Silabus
Sekolah :
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Matematika
Semester : I(satu)
Standar Kompetensi : BILANGAN
1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan | Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah | Melakukan diskusi tentang jenis-jenis bilangan bulat (pengulangan) Menyebutkan bilangan bulat Mengidentifikasikan besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan bulat | · Memberikan contoh bilangan bulat | Tes tulis | Tes uraian | Tulislah 5 bilangan bulat yang lebih dari -3 dan kurang dari 10 | 1x40 menit | Buku teks Garis bilangan Termometer Tangga rumah Kue yang bulat, Lingkungan Buah-buahan |
Membuat garis bilangan dan menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan | · Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan | Tes tulis | Tes uraian | Letakkanlah bilangan -1, 0, dan 3 pada garis bilangan tersebut | 1x40 menit |
Mendiskusikan cara melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi pada bilangan bulat termasuk operasi campuran Mendiskusikan cara menentukan sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan bulat negatif dengan negatif dan positif dengan negatif | · Melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi bilangan bulat termasuk operasi campuran. | Tes tulis | Tes isian Tes uraian | A. Hitunglah 1. 62-125 = ... 2. (9+12)x6=... 3. (-36):4=... 5. 8x(-12)=... B. Sebuah kotak memuat 25 buah jeruk. Kalau ada 140 buah jeruk, berapa banyak kotak yang harus disediakan? | 2x40 menit | |||
Mendiskusikan untuk menentukan kuadrat dan pangkat tiga, serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga | · Menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat. | Tes tulis | Tes uraian | Berapakah a. b. 43 | 2x40 menit | |||
Mendiskusikan jenis-jenis bilangan pecahan Menyebutkan bilangan pecahan Membuat garis bilangan dan menentukan letak bilangan pecahan pada garis bilangan | · Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan :biasa, campuran desimal, persen dan permil. | Tes tulis | Tes isian | 1. Dua buah roti bolu dibagikan kepada 4 anak secara merata. Masing-masing anak memperoleh ...... bagian 2. Setengah bagian hasil panen diberikan kepada Surya. Bagian surya kalau dinyatakan dalam persen adalah ...% | 2x40 menit | |||
Mendiskusikan bilangan pecahan senilai Mendiskusikan cara mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain | · Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain. | Tes tulis | Tes isian | 1. Ubahlah dalam bentuk desimal 1 2. Ubahlah dalam bentuk persen | 2x40 menit |
Melakukan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan Menuliskan bentuk baku (misal amuba yang panjangnya 0,000001 mikron) Mendiskusikan cara membulatkan bilangan pecahan sampai satu atau dua desimal | · Menyelesaikan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan. | Tes tulis | Tes uraian | Hitunglah: 1. 1 ½ x 2/3 = ... 2. ¾ : ½ = ... 3. 2,5 + 3,75 = .. 4. 21,2 - 9,85 = .. | 4x40 menit | |||
1.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemeca han masalah. | Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah | Melakukan diskusi tentang sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi pada bilangan bulat(pengulangan) | · Menemukan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pada bilangan bulat. | Tes tulis | Tes isian | Isilah titik-titik berikut ini 1. a. 9 + 6 = .... b. 6 + 9 = .... Jadi 9 + 6 = .....+ ..... 2. a. 3 x (5 x 4) = .... b. (3 x 5) x 4 = ... Jadi 3 x (5 x 4) = (...x...) x ... | 2x40 menit | Buku teks, lingkungan |
Menyelasaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan bulat dengan menggunakan sifat-sifat penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian | · Menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, dan bagi pada bilangan bulat (pengulangan) | Tes tulis | Tes uraian | Pada hari Sabtu Candra memberi kelereng pada Aan sebanyak 25 butir dan kepada Yudha 17 butir. Hari Minggu Candra memberi kelereng kepada Novan sebanyak 13 butir. Berapakah banyak semua kelereng yang diberikan Candra kepada Aan, Yudha, dan Novan? | 2x40 menit |
Melakukan diskusi cara menggunakan operasi hitung tambah, kurang, kali atau bagi dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan | · Menggunakan sifat-sifat operasi hitung tambah, kurang, kali, atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kejadian sehari-hari. | Tes tulis | Tes uraian | Dalam sebuah karung beras ada 25 kg beras yang akan dibagikan kepada 10 orang. Berapa kg beras bagian dari masing-masing orang tersebut? | 4x40 menit |
Standar Kompetensi: ALJABAR
