Mengenai Saya

Foto saya
Kami ditampilkan ( oleh : Sugeng Rachmono ) untuk memberikan Informasi dan tugas-tugas kepada siswa kelas tujuh SMPN 1 LECES Kabupaten Probolinggo

SB

Pendidikan Seni Budaya

SILABUS


Sekolah                                  :  SMP
Kelas/ Semester                    :  VII (Tujuh)/ 1 (Satu)
Mata Pelajaran                      :   SENI BUDAYA

Standar Kompetensi               :  SENI RUPA
1.       Mengapresiasikan Karya Seni Rupa



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen

1.1.     Mengindetifikasikan jenis karya seni rupa terapan daerah setempat










1.2.     Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat


·         Pengertian seni , cabang-cabang seni, unsur-unsur seni, sifat dasar seni secara umum.
·         Beragam jenis, bentuk, teknik, pembuatan, fungsi,dan makna karya senirupa tradisional daerah setempat






·         Apresiasi karya seni rupa terapan daerah setempat meliputi: pengertian, jenis-jenis, ciri-ciri, dan sebagainya







·  Membaca referensi tentang seni rupa daerah setempat
·  Mengklasifikasi seni rupa terapan daerah setempat

·  Mendiskusikan keragaman jenis, bentuk dan fungsi serta makna karya seni rupa daerah setempat

·  Mempresantasikan hasil diskusi



·  Diskusi kelompok tentang hasil karya seni rupaterapan daerah setempat


·  Membuat kliping tentang hasil karya seni rupa tradisional daerah setempat

·  Melihat langsung hasil karya seni rupa di museum daerah setempat

·         Mendiskripsikan beragam jenis, bentuk dan teknik pembuatan karya seni rupa tradisional daerah setempat
·         Mendeskripsikan beragam fungsi dan makna pada karya seni rupa tradisional daerah setempat.
·         Membuat tanggapan tertulis tentang karya seni rupa tradisional daerah setempat

·         Mendeskripsikan beragam fungsi bentuk , dan makna pada keunikan karya seni rupa daerah setempat

·         Membuat tanggapan tertulis tentang keunikan  karya seni rupa tradisional daerah setempat


Tes
Kuis













Tes unjuk kerja



Tes


Tes tertulis













Penugasan





Tes  tertulis

·                     Sebutkan 3 jenis karya seni rupa tradisional yang ada di daerahmu

Jelaskan fungsi dan makna dari karya seni rupa yang ada di daerahmu








Buatlah kliping tentang hasil karya seni rupa di daerahmu dan berikan tanggapan !



Berilah tanggapan tentang secara tertulis tentangkarya seni rupa tradisional di daerahmu


jam








Buku teks

Media cetak

Media elektronik









Buku teks

Media cetak

Media elektronik




Standar Kompetensi               :  SENI RUPA
2.       Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1.    Menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat



2.2.    Merancang karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat






2.3.    Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat.



·         Pengertian, teknik menggambar bentuk (teknik arsir, komposisi, gelap terang) penggunaan media dalam menggambar bentuk karya seni rupa daerah setempat




·         Karya seni rupa etnik daerah setempat meliputi: pengertian benda pakai,benda hiasantara lain dari segi motif, corak, teknik  dan sebagainya








·         Teknik-teknik pembuatan benda pakai dan benda hias
·         Corak-corak ragam hias daerah setempat
·  Membaca referensi

·  Membuat sketsa gambar bentuk seni rupa terapan daerah setempat

·  Membuat gambar bentuk benda kubistis dan silindris karya seni rupa daerah setempat


·  Membaca referensi tentang seni rupa daerah setempat
·  Membuat desain karya seni kriya untuk benda pakai dengan teknik dan corak daerah setempat
·  Membuat desain karya seni kriya untuk benda hias teknik dan corak daerah setempat




·  Membaca referensi
·  Membuat benda pakai dengan teknik dan corak daerah setempat
·  Membuat benda hias dengan teknik dan corak daerah setempat



·         Membuat rancangan gambar bentuk. benda kubistis dan silindris dari karya seni rupa terapan daerah setempat.

