CONTOH KATA KERJA OPERASIONAL UNTUK INDIKATOR DALAM MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
melakukan
membedakan
membuat
membuktikan
menafsirkan
mendefinisikan
mendemonstrasikan
mendeskripsikan
menentukan
menerapkan
menganalisis
mengevaluasi
menggambarkan
menggunakan
menghitung
mengidentifikasikan
mengkonstruksikan
mengucapkan
mensintesis
menunjukkan
menyelesaikan
menyimpulkan
menyusunCONTOH KATA KERJA OPERASIONAL UNTUK KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG BERPUSAT PADA AKTIVITAS PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
berargumentasi melaksanakan melakukan memadukan memajang memantau memasang membaca membangun membedah membongkar memecahkan mempertahankan mempraktikkan mempresentasikan mencari mencatat mendokumentasi meneliti | mengamati menggabungkan menggali mengkritisi mengobservasi mengomentari menghubungkan mengikuti mengubah mengujicoba menonton merakit merangkum merancang merangkai merumuskan merunut |
Silabus
Sekolah : SMP ...................
Kelas : VII (Tujuh)
Semester : 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Standar Kompetensi : 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajarai benda-benda alam dengan menggunakan peralatan
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1 Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya | Besaran dan satuan | o Mencari informasi tentang besaran dan satuannya o Merumuskan pengertian besaran dan satuan o Melakukan percobaan dengan menggunakan satuan besaran fisika dalam satuan internasional o Melakukan percobaan untuk menemukan konversi satuan panjang, masa, dan waktu dengan tangga konversi o Memecahkan masalah tentang besaran pokok dan besaran turunan | - Mengindentifikasikan besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari kemudian megelompokkan dalam besaran pokok dan turunan - Menggunakan satuan Internasional dalam pengukuran - Mengkonversi satuan panjang, masa, dan waktu secara sederhana | Tes tertulis Tes tulis Tes tertulis | PG Isian isian | Pasangan besaran fisika yang benar .... a. berat dan kilogram b. kecepatan dan kg/jam c. usaha dan joule sekon d. massa dan newton Satuan panjang dalam SI adalah .... Panjang meja 100 cm seta dengan ..... m dan massa 100 gram setara dengan ....... kg | 4x40’ | Buku siswa, LKS, lingkungan sekitar dan alat ukur |
1.2. Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya | Suhu dan pengukuran | - Mencari informasi caramenggunakan termometer - Melakukan eksperimen cara membuat termometer sederhana berdasarkan sifat perubahan volum - Melakukan percobaan untuk membandingkan termometer Celsius dengan termometer yang lain. | - Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat - Membuat termometer sederhana, berskala berdasarkan sifat perubahan volume - Membandingkan skala termometer Celcsius dengan termometer yang lain | Tes tertulis Tes unjuk kerja Tes tertulis | Isian Uji petik kerja produk PG | Untuk mengukur suhu zat adalah .... Buatlah termometer dengan menggunakan termometer tak berskala, air dan es Termometer C menunjuk angka 45 0, ttermometer Fahrenheit menunjuk angka .... a. 25 c. 81 b. 57 d. 113 | 4x40’ | Buku siswa, LKS, termometer |
1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari | Pengukuran | · Melakukan eksperimen dengan satuan baku dan tak baku · Mengaplikasikan keselamatan kerja dalam pengukuran | - Mengukur dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar - Memperhatikan dan menerapkan keselamatan kerja dalam pengukuran | Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja | Uji petik kerja Uji petik kerja prosedur dan produk | Ukurlah Panjang dan lebar meja yang kamu gunakan Pilihlah alat yang sesuai untuk mengukur meja yang ada di hadapanmu | 2 x 40’ | Buku siswa, LKS, Alat-alat ukur |
Standar Kompetensi : 2. Memahami kalsifikasi zat
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat | Asam, Basa, Garam | o Melalui pengamatan untuk menentukan ciri-ciri zat yang bersifat asam, basa, garam o Mengelompokkan zat-zat yang bersifat asam, basa, garam o Melakukan percobaan dengan alat penentu/penunjuk asam dan basa misalnya kertas lakmus atau pH stik | - Mengindentifikasikan sifat asam, basa, garam dengan menggunakan indikator yang sesuai - Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan | Tes tertulis Tes Unjuk kerja Tes Unjuk kerja | PG Tes identifikasi Uji petik kerja prosedur | Berikut ini yangmerupakan Sifat asam adalah .... a. bersifat korosif b. berasa pahit c. kertas lakmus menjadi biru d. kertas lakmus tidak berubah Tentukan bahan-bahan yang bersifat asam, basa, dan garan dari bahan-bahan yang tersedia . Tentukan besar, kecilnya keasaman suatu zat dengan menggunakan alat! | 4x40’ | Buku siswa, LKS, lingkungan sekitar dan alat ukur |