2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur unsurnya | Bentuk aljabar | Mendiskusikan pengertian bentuk aljabar Mendiskusikan tentang variabel, konstanta, koefisien,faktor, suku dan suku sejenis | · Menjelaskan pengertian, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis. | Tes lisan | Daftar pertanyaan | Dari bentuk aljabar 2x + 3, manakah yang merupakan variabel dan manakah yang merupakan konstantan? | 2x40 menit | Buku Teks, lingkungan |
2. 2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar | Bentuk aljabar | Melakukan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar | · Melakukan operasi hitung, tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar. | Tes tulis | Tes uraian | Hitunglah: 1. 2x+3+ 5x-6 2. (4x -1)(-2x+5) 3. (3x – 4)2 | 4x40 menit | Buku teks, lingkungan |
Menggunakan sifat operasi hitung untuk menyelesaikan soal yang dinyatakan dalam bentuk aljabar. Melakukan operasi hitung pada pecahan biasa untuk menyelesaikan pecahan aljabar dengan penyebut satu suku | · Menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal | Tes tulis | Tes uraian | . Perusahaan “Langsung Sadar” memberi bantuan korban gempa sebanyak 20 dus mie, 40 liter minyak goreng. Satu dos mie berisi 144 bungkus dengan harga Rp 900,00 per bungkus, dan harga minyak goreng Rp 4.500,00 per liter. Berapa rupiah jumlah bantuan di atas? | 2x40 menit | |||
2.3.Menyelesaikan pesamaan linear satu variabel. | Persamaan linear satu variabel | Mendiskusikan PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel | · Mengenali PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel | Tes lisan | Daftar pertanyaan | Manakah yang merupakah PLSV?
| 1x40 menit | Buku teks |
Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama | · Menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah,dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama | Tes tulis | Tes pilihan ganda | Manakah yang setara dengan -5x + 2 = 4? a. 5x – 2 = -4 b. 10x + 4 = 8 c. -10x – 4 = 8 d. 10x – 4 = -8 | 2x40 menit | |||
Menyelesaikan PLSV untuk mencari penyelesaiannya | · Menentukan penyelesaian PLSV | Tes tulis | Tes isian | Penyelesaian dari 5y – 12 = 8 adalah .... | 2x40 menit | |||
2.3 Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel. | Pertidaksama an linear satu variabel | Mendiskusikan pertidaksamaan linear satu variabel dalam berbagai bentuk dan variabel | · Mengenali PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel | Tes lisan | Daftar Pertanyaan | Manakah yang merupakan PtLSV? a 3a + 5 > 2 b.-4h + 4 ≤ 5
e. –p = -5 | 1x40 menit | Buku teks, lingkungan |
Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah , dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama | · Menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama. | Tes tulis | Tes pilihan ganda | Bentuk yang setara dengan 6x – 8 ≥ 10 adalah
| 2x40 menit | |||
Menyelesaikan PtLSV untuk mencari akar persamaan | · Menentukan penyelesaian PtLSV | Tes tulis | Tes isian | Penyelesaian dari 3m – 2 ≤ 10 adalah ...... | 2x40 menit |
Standar Kompetensi: ALJABAR
3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1 Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel | Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel | Mendiskusikan model matematika Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel | · Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel | Tes tulis | Tes uraian | Nyatakanlah ke dalam model matematika. Dian membeli 3 kg gula pasir. Dia membayar dengan selembar uang dua puluh ribuan dan menerima uang kembalian sebesar Rp3.500,00 | 2x40 menit | Buku teks, lingkungan |
Membuat model matematika suatu masalah sehari-hari dalam bentuk pertidaksamaan linear satu variabel | · Mengubah masalah kedalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel | Tes tulis | Tes uraian | Nyatakanlah ke dalam model matematika. Umur Ita 5 tahun mendatang lebih dari 20 tahun. | 1x40 menit | |||
3.2 Menyelesai kan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel | Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel | Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel | · Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel | Tes tulis | Tes pilihan ganda | Surya membeli 2 buku. Uang Surya sepuluh ribuan, dan dia mendapat uang kembali sebesar Rp4.000,00. Harga 1 buku adalah
| 2x40 menit | Buku teks, lingkungan |
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel | · Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel | Tes tulis | Tes pilihan ganda | Umur Candra 3 tahun yang lalu kurang dari 25 tahun. Umur Candra sekarang:
| 2x40 menit | |||
3.3 Mengunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana | Perbandingan dan aritmetika sosial | Melakukan simulasi kegiatan ekonomi sehari-hari(jual beli) Mendiskusikan penertian dan menghitung nilai keseluruhan,nilai per-unit,dan nilai sebagian | · Menghitung nilai keseluruhan, nilai per-unit, dan nilai sebagian. | Tes tulis | Tes uraian | Harga 1 losin pensil adalah Rp18.000,00.
