

Wujud pelaksanaan kemerdekaan menyam paikan pendapat di muka umum ....
A.      demonstrasi
B.      pawai
C.     rapat umum
D.     mimbar bebas

Bagaimana pendapat kalian, apa akibatnya kalau terhadap kebebasan  mengemukakan pendapat  dila kukan pembatasan-pembatasan?

Kemukakan oleh kalian, apa akibatnya kalau dalam  mengemu kakan pendapat  tanpa dilakukan pembatasan-pembatasan?
8 x 40’



























Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan,
Media massa
UU Parpol
Tokoh masyarakat
4.2  Menguraikan pentingnya kemerdekaan mengemu kakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab

·    Menjelaskan dasar hukum kemerdekaan mengemukakan pendapat




·    Menjelaskan hake kat kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertang gung jawab





·    Mengemukakan tata cara mengemuka kan pendapat seca ra bebas dan bertanggung jawab



Kemerdekaan mengemukakan pendapat
Diskusi mempraktekkan kemerdekaan mengemuka kan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab de ngan tema “ Larangan mero kok di kalangan pelajaran SMP”. Siswa diminta mela porkan tentang kesan dan pesan pelaksanaan diskusi tersebut .
Tes
tulis







Tes
tulis









Tes
tulis

Tes
Pilihan Ganda






Tes
Pilihan Ganda








Tes
Pilihan Ganda
UUD 1945 memberikan jaminan ter hadap kemerdekaan mengeluarkan pendapat. Jaminan tersebut tertu ang dalam ....
A.   Pasal 27
B.   Pasal 28
C.  Pasal 29
D.  Pasal 30

Dalam menyampaikan pendapat di muka umum berkewajiban dan bertanggungjawab untuk, kecuali :
A.   menjaga keutuhan, persatuan  dan kesatuan bangsa
B.   menjaga keamanan dan ketertiban
C.   menjaga kepen tingan kelom pok/etnis tertentu
D.   menghormati hak dan kebebasan orang lain

Demonstrasi merupakan salah satu perwujudan mengemukakan penda pat secara bebas dan bertanggung jawab. 
Sebelum melakukan demonstrasi pimpinan demo terlebih dahulu harus....
A.   mendata jumlah anggotanya yang akan berdemo
B.   mengadakan mobilisasi anggota yang akan berdemo
C.   mengajak organisasi lain untuk berdemo
D.   melaporkan dan meinta izin ke aparat berwenang





4 x 40’

Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan,
Media massa
UU Parpol
Tokoh masyarakat
4.3Mengakuatlisasikan kemerdekaan mengemuka kan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
·  Menunjukkan sikap positif terhadap penggunaan hak mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab

Kemerdekaan mengemukakan pendapat
Mengamati , mencermati dan membuat laporan pelaksanaan kemerdekaan mengemukakan pendapat di lingku ngan keluarga, sekolah dan masyarakat sekitar tempat tinggal
Kuesi
oner
Skala sikap
Petunjuk!
Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!

NO

PERNYATAAN

SS

S

N

TS

STS
1
Bagi kelompok yang akan ber demo diahrus kan meminta izin terlebih dahulu





2
Dalamberdemo harus jelas sia yang menjadi papimpinan, berapa jumlah peserta dan apa yang akan disampaikan nya





3
Hari Minggu ti dak boleh mela kukan demo





4
Membakar poto presiden, dan  lambang negara dalam berdemo meru pakan tindakan pidana





5
Berdemo yang disertai peng rusakan fasili tas umum merupakan tindakan anrkis





Keterangan:
SS= Sangat Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positi dan 1 kalau negatif )
S = Setuju ( skor 4 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif )
N = Tidak Berpendapat/Netral ( skor 3 )
TS = Tidak Setuju ( bobot skor 2 kalau pernyataan positif dan 4 kalau negatif )
STS  = Sangat Tidak Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif )


4 x 40’

Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan,
Media massa
UU Parpol
Tokoh masyarakat