2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari | Sifat asam, basa pada bahan makanan | - Mengidentifikasi sifat asam dan basa pada bahan makanan | - Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam, basa di laboratorium dan alam misalnya dengan menggunakan kembang sepatu - | Tes unjuk kerja | Uji petik kerja prosedur | Lakukan uji asam, basa pada bahan makanan dengan menggunakan bunga kembang sepatu | 2 x 40’ | Buku siswa, LKS, alam sekitar |
2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana | Unsur kimia | - Mengidentifikasi lambang unsur dan menuliskannya - Mencari informasi nama senyawa menuliskan rumus kimianya - | - Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur - Menuliskan nama dan lambang unsur - - Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana - Menentukan nama senyawa dan rumus kimia sederhana | Tes tulis Tes tulis Tes tulis Tes tulis | PG Tes isian Tes uraian PG | Lambang K merupakan nama unsur .... a. Kalium c. Karbon b. Kalor d. Kalsium Tuliskan satu nama dan lambang sebuah unsur Tuliskan satu nama dan rumus kimianya Rumus kimia asam sulfat adalah .... a. H2SO4 c. H4SO2 b. HS2O4 d. H4S2O | 3 x 40’ | Buku siswa, dan referensi |
2.4 membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran | Unsur, senyawa dan campuran | - Mengidentifikasi sifat unsur, senyawa dan campuran - Mengklasifikasikan materi secara sederhana - Mengidentifikasi campuran homogen dan campuran heterogen - | - Membandingkan sifat unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan - Membuat bagan klasifikasi materi secara sederhana - Mengelompokkan zat-zat kedalam campuran homogen dan heterogen dalam kehidupan sehari-hari | Tes unjuk kerja Tes tulis Tes unjuk kerja | Tes identifikasi Tes uraian Tes identifikasi | Tentukan zat yang bersifat unsur , senyawa, dan campuran dari bahan yang disediakan Buatlah bagan materi secara sederhana Disediakan macam-macam zat, kelompokkan zat-zat tersebut ke dalam campuran homogen dan campuran heterogen | 3 x 40’ | Buku siswa, contoh zat |
Standar Kompetensi : 3. Memahami wujud zat dan perubahannya
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1 Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | Wujud Zat | o Melakukan percobaan perubahan wujud zat o Mendiskusikan materi susunan partikel o Mengamati perbedaan kohesi dan adhesi melalui percobaan o Mengaplikasikan peristiwa kapilaritas | - Menyelidiki perubahan wujud suatu zat - Menafsirkan susunan gerak partikel pada berbagai wujud zat melalui penalaran - Membedakan kohesi dan adhesi berdasarkan pengamatan - Mengkaitkan peristiwa kapilaritas dalam peristiwa kehidupan sehari-hari | Tes tertulis Tes tertulis Tes Unjuk kerja Tes tulis | PG PG Uji petik kerja produk Tes uraian | Hujan merupakan peristiwa .... a. menguap, mengembun b. menguap, melebur c. melebur, mengembun d. mengembun, melebur Gaya tarik antar partikel pada zat padat adalah .... a. sangat kuat b. kurang kuat c. tidak tentu d. selalu berubah Lakukan percobaan adhesi dan kohesi dengan menggunakan alat dan bahan yang disediakan JelaskanMengapa pada musim hujan tembok menjadi lembab ? | 4x40’ | Buku siswa, LKS dan alat-alat praktikum |
3.3 Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuain dalam kehidupan sehari-hari | Pemuaian zat | - Mengamati proses pemuaian zat padat, cair dan gas - Melakukan percobaan pemuaian zat padat dan zat cair - Menganalisis muai volum bebagai jenis zat cair | - Menyelidiki proses pemuain pada zat padat, cair dan gas - Merencanakan percobaan sederhana untuk menunjukkan pemuaian zat cair dan zat padat - Menunjukkan prinsip pemuian dalam teknologi misalnya Bimetal | Observasi Tes Unjuk kerja Tes tertulis | Lembar observas Uji petik kerja prosedur dan produk uraian | Menggunakan alat Muschenbroek untuk mengamati pemuaian zat Buatlah rancangan percobaan tentang pemuaian zat Jelaskan cara kerja setrika listrik otomatis.... | 4x40’ | Buku siswa, LKS dan alat-alat praktikum |