| 2x40 menit | Buku teks, uang, barang-barang yang bias diperjualbelikan, bank |
Mendiskusikan dan menghitung besar laba, persentase laba,rugi, harga jual, harga beli,rabat, dan bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi | · Menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi. | Tes tulis | Tes pilihan ganda | Seorang pedagang, Pak Rifki menjual sebuah televisi seharga Rp1.650.000,00. Dari penjualan itu pak Rifki mengambil untung sebesar 10%. Harga beli televisi itu adalah:
| 2x40 menit | |||
3.4 Mengguna kan perbandingan untuk pemecahan masalah | Perbandingan | Mendiskusikan pengertian skala sebagai suatu perbandingan Menyebutkan contoh-contoh gambar berskala | · Menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan. | Tes tulis | Tes uraian | Pada suatu peta tertulis: skala 1 : 100.000. Apakah arti skala 1 : 100.000 tersebut? | 1x40 menit | Buku teks, peta, foto |
Mengidentifikasi faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala Melakukan penghitungan faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala | · Menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala. | Tes tulis | Tes uraian | Suatu jalan yang panjangnya 5 km digambar sepanjang 5 cm. Berapakah faktor pengecilannya? | 2x40 menit | |||
Mendiskusikan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai) Menyebutkan contoh-contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai) | · Memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai) | Tes tulis | Tes pilihan ganda | Kalau sebuah pensil harganya Rp2.000,00, maka 5 buah pensil harganya Rp10.000,00. Pernyataan tersebut merupakan:
| 2x40 menit |
Menggunakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai) untuk menyelesaikan soal/ masalah sehari-hari | · Menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai) | Tes tulis | Tes isian | Pembangunan sebuah gedung memakan waktu 6 bulan jika dikerjakan oleh 100 orang. Kalau dikerjakan oleh 50 orang, maka waktu yang diperlukan untuk membangun gedung tersebut adalah .... | 2x40 menit |
Silabus
Sekolah :
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Matematika
Semester : II(dua)
Standar Kompetensi : ALJABAR
4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1 Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya | Himpunan | Mendiskusikan masalah sehari-hari yang merupakan himpunan | · Menyatakan masalah sehari- hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya | Tes tulis | Tes uraian | Di dalam kelasmu ini sebutkan kumpulan obyek yang merupakan himpunan | 1x40 menit | Buku teks, lingkungan |
Menyebutkan anggota dan bukan anggota suatu himpunan | · Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan | Tes lisan | Daftar pertanyaan | Di kelasmu, ada himpunan siswa yang tingginya lebih dari 150 cm. Sebutkan anggota-anggotanya dan sebutkan pula yang bukan merupakan anggota. | 1x40 menit | |||
Menyatakan notasi himpunan | · Menyatakan notasi himpunan | Tes tulis | Tes uraian | Nyatakan dengan notasi himpunan: himpunan bilangan prima kurang dari 20 | 1x40 menit | |||
Membedakan himpunan kosong, nol dan notasinya | · Mengenal himpunan kosong dan notasinya | Tes lisan | Daftar pertanyaan | Manakah yang merupakan himpunan kosong? 0 atau {0} atau Ø atau {Ø} | 1x40 menit |
4.2 Memahami konsep himpun an bagian | Himpunan | Mendiskusikan pengertian himpunan bagian Mengidentifikasi himpunan bagian suatu himpunan | · Menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan | Tes tulis | Tes pilihan ganda | Manakah yang bukan merupakan himpunan bagian dari {2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, 16} a. {0, 2, 4, 6} b. {8, 10, 12, 14, 16} c. {10} | 1x40 menit | Buku teks, lingkungan |
Menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan Menemukan rumus banyak himpunan bagian suatu himpunan | · Menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan | Tes tulis | Tes uraian | Tulislah semua himpunan bagian dari {a, e, i, u, o} | 1x40 menit | |||
Mendiskusikan pengertian himpunan semesta Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan semesta | · Mengenal pengertian himpunan semesta, serta dapat menyebutkan anggotanya | Tes tulis | Tes uraian | Kalau obyek yang dibicarakan adalah bilangan bulat, maka himpunan semestanya adalah .... | 1x40 menit | |||
4.3 Melaku kan operasi irisan, gabungan, kurang (difference), dan komplemen pada himpunan | Himpunan | Mendiskusikan pengertian irisan dan gabungan dua himpunan. Menuliskan irisan, gabungan, kurang, dari dua himpunan. Mnuliskan notasi gabungan dua himpunan Menyatakan notasi irisan dua himpunan | · Menjelaskan pengertian irisan dan gabungan dua himpunan | Tes tulis | Tes isian | Jika A = Himpunan bilangan prima kurang dari 10 dan B = Himpunan bilangan bulat antara 5 dan 15 maka: A ∩ B = .... A U B = ... | 2x40 menit | Buku teks, lingkungan |
Mendiskusikan pengertian kurang dari suatu himpunan dari himpunan lainnya Menuliskan kurang(difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya Menuliskan notasi kurang suatu himpunan dari himpunan lainnya | · Menjelaskan kurang(difference) suatu himpinan dari himpunan lainnya | Tes tulis | Tes isian | Kalau A = Himpunan bilangan bulat antara -5 dan 5, B = Himpunan bilangan ganjil kurang dari 0, maka A\B = A – B = .... | 2x40 menit |
Mendiskusikan komplemen suatu himpunan Menulisan komplemen suatu himpunan Menuliskan notasi komplemen suatu himpunan | · Menjelaskan komplemen dari suatu himpunan | Tes tulis | Tes uraian | Tulislah komplemen dari X = {2, 4, 6, 8, 10} jika himpunan semestanya adalah S = Himpunan bilangan bulat lebih dari atau sama dengan 0 dan kurang dari atau sama dengan 10 | 2x40 menit | |||
4.4 Menyaji kan himpunan dengan diagram Venn | Himpunan | Mendiskusikan cara-cara menyajikan himpunan termasuk menggunakan diagram Menggambar diagram Venn untuk berbagai himpunan Menggunakan diagram Venn untuk menyajikan irisan atau gabungan dua himpunan | · Menyajikan gabungan atau irisan dua himpunan dengan diagram Venn | Tes tulis | Tes uraian | Gambarlah pada satu diagram Venn himpunan-himpunan berikut ini. P = {k, l, m, n, o, p, q, r, s, t} Q = {h, i, j, k, l, m} Manakah yang merupakan P ∩ Q? Manakah yang merupakan P U Q? | 2x40 menit | Buku teks, lingkungan |
Menggunakan diagram Venn untuk menyajian kurang(difference) suatu himpunan dari himpunan | · Menyajikan kurang(difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya dengan diagram Venn | Tes tulis | Tes uraian | Gambarlah pada satu diagram Venn himpunan-himpunan berikut ini. P = {k, l, m, n, o, p, q, r, s, t} Q = {h, i, j, k, l, m} Manakah yang merupakan P-Q? | 1x40 menit | |||
Menggunakan diagram Venn untuk menyajikan komplemen suatu himpunan | · Menyajikan komplemen suatu himpunan | Tes tulis | Tes uraian | Gambarlah pada satu diagram Venn jika himpunan semesta S = Himpunan semua bilangan bulat, dan A = Himpunan bilangan bulat antara 0 dan 10. Manakah yang merupakan Ac? | 2x40 menit | |||
4.5 Menggu nakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah | Himpunan | Menggunakan diagram Venn untuk menyelesaikan masalah sehari-hari | · Menyelesaikan masalah dengan menggunakan diagram Venn dan konsep himpunan | Tes tulis | Tes uraian | Di dalam suatu kelas ada 30 siswa, 20 siswa diantaranya senang matematika, 15 siswa senang bahasa, sedang 10 siswa tidak senang matematika juga tidak senang bahasa. Berapa siswakah yang senang matematika dan senang bahasa? | 2x40 menit | Buku teks, lingkungan |
Standar Kompetensi : GEOMETRI