·         Membuat gambar benda kubistis dan silindris dari karya seni rupa terapan daerah setempat


·         Membuat disain benda pakai dengan teknik dan corak daerah setempat

·         Membuat disain benda hias dengan teknik dan corak daerah setempat







·         Membuat benda pakai dengan memanfaatkan teknik dan corak seni rupa daerah setempat.
·         Membuat benda hias dengan memanfaatkan teknik dan corak seni rupa daerah setempat
Tes perbuatan









Tes perbuatan










Tes perbuatan


Tes uji unjuk kerja








Tes uji unjuk kerja











Tes uji unjuk kerja

·         Buatlah sketsa dari benda yang dikembangkan dari karya seni rupa tiga dimensi daerah setempat

·         Gambarlah ragam benda yang dikembangkan dari karya seni rupa tiga dimensi daerah setempa


Buat disain benda pakai dengan teknik dan corak daerah setempat

Buat disain benda hias dengan teknik dan corak daerah setempat







Buatlah benda pakai dengan teknik dan corak daerah setempat


Buatlah benda hias dengan teknik dan corak daerah setempat



Buku teks

Media cetak

Media elektronik






Buku teks

Media cetak

Media elektronik





Standar Kompetensi               :  SENI MUSIK
3.      Mengapresiasi karya seni musik



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1.    Mengindentifikasi jenis lagu daerah setempat
3.2.    Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat






·         Pengenalan ragam lagu etnik  Nusantara daerah setempat



·        Mendengarkan lagu etnik  daerah setempat
·        Menyaksikan pertunjukan lagu etnik daerah setempat
·        Mengkaji elemen-elemen musik, irama, tempo,nada, dinamik lagu etnik daerah setempat
·        Mempresentasikan hasil diskusi
·         Mengidentifikasi jenis-jenislagu etnik dari daerah setempat
·         Mengidentifikasi elemen-elemen musik; irama, tempo,nada,dinamika dan  dari lagu daerah setempat
·         Mendeskripsikan lagu (pemainan pergaulan)  yang ada  di daerah setempat

Tes
lisan

Tes uraian
Bagaimana pendapatmu tentang lagu etnis yang diperdengarkan

Berikan tanggapan tentang elemen-elemen lagu etnik daerah setempat

18 jam

Audio visual

Buku teks

Alat musik/sumber bunyi



Standar Kompetensi               :  SENI MUSIK
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1.    Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat
4.2.    Menampilkan hasil aransemen karya lagu daerah setempat





·         Mengaransir ragam lagu etnik  Nusantara daerah setempat


·        Mendengarkan lagu etnik daerah setempat
·         Membaca notasi/karya lagu daerah setempat
·         Menuliskan pola irama, tempo,nada dan dinamika lagu etnik daerah setempat
·         Mengaransir secara sederhana lagu etnik daerah setempat
·         Menyajikan hasil aransemen secara sederhana

  • Menuliskan pola irama lagu etnik setempat
  • Mengaransir secara sederhana elemen-elemen musik lagu etnik daerah setempat

  • Menampilkan aransemen lagu etnik setempat  secara perorangan atau kelompok



Unjuk kerja
Tes Identifikasi
·         Tirukan nada, irama dan dinamika lagu yang diperdengarkan
·         Bunyikan nada, irama tempo dan dinmika dari lagu etnik yang diperdengarkan
·         Tuliskan hasil aransemen dalam bentuk yang siap ditampilkan
·         Tampilkan hasil aransemen lagu etnik dengan alat musik (sumber suara) yang dipilih

18jam
Audio visual/pertunjukan musik etnis

Buku teks

Alat musik/sumber bunyi



Standar Kompetensi               :  SENI TARI
5.  Mengapresiasikan karya seni tari



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen
5.1  Mengindentifikasi jenis karya seni tari tunggal daerah setempat





5.2  menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari tunggal daerah setempat

·         Beragam tari tunggal daerah setempat


·         Membaca buku referensi tentang tarian etnik daerah setempat
·         Observasi di sanggar tari
·         Menyaksikan tari etnik tunggal secara lansung atau melalui audio visual