3.4 Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | Kalor | - Melakukan percobaan kalor - Mencari informasi tentang faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan - Mencari informati tentang peristiwa mendidih dan melebur - Mendiskusikan hubungan antara Energi, massa, kalor jenis dan suhu | - Menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda, perubahan wujud zat - Menyelidiki faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan - Menyelidiki banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu zat - Menyelidiki kalor yang dibutuhkan pada saat mendididh dan melebur - Menerapkan hubungan Q = m.C. ∆t Q = m.U dan Q = m.L untuk meyelesaikan masalah sederhana - | Tes observasi Tes tertulis Observasi observasi Tes tertulis | Lembar observasi isian lembar observasi Lembar observasi Uraian | Pengamatan perubahan suhu dan perubahan wujud zat Salah satu cara mempercepat penguapan yaitu dengan ......... Pengamatan kenaikan suhu, diperlukan kalor Pengamatan pada saat mendidih dan melebur diperlukan kalor! Hitung kalor yang diperlukan bila massa zat, kalor jenis dan kenaikan suhu diketahui | 6x40’ | Buku siswa, LKS, alat-alat praktikum |
Standar Kompetensi : 4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1 Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat | Sifat fisika dan sifat kimia | - Melakukan percobaan tentang perubahan fisika dan perubahan kimia - Mengidentifikasi peristiwa perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari | - Membandingkan hasil pengamatan perubahan fisika dan perubahan kimia - Mengklasifikasi perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan mengkomunikasikannya | Tes unjuk kerja Tes tertulis | Tes identifikasi PG | Buatlah data dari hasil pengamatanmu tentang benda-benda yang mengalami perubahan fisika dan kimia Perubahan fisika terjadi pada peristiwa .... a. air menjadi es b. kertas dibakar c. nasi menjadi bubur d. besi berkarat | 2x40’ | Buku siswa, LKS, alat dan bahan praktikum |
4.2 Melakukan pemisahan campuran dengan berbagi cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia | Pemisahan Campuran | - Mencari informasi tentang pemisahan campuran - Mengamati percobaan tentang penjernihan air - Mengidentifikasi dari hasil percobaan tentang pemisahan campuran | - Menjelaskan dasar pemisahan campuran berdasarkan ukuran partikel dan titik didih - Melakukan percobaan penjernihan air dengan teknik sederhana - Melakukan percobaan untuk memisahkan campuran yang sesuai dengan metode yang dipilih ( penyaringan, destilasi, penguapan dan sublimasi ) | Tes tertulis Penugasan Observasi | Isian Tugas proyek Lembar observasi | Disediakan bahan-bahan, kemudian pisahkan berdasarkan ukuran partikelnya .... Lakukan tugas untuk penjernihan air secara sederhana Rancanglah alat sederhana untuk menjernihkan air | 2x40’ | Buku siswa, LKS, alat praktikum |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.3 Menyimpulkan perubahan fisika dan kimia berdasarkan hasil percobaan sederhana | Perubahan fisika dan perubahan kimia | - Mengkaji hasil percobaan perubahan fisika dan kimia - Mrumuskan kesimpulan hasil percobaan fisika dan kimia | - Membuat kesimpulan dari hasil pecobaan perubahan fisika dan kimia - Membandingkan karakteristik perubahan kimia dan fisika berdasarkan percobaan | Tes tertulis Tes unjuk kerja | PG Uji petik kerja | Gula larut dalam air merupakan perubahan fisika karena .... a. terjadi zat baru b. tidak terjadi zat baru c. gula mencair d.gula bereaksi Tunjukkan melalui percobaan perbedaan antara perubahan kimia dan perubahan fisika! | 2x40’ | Buku siswa, LKS dan alat praktikum |
4.4 Mengindentifikasi terjadinya reaksi kimia melaui percobaan sederhana | Reaksi kimia | - Melakukan latihan tentang reaksi kimia - Mendiskusikan hasil kesimpulan tentang reaksi kimia | - Mereaksi dua zat untuk menunjukkan perubahan warna dan atau suhu - Menyimpulkan ciri-ciri terjadinya reaksi kimia berdasarkan perubahan warna dan atau suhu | Tes tertulis Tes tertulis | Isian Uaian | Bila Asam sulfat dicampur dengan Natrium Hidroksida akan berubah warna menjadi .... Buatlah kesimpulan tentang reaksi kimia berdasarkan perubahan warna | 2x40’ | Buku siswa |
Silabus
Sekolah : SMP ..............................