5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.1Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut | Garis dan Sudut | Mendiskusikan kedudukan dua garis pada masalah kontekstual | · Menjelaskan kedudukan dua garis (sejajar, berimpit berpotongan, bersilangan) melalui benda kongkrit | Tes lisan | Daftar pertanyaan | Dari masalah kontekstual ini manakah yang menunjukkan konsep sejajar ? a. Tapak 2 ban delman di pasir b. Jalan layang a. Dua jalan yang bertemu dipersimpangan | 1x40 menit | Buku Teks, Lingkungan |
Mendiskusikan satuan sudut yang sering digunakan | · Mengenal satuan sudut yang sering digunakan | Tes lisan | Daftar pertanyaan | Untuk mengukur besar sudut, apakah satuan yang digunakan? | 1x40 menit | |||
Melakukan pengukuran sudut dengan menggunakan busur derajat | · Mengukur besar sudut dengan busur derajat | Tes tulis | Tes isian | Ukurlah dengan busur derajat sudut-sudut berikut : | 1x40 menit | |||
Mendiskusikan jenis-jenis sudut Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kedudukan garis dan besar sudut | · Menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku, lancip, tumpul) | Tes lisan | Daftar pertanyaan | Jenis sudut apakah gambar sudut berikut ini? | 1x40 menit |
5.2 Mema hami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain | Garis dan sudut | Mengidentifikasi kedudukan sudut-sudut yang terjadi jika dua garis dipotong garis lain Mendiskusikan kedudukan dua garis sejajar yang dipotong garis lain untuk menemukan sifat-sifat sudut yang terjadi | · Menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis ketiga ( garis lain) | Tes tulis | Tes uraian | Dari gambar tersebut, sudut-sudut manakah yang sama besar? | 2x40 menit | Buku teks, model dari kawat |
Menyelesaikan soal dengan menggunakan sifat-sifat sudut yang terjadi jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain | · Menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk menyelesaikan soal | Sudut manakah yang sama dengan sudut A? | 2x40 menit | |||||
5.3 Melukis sudut | Garis dan sudut | Melukis sudut dengan menggunakan penggaris dan busur derajat Memindahkan sudut dengan menggunakan penggaris dan jangka | · Melukis sudut yang besarnya sama dengan sudut yang diketahui dengan menggunakan busur dan jangka | Tes tulis | Tes uraian | Lukislah sudut yang besarnya sama dengan sudut yang ada pada gambar | 2x40 menit | Buku teks, penggaris, jangka |
Menggunakan jangka dan penggaris untuk melukis sudut 60 0 dan 90 0 Melukis sudut siku-siku dengan menggunakan sepasang penggaris berbentuk segitiga siku-siku | · Melukis sudut 600 dan 900. | Tes tulis | Tes uraian | Dengan penggaris dan jangka, lukislah sudut yang besarnya 600. | 2x40 menit | |||
5.4 Membagi sudut | Garis dan sudut | Menggunakan penggaris dan jangka untuk membagi sudut menjadi dua sama besar | · Membagi sudut menjadi 2 sama besar | Tes tulis | Tes uraian | Dengan penggaris dan jangka, bagilah sudut pada gambar menjadi 2 bagian yang sama besar | 2x40 menit | Buku teks, penggaris, jangka |
Menggunakan penggaris dan jangka untuk melukis sudut 300, 450, 1200, dan 1500. | · Melukis sudut 300, 450, 1200, dan 1500. | Tes tulis | Tes uraian | Dengan penggaris dan jangka, lukislah sudut yang besarnya 1500. | 2x40 menit |
Standar Kompetensi : GEOMETRI
6. Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.1 Mengidenti fikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya | Segiempat dan segitiga | Mendiskusikan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya dengan menggunakan model segitiga | · Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya | Tes tulis | Tes isian | Dari segitiga ABC diketahui sisi AB = BC, Segitiga ABC merupakan segitiga ....... | 1x40 menit | Buku teks, Model-model segitiga |