·         Mendiskusikan tentang tarian tunggal daerah setempat
·         Menpresentasikan hasil diskusi

  • Menyebutkan jenis-jenis tari tunggal daerah setempat
  • Menyebutkan ragam gerak tari tunggal daerah setempat
  • Menjelaskan keragaman tari tunggal berdasarkan fungsinya dalam masyarakat daerah setempat










Tes
Lisan


Pertanyaan lisan


Uraian


Sebutkan jenis-jenis tari etnik (tunggal)l di daerahmu

Sebutkan ragam gerak tari tunggal daerah setempat

Jelaskan fungsi tari etnik (tunggal) di daerah mu




1. Rekaman audio visual
2. pertunju-kan tari
3. guru tari
4. penata tari/penari etnik



Standar Kompetensi               :  SENI TARI
6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen
5.1  Mengeksplorasi pola lantai gerak dari tari tunggal daerah setempat





5.2  memeragakan tari tunggal daerah setempat

·         Menyesuaikan pola lantai    gerak sesuai dengan ragam gerak tari tunggal daerah setempat.

·         Latihan menirukan gerakan karya tari etnik daerah setempat

·         Mencari pola lantai untuk tarian tunggal




·         Mempergelarkan hasil karya tari etnik (tunggal) daerah setempat.
·         Menemukan pola lantai gerak berdasarkan ragam gerak tari tunggal  daerah setempat





·         Memeragakan tari etnik (tunggal) daerah setempat sesuai dengan iringannya










Unjuk kerja penugasan

Simulasi

Uji petik kerja prosedur dan produk

1.      Carilah pola lantai yang sesuai untuk susunan ragam tari etnik (tunggal) yang telah kalian pelajari



2.      Peragakan karya tari tunggal berdasarkan tari etnik yang ada di daerahmu sesuai dengan iringan musiknya


1. Rekaman audio visual
2. pertunju-kan tari
3. guru tari
4. penata tari/penari etnik



Standar Kompetensi               :  SENI TEATER
7.      Mengapresiasi karya seni teater



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen

7.1.    Mengidentifikasi jenis karya seni teater dae- ah setempat








7.2.    Menampil kan sikap apre- siatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater dae-rah setempat



·         Teater daerah setempat




·         Menelaah buku referensi /media cetak
·         Melihat pertunjukan singkat dari pergelaran teater secara lansung atau melalui media audio visual
·         Membuat sinopsis




·         Mempresentasikan hasil pengamatan








·         Menunjukan unsur-unsur seni pertunjukan
·         Menyebutkan karya seni teater daerah setempat sesuai dengan fungsinya

·         Membuat sinopsis dari karya seni teater daerah setempat yang dilihat

·         Menuliskan keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat




Tes tertulis

Uraian

Sebutkan 3 unsur seni pertunjukan.      Sebutkan fungsi karya teater di daerahmu



Buatlah sinopsis dari pertunjukan karya seni teater daerah setempat yang kamu lihat

Tuliskan keunikan dan pesan moral dari pertunjukan teater yang dilihat







Buku teks

Media cetak

Pertunjukan teater

Media
audio visual



Standar Kompetensi               :  SENI TEATER
8. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen
8.1.      Mengeksplorasi teknik olah tubuh, olah pikir dan ola suara

8.2.      Merancang pertunjukan teater daerah setempat

8.3.      Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater


·         Teater Nusantara daerah setempat

·         Melakukan latihan dasar olah tubuh, olah pikir dan olah suara

 Menyusun rencana pertunjukan teater daearah setempat


·         Melakukan latihan tea- ter bersama sesuai de- ngan tema
·         Menyajikan hasil latihan didepan kelas/sekolah