Kelas : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : 5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan a-biotik | Gejala Alam Biotik dan Abiotik | o Melakukan pengamatan gejala alam kebendaan pada objek biotik di lingkungan sekitar o Melakukan pengamatan gejala alam berbentuk kebendaan pada objek abiotik di lingkungan sekitar o Melakukan pengamatan gejala kejadian pada objek biotik di lingkungan sekitar o Melakukan pengamatan gejala kejadian pada objek abiotik di lingkungan sekitar | - Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek abiotik melalui pengamatan - Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek biotik melalui pengamatan | Observasi Tes Tulis | Lembar observasi PG | Berikut ini manakah yang termasuk gejala alam kejadian pada objek biotik? a. bau b. tumbuh c. warna d. ukuran | 2 x 40’ | Buku siswa, lingkungan, LKS |
5.2 Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | Gerak | o Melakukan percobaan gerak lurus beraturan o Melakukan percobaan tentang gerak lurus berubah beraturan o Mengapllikasikan GLB dan GLBB dalam kehidupan sehari-hari o Mencari informasi melalui referensi tentang konsep percepatan | - Menemukan persamaan laju yang ditempuh - Menunjukkan Konsep GLB dalam kehidupan sehari-hari - Mendefinisikan percepatan sebagai perubahan kecepatan setiap satuan waktu - Menyelidiki GLBB dipercepat beraturan - Menunjukkan konsep GLBB dalam kehidupan sehari-hari | Tes tulis Testulis Tes tulis Tes tulis Tes tulis | PG isian Uraian Isian Isian | Ciri GLB memiliki kecepatan .... a. dipercepat b. tetap c. diperlambat d. beraturan Sebuah benda dilempar vertikal keatas merupakan GLBB ..... Tuliskan dalam lambang bahwa percepatan merupakan kecepatan setiap satuan waktu Contoh Gerak lurus berubah beraturan dipercepat adalah ..... Seorang pengendara mobil melintas di jalan tol merupakan konsep .... | 3 x 40’ | Buku siswa, LKS, referensi |
5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan | Mikroskop | o Mengidentifikasi bagian-bagian mikroskop o Mengamati preparat jadi dengan menggunakan mikroskop o Membuat preparat basah | - Mengenal bagian-bagian mikroskop - Menggunakan mikroskop dengan benar (mengatur fokus, pencahayaan, menemukan objec Mikropis) | Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja | Tes identifi-kasi Uji petik kerja prosedur | Tentukan dan sebutkan nama-nama bagian mikroskop! Amati preparat basah atau preparat jadi yang sudah tersedia hingga ditemukan objek yang dimaksud! | 3 x 40’ | Buku siswa, mikroskop, preparat |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.4 Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam | Keselamatan Kerja | o Mencari informasi melalui referensi tentang keselamatan kerja o Studi pustaka tentang alat bahan-bahan yang berbahaya dalam pengamatan gejala alam | - Memegang, membawa dan memperlakukan alat dan bahan secara aman - Mendeskripsikan bahan-bahan yang berbahaya dan yang dapat menimbulkan penyakit - Mengindentifikasi simbol-simbol dalam Laboratorium | Tes unjuk kerja Tes tulis Tes tulis | uji petik kerja produk PG PG | Lakukan dengan prosedur yang benar cara membawa dan memperlakuakan mikroskop! Manakah bahan-bahan yang berbahaya dan yang dapat menimbulkan penyakit yang dapat diitemukan di laboratirium? a. air b. asam sulfat c. alkohol d. larutan glukose Apakah arti simbol di bawah ini? a. bahan yang mudah terbakar b. bahan yang beracun c. alat mudah pecah d. alat mudah mengalami korosi | 2 x 40 ’ | Buku siswa, Carta bahan berbahaya dan alat-alat praktektikum |
Standar Kompetensi : 6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.1 Mengindentifikasi ciri-ciri makhluk hidup | Ciri-ciri makhluk hidup | o Mengamati ciri-ciri makhluk hidup o Merumuskan karakteristik /ke khasan ciri makhluk hidup o Mengamati perbedaan ciri tumbuhan, hewan dan manusia | · Mengidentifikasi ciri-ciri mahluk hidup · Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasar hasil observasi · Membedakan ciri tumbuhan dan hewan | Tes tertulis Tes kinerja Tes tertulis | PG Ter unjuk kerja produk Uraian | Berikut ini ciri yang bukan hanya dimiliki oleh mahluk hidup yaitu ... a. tumbuh membesar b. memerlukan sumber energi c. memerlukan oksigen untuk pembakaran d. beradaptasi terhadap lingkungan* Pilihlah tiga mahluk hidup yang ada di sekitar dan lidentifikasilah ciri-cirinya minimum 4 ciri, dan buatlah laporannya! Manakah di antara ciri-ciri mahluk hidup yang dapat dipakai untuk membedakan hewan dan tumbuhan? | 2 x 40’ | Buku siswa, lingkungan, LKS |