Mendiskusikan jenis-jenis segitiga berdasarkan sudut-sudutnya dengan menggunakan model segitiga | · Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya | Tes tulis | Tes isian | Pada segitiga PQR diketahui sudut P = 600 dan sudut Q = 800. Segitiga PQR merupakan segitiga ...... | 1x40 menit | |||
6.2 Menginden ti fikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang | Segiempat dan segitiga | Menggunakan lingkungan untuk mendiskusikan pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium, dan layang-layang menurut sifatnya | · Menjelaskan pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium dan layang-layang menurut sifatnya. | Tes lisan | Daftar pertanyaan | Lihatlah di seluruh ruang kelasmu! Benda-benda manakah yang berbentuk persegi? Benda-benda manakah yang berbentuk persegipanjang? | 2x40 menit | Buku teks, model bangun datar dari kawat dan dari karton, benda-benda di sekitar siswa. |
Mendiskusikan sifat-sifat segi empat ditinjau dari diagonal, sisi, dan sudutnya | · Menjelaskan sifat sifat segi empat ditinjau dari sisi, sudut, dandiagonalnya. | Tes lisan | Daftar pertanyaan | Apakah panjang semua sisi jajargenjang sama panjang? Apakah kedua diagonal persegi saling tegak lurus? | 2x40 menit |
6.3 Menghi tung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah | Segiempat dan segitiga | Menemukan rumus keliling bangun segitiga dan segi empat dengan cara mengukur panjang sisinya | · Menurunkan rumus keliling bangun segitiga dan segi empat | Tes tulis | Tes isian | Keliling segitga PQR sama dengan ......... | 2x40 menit | Buku teks, model bangun datar dari kawat atau dari karton |
Menemukan luas persegi dan persegi panjang menggunakan petak-petak(satuan luas) Menemukan luas segitiga dengan menggunakan luas persegi panjang Menemukan luas jajargenjang, trapesium, layang-layang, dan belah ketupat dengan menggunakan luas segitiga dan luas persegi atau persegi panjang | · Menurunkan rumus luas bangun segitiga dan segiempat | Luas persegipanjang ABCD adalah ....... | 4x40 menit | |||||
Menggunakan rumus keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat untuk menyelesaikan masalah | · Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat | Tes tulis | Tes uraian | Pak Surya mempunyai kebun berbentuk persegipanjang dengan panjang 1 km dan lebar 0,75 km. Kebun tersebut akan ditanami pohon kelapa yang berjarak 10 m satu dengan yang lain. Berapa banyak bibit pohon kelapa yang diperlukan pak Surya? | 2x40 menit |
6.4 Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu | Segitiga | Menggunakan penggaris, jangka, dan busur untuk melukis segitiga jika diketahui: -ketiga sisinya - dua sisi dan satu sudut apitnya - satu sisi dan dua sudut | · Melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut | Tes tulis | Tes uraian | Lukislah sebuah segitiga jika diketahui panjang sisi-sisinya 2 cm, 3 cm, dan 1,5 cm. | 2x40 menit | Buku teks, penggaris, jangka |
Melukis segitiga samasisi dan segitiga samakaki dengan menggunakan penggaris, jangka dan busur derajat | · Melukis segitiga samasisi dan segitiga samakaki | Tes tulis | Tes uraian | Lukislah sebuah segitiga ABC dengan AC = BC = 3 cm. | 2x40 menit | |||
Menggunakan penggaris dan jangka untuk melukis garis sumbu, garis bagi, garis berat, dan garis tinggi suatu segitiga | · Melukis garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu. | Tes tulis | Tes kinerja | Lukislah ketiga garis tinggi dari masing-masing segitiga tersebut. Apakah yang kalian dapatkan? | 2x40 menit |
Mengetahui, ..............................................., ................200....
Kepala Sekolah ................ Guru mata pelajaran ..........................................
................................................. ..........................................................................
NIP/NRK ............................... NIP/NRK .........................................................