·         Melakukan teknik olah tubuh, olah pikir dan olah suara

·         Membuat rencana pertunjukan teater daerah setempat


·         Melakukan prinsip kerjasama dalam berteater

·         Menampilkan karya  teater dari daerah setempat di kelas



·         Lakukanlah teknik :
  1. olah tubuh
  2. olah fikir
  3. olag suara

·       Susunlah sebuah rencana pertunjukan teater daerah setempat


·       Lakukanlah latihan teater bersama sesuai dengan tema
·       tampilkan karya yang sudah dilatihkan didepan kelas/sekolah

Buku pedoman latihan teknik dasar


Naskah teater/ drama


SILABUS


                                               
Sekolah                                  :  SMP
Kelas/ Semester                    :  VII (Tujuh)/ 2 (Dua)
Mata Pelajaran                      :   SENI BUDAYA

Standar Kompetensi               : SENI RUPA
                                                 9. Mengapresiasikan Karya Seni Rupa



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen

9.1.   Mengindetifikasikan jenis karya seni rupa terapan daerah setempat






9.2.   Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat

Seni rupa terapan daerah setempat meliputi: macam-macam, unsur-unsur, ciri-ciri khusus, dan teknik pembuatan






Apresiasi karya seni rupa terapan daerah setempat



·  Membaca referensi
·  Mengamati contoh-contoh karya seni rupa
·  Menulis laporan








·   Membaca referensi
·  Kunjungan pameran daerah setempat
·  Menuliskan tanggapan proses pembuatan seni rupa daerah setempat






·         Mendeskripsikan cara pembuatan  karya seni rupa terapan daerah setempat.
·         Mendiskripsikan karya seni rupa terapan daerah setempat berdasar sosial budaya dan klasifikasinya.



·         Mengidentifikasi ciri-ciri khusus pada bentuk karya seni rupa terapan daerah setempat
·         Membuat tanggapan tertulis tentang keunikan gagasan dan teknik karyanseni rupa terapan daerah setempat

Tes











Tes





Tes tertulis











Tes tertulis

·   Jelaskan proses pembuatan salah satu karya seni rupa terapan di daerahmu
·   Diskripsikan ciri-ciri khusus karya seni rupa daerah setempat





·   Buatlah tanggapan tertulis tentang keragaman hasil seni rupa setempat ditinjau darisosial budayanya














Buku teks
Media cetak
Media elektronik




Standar Kompetensi               :  SENI RUPA
               10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen

10.1. Menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat



10.2. membuat karya seni kriya dengan teknik dan corak daerah setempat
10.3. Menyiapkan karya seni rupahasil buatan sendiri untuk pameran atau sekolah

10.4. Menata karya seni rupa hasil buatan sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah

·         Macam-macam jenis, bentuk, dan karakter hasil karya seni rupa terapan daerah setempat








·         Pengetahuan teknik pembuatan karya seni kriya
·         Corak ragam hias daerah setempat
·         Pameran dan kreasi karya seni rupa daerah setempat, meliputi: tujuan,membentuk panitia, ,waktu, tempat, lingkup pameran




·         Melaksanakan pameran karya seni rupa buatan sendiri di kelas, meliputi: persiapan pameran, menyusun program, mengatur tata letak

·  Membaca referensi

·  Mengamati contoh-contoh karya seni rupa

·  Membuat gambar bentuk seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat


·  Membuat karya seni krya dengan teknik dan corak daerah setempat



·  Membuat rancangan pameran ,meliputi jadwal, tempat, perlengkapan dan jumlah karya




·  Memamerkan hasil karya di kelas/sekolah



·         Membuat sketsa gambar seni rupa terapan tiga dimensi

·         Menggambar bentuk seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat




·         Membentuk benda fungsional berdasarkan hasil karya seni kriya dengan teknik dan corak daerah setempat

·         Merancang pameran karya seni rupa (dua dimensional dan tiga dimensional)buatan sendiri di kelas



·         Melaksanakan pameran karya seni rupa dua dan tiga dimensi buatan sendiri maupun orang lain di kelas atau sekolah

Tes unjuk kerja









Tes unjuk kerja


Tes unjuk kerja





Tes unjuk kerja


Tes uji unjuk kerja










Tes uji unjuk kerja


Projek








Projek

·         Buatlah sketsa untuk gambar bentuk salah satu karya seni rupa terapan di daerahmu
·         Buatlah gambar bentuk dengan objek seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat



·         Buatlah karya kriya dengan teknik dan  corak daerahmu
·         Buatlah rancangan pameran di kelas hasil karya buatan sendiri   







·         Buatlah pameran hasil karya sesuai dengan tema di kelas/sekolah








Buku teks
Media cetak
Media elektronik




Standar Kompetensi               : SENI MUSIK
              11. Mengapresiasi karya seni musik



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen

11.1. Mengindentifikasi ragam jenis musik daerah
11.2. Menunjukan  sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat



Tanggapan tentang karya musik Nusantara

·        Membaca referensi tentang musik daerah setempat/nusantara

·        Mendengarkan beberapa karya musik daerah setempat/nusantara

·        Menulis penilaian tentang fungsi dan makna karya musik daerah setempat /nusantara yang diperdengarkan





·         Mengidentifikasi beragam lagu dan karya musik sesuai dengan fungsinya
·         Menjelaskan secara lisan dan tertulis tentang karya musik sesuai dengan kehidupan masyarakatnya
·         Menyebutkan unsur keunikan musik daerah setempat











Tes














Tes tulis




·         Sebutkan 3 judul lagu tradisional daerahmu beserta nama penciptanya

·         Berikan tanggapan tentang unsur musik yang diperdengarkan

·         Sebutkan keunikan dan ciri musik etnik daerah setempat












Buku teks

Tape recorder

Lagu-lagu daerah setempat


Standar Kompetensi               : SENI MUSIK
                                                  12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen

12.1. Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat
12.2. Menyajikan karya seni musik daerah setempat secara perseorangan dan berkelompok di kelas



Aransemen sederhana lagu daerah setempat

·        Mendengarkan lagu etnik daerah setempat/nusantara
·         Membaca notasi/karya musik daerah setempat/nusantara
·         Menuliskan pola irama lagu daerah setempat/nusantara
·         Mengaransir secara sederhana lagu daerah setempat
·         Menyajikan hasil aransemen secara sederhana baik perorangan maupun berkelampok






·         Menjelaskan prosedur mengaransir musik
·         Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat
·         Membuat perencanaan pagelaran
·         Menyanyikan lagu daerah setempat dengan aransemen sederhana













Tes unjuk kerja

Tes Identifikasi

·       Tirukan nada, irama dan dinamika lagu yang diperdengarkan
·       Tuliskan hasil aransemen dalam bentuk yang siap ditampilkan
·       Tampilkan hasil aransemen lagu etnik dengan alat musik (sumber suara) yang dipilih



Lagu-lagu etnik daerah setempat

Buku teks


Standar Kompetensi               : SENI TARI
                                                  13.  Mengapresiasikan karya seni tari



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen

13.1. Mengindentifikasi jenis karya seni tari berpasangan/ kelompok daerah setempat

13.2. menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari berpasangan/kelompok daerah setempat


Beragam tari etnik berpasangan/kelompok daerah setempat

1.      Membaca buku referensi tentang tarian etnik daerah setempat

2.      observasi di sanggar tari

3.      menyaksikan tari secara langsung atau melalui audio visual


4.      mendiskusikan tentang tari etnik berpasangan/ kelompok daerah setempat

5.      mempresentasikan hasil diskusi



·         Mengidentifikasi jenis karya seni tari  berpasangan/kelompok dari daerah setempat

·         Menjelaskan ragam gerak seni tari berpasangan/kelompok

·         Menyebutkan nama berbagai tari berpasangan/kelompok

·         Mengungkapkan rasa/kesan tentang tari berpasangan/kelompok daerah setempat



Tes lisan dan tertulis


Penugasan

Tes uraian




Tugas rumah

·         Sebutkan jenis-jenis tari etnik berpasangan/kelompok di daerah mu

·         Jelaskan fungsi tari etnik berpasangan/kelompok yang ada di daerahmu

·         Sebutkan 3 judul tarian etnik berpasangan/kelompok di daerah mu

·         Uraikan tentang kesan-kesanmu dalam menari berpsangan/kelompok



Audio visual

Buku teks

Penata tari

Penari etnik


Standar Kompetensi               : SENI TARI
               14.   Mengekspresikan diri melalui karya seni tari