6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasrkan ciri-ciri yang dimiliki | Klasifikasi Makhluk hidup | o Mengidentifikasi ciri-ciri khusus yang dimiliki organisme o Mengelompokkan organisme yang memliki persamaan ciri dalam satu kelompok tertentu o Mencari informasi melalui referensi tentang dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup o Melakukan klasifikasi klsifikasi makhluk hidup berdasar ciri yang dimiliki | · Membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus kehidupan yang dimilikinya · Mendeskripsikan pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup · Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 3 kingdom · Mengklasifikasi beberapa mahluk hidup di sekitar berdasar ciri yang diamati | Ter tertulis Tes tertulis Tes tertulis Tes unjuk kerja | PG Uraian Uraian Uji petik kerja produk | Ciri yang dengan mudah untuk membedakan antara kadal dan katak yaitu a. kepala b. kulit c. alat gerak* d. ekor Apa sajakah keuntungan yang dapat kita peroleh dengan adanya pengklasifikasian makhluk hidup? Buatlah tabel perbandingan untuk menunjukkan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 3 kingdom berdasar sel penyusunnya! Dari gambar hewan yang sudah tersedia klasifikasikan berdasar ciri yang dapat diamati dan buatlah tabel klasifikasinya! | 4 X 40’ | Buku siswa, lingkungan, LKS |
6.3 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme | Organisasi Kehidupan | o Melakukan pengamatan sel dan jaringan dengan menggunakan mikroskop o Melakukan identifikasi organ-organ pada manusia dan tumbuhan o Mencari informasi melalui referensi tentang konsep sel, jaringan, organ dan sistem organ | · Mendeskripsikan keragaman tingkat sel berdasarkan hasil pengamatan menggunakan mikroskop · Mendeskripsikan keragaman tingkat jaringan menurut sel-sel penyusunnya · Mendeskripsikan keragaman tingkat organ dan sistem organ berdasarkan hasil pengamatan · Mengkaitkan hubungan antara sel, jaringan, organ dan sistem organ penyusun tubuh | Tes unjuk kerja produk Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis | Uji petik kerja produk Uraian Uraian Uraian | Deskripsikan keragaman bentuk sel berdasarkan hasil pengamatan preparat awetan daun yang telah tersedia menggunakan mikroskop! Deskripsikan karakteristik sel penyusun jaringan palisade pada daun! Amatilah bunga ”Kembang Sepatu” dan kemukakan apa saja nama organ penyusunnya! Kemukakan jaringan penyusun organ daun yang paling banyak mengandung klorofil! | 4 X 40’ | Buku siswa, preparat, LKS |
Standar Kompetensi : 7. Memahami saling ketergantungan dalam ekositem
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.1 Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem | Ekosistem | o Melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitar sebagai satuan ekosistem o Menggali informasi dari nara sumber/melihat tayangan video tentang komponen suatu satuan ekosistem yang spesifik (ekosistem sawah, ekosistem danau) o Membuat beberapa model diagram rantai makanan dan jaring-jaring makanan | · Mengindentifikasikan satuan-satuan dalam ekosistem dan menyatakan matahari merupakan sumber energi utama · Menggambarkan dalam bentuk diagram rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan berdasar hasil pengamatan suatu ekosistem | Observasi Tugas | Lembar observasi Tugas proyek | Gambarkan dalam bentuk diagram rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan berdasar hasil pengamatan suatu ekosistem yang kamu amati! Lakukan dalam bentuk kerja kelompok! Presentasikan di depan kelas pada saat yang ditetapkan! | 4 x 40’ | Buku siswa, lingkungan, LKS |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.2 Mengindentifi-kasikan pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem | Keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem | o Mencari informasi melalui studi pustaka untuk merumuskan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka o Mengumpulkan tulisan-tulisan yang terkait dengan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan, hewan langka yang dilindungi | · Mendefinisikan makhluk hidup yang tergolong langka · Menyebutkan contoh makhluk hidup yang tergolong makhluk hidup langka di suatu lokasi · Mengemukakan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka · Membuat tulisan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan, hewan langka yang dilindungi | Tes tulis Tes lesan Tes tulis Penugasan | Isian Daftar pertanyaan PG Tugas rumah | Makhluk hidup dinyatakan tergolong langka apabila .... Sebutkan 2 contoh hewan langka di P. Jawa! Salah satu alasan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka supaya .... a. terjaminnya ketersediaan plasma nutfah b. jumlah tumbuhan dan hewan tidak berkurang c. menambah keindahan alam d. memutus kelangsungan daur hara yang ada di alam Buatlah karangan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan/hewan langka yang dilindungi Buatlah karangan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan/hewan langka yang dilindungi | 4 X 40’ | Buku siswa, buku acuan, LKS |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan | Kepadatan populasi hubungannya dengan lingkungan | o Studi pustaka untuk merumuskan konsep kepadatan populasi o Mengkaji hubungan kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan melalui tayangan dan/atau gambar. | · Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih dan udara bersih · Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan pangan · Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan ketersediaan lahan · Mejelaskan pengaruh meningkatnya populasi penduduk terhadap kerusakan lingkungan | Tes tulis Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Isian Isian isian uraian | . Jika populasi penduduk meningkat dengan cepat maka kebutuhan air bersih akan ...................... . Jika populasi penduduk meningkat dengan cepat maka kebutuhan pangan akan ...................... Jika populasi penduduk meningkat dengan cepat maka ketersediaan lahan akan ..................... Kemukakan kemungkinan kerusakan lingkungan yang dapat terjadi jika populasi penduduk terus meningkat | 2 X 40’ | Buku siswa, buku acuan, video, film, gambar, LKS |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.4 Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan | Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan hubungannya dengan aktifitas manusia | o Studi pustaka untuk merumuskan konsep kerusakan lingkungan dan pencemaran. o Melihat gambar dan/atau tayangan tentang aktifitas manusia yang dapat menimbulkan kerusakan dan pencemaran lingkungan o Merumuskan tingkat pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan derajat aktifitas manusia | · Menjelaskan konsekuensi penebangan hutan dan pengaruhnya terhadap kerusakan lingkungan serta upaya mengatasinya · Menjelaskan pengaruh pencemaran air, udara dan tanah kaitannya dengan aktifasi manusia dan upaya mengatasinya. · Mengusulkan cara penanggulangan pencemaran dan kerusakan lingkungan | Tes tulis Tes tulis Penugasan | PG Uraian Tugas rumah | Berikut ini yang tidak ada hubungannya dengan penebangan hutan adalah .... a. menurunnya ketersediaan kayu b. meningkatkan suhu udara secara global c. menurunnya ketersediaan air tanah d. meningkatknya kandungan oksigen di udara Kemukakan upaya yang harus dilakukan agar pencemaran terhadap air sumur dapat ditekan serendah-rendahnya . Buatlah suatu artikel untuk menanggulangi pencemaran lngkungan. Silahkan memilih topiknya, dapat berkait dengan pencemaran udara, pencemaran tanah, atau pencemaran air! | 4 X 40’ | Buku siswa, buku acuan, video, film, gambar, LKS |