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen

14.1. Mengeksplorasi pola lantai gerak dari tari berpasangan/kelompok daerah setempat
14.2. memeragakan tari tunggal dan berpasangan/ kelompok daerah setempat


Beragam tari etnik berpasangan/kelompok daerah setempat

·         Menyaksikan karya tari etnik berpasangan/kelompok daerah setempat

·         Mencari pola lantai untuk tari etnik berpasangan

·         Latihan menirukan karya tari etnik berpasangan/kelompok daerah setempat

·         Memperagakan hasil karya tari etnik berpasangan/kelompok daerah setempat




·         Menyusun gerak tari etnik berpasangan/kelompok berdasarkan hasil eksplorasi
·         Menyajikan bentuk tari etnik berpasangan/kelompok dari daerah setempat















Unjuk kerja

Penugasan

Simulasi

Uji kerja prosedur dan produk

·         Ceritakan gerak penghubung untuk memadukan ragam gerak tari yang satu dengan yang lainnya yang telah kamu pelajari

·         Peragakan karya tari berpasangan/kelompok berdasarkan taria etnik yang ada didaerahmu


Audio visual

Buku teks

Penata tari

Penari etnik


Standar Kompetensi               : SENI TEATER
              15.  Mengapresiasi karya seni teater



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen

15.1. Mengidentifikasi jenis karya seni teater daerah setempat
15.2. Menunjukkan  sikap apresiatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat

  
Teater daerah setempat

· Membaca referansi tentang teater daerah setempat
· Menyaksikan pertunjukan teater
· Menkaji  tentang unsur-unsur teater
· Memberi penilaian terhadap teater yang ditonton
· Mempresentasikan hasil kajian
·                        





·         Menyebutkan beragam jenis karya seni teater daerah setempat
·         Menunjukan beragam gaya seni teater daerah setempat
·         Menyebutkan bentuk penyajian karya seni teater daerah setempat
·         Mengungkapkan tanggapan terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat










Tes

Tes uraian

·         Sebutkan 2 jenis karya seni teater yang ada di daerahmu
·         Sebutkan 2 gaya  seni teater

·         Sebutkan 2 bentuk penyajian teater

·         Bagaimana tanggapanmu terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerahmu


Buku teks

Sanggar teater

Audio visual



Standar Kompetensi               : SENI TEATER
              16.  Mengekspresikan diri melalui karya seni teater



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen

16.1.   Mengeksplorasi teknik olah tubuh, olah pikir dan olah suara
16.2.   Merancang pertunjukan teater daerah setempat
16.3.   Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater
16.4.   Menyiapkan pertunjukan teater daerah setempat di sekolah
16.5.   Menggelar pertunjukan teater daerah setempat di sekolah

 Pementasan teater daerah setempat

·         Latihan teknik dasar lanjutan olah tubuh, olah fikir dan olah suara
·         Menyeleksi naskah yang akan dipentaskan
·         Pembagian peran sesuai tema
·         Merancang dekorasi panggung dan pementasan
·         Latihan bersama
·         Melaksanakan pergelaran/ pertunjukan teater



·         Melakukan teknik olah tubuh, olah pikir dan olah suara
·         Membuat rencana pertunjukan teater daerah setempat
·         Melakukan latihan teater sesuai dengan tema dan peran masing-masing
·         Melakukan persiapan untuk pertunjukan teater daerah setempat di sekolah
·         Menampilkan karya  teater dari daerah setempat.


Tes unjuk kerja

Uji petik kerja prosedur

·         Lakukanlah teknik :
a.       olah tubuh
b.       olah fikir
c.       olah suara

·       susunlah sebuah rencana pertunjukan sesuai dengan tema dan peran yang sudah ditentukan

·       tampilkan karya yang sudah dilatihkan di pergelaran teater sekolah


Buku pedoman latihan teknik dasar


Naskah teater/